Selasa, 26 Juni 2018

Cara bagaimana mendapatkan pekerjaan yang layak



Hulalalahula…

Yang lagi bingung tentang kerjaan, mau di bawa kemana karir akan melangkah, mau jadi apa 5 tahun lagi, apa pencapaian kita nanti 3 tahun lagi, sudah punya harta dan karya apa yang bisa dibanggakan 10 tahun lagi, dll. Cekidot postingan Hani kali ini dengan seksama yes?


Peringatan: Kalimat di postingan kali ini akan sedikit berbeda dari biasanya, karena postingan ini bekerjasa sama dengan Jooble, website untuk mencari lowongan pekerjaan. Yang mau cari job lama atau baru, daftar gih buru.



Pada zaman yang cukup kompetitif ini kita bekerja karena harus, bukan karena mau. Kadang-kadang, kita bahkan bekerja hanya karena punya suatu job dan mendapatkan jumlah sedikit uang darinya. Dalam situasi seperti ini kita berada di sebuah sangkar tanpa melihat kesempatan perkembangan apa pun. Berikut ini perwakilan perusahaan Jooble, agregator lowongan kerja internasional, telah share beberapa tips bagaimana kalian dapat menemukan pekerjaan impian sesuai dengan kepentingan kalian.


Tentu saja, faktor utama dalam memilih profesi adalah uang. Namun, jangan pernah memprioritaskannya. Sangat susah untuk bekerja setiap hari hanya demi gaji yang akan diterima pada akhir bulan tanpa menyukai bidang aktivitas kalian.  Untuk apa menghabiskan seluruh hari di kantor yang dibenci, hanya karena membutuhkan kompensasi material saja. Supaya dapat menghindari situasi tersebut, silahkan membuat analisa diri sendiri sesuai dengan tips-tips di bawah ini.

1. Tes “cinta” terhadap profesi


Coba jawab pertanyaan “Apa yang akan di lakukan jika punya cukup banyak uang? Apakah bisnis ini akan memberikan uang di masa depan”? Jika kalian akan jawab bahwa Anda puas dengan aktivitas sekarang dan ingin terus berkebang di bidang tersebut – selamat, ini berarti bahwa kalian berada pada jalan yang benar. Kalau seandainya tidak, coba menganalisa kembali hidup dan karir kalian.


2. Pengetahuan dan keterampilan


Sangat baik jika kalian dapat menyadari kekurangan dan kelebihan diri kita serta secara jujur menilai tingkat keterampilan profesional kalian. Contonya, jika kalian punya bakat berpidato dan berpresentasi di depan publik, kurang cocok jika memilih bekerja sebagai staf programmer. Sadarilah dan coba mengerti kemampuan dan skills diri sendiri supaya dapat memilih jalur aktivitas yang benar dan sesuai dengan bidang yang di minati.

Dan jika kalian senang dengan musik tapi kurang paham dengan segi teknisnya, dirasa kurang untuk memilih bekerja di bidang tersebut secara professional. Coba jadi musical producer, jika memang senang bergerak di bidang show business dan berkomunikasi dengan para artis.

3. Jangan takut mengembangkan diri


Selalu mengembangkan apa yang sudah dimiliki, baik pengetahuan, maupun keterampilan profesional atau sekadar hobi. Coba lebih banyak membaca dan cari tahu tentang bidang aktivitas yang di minati atau berkomunikasi dengan para ahlinya.

Mungkin saja akan kena kritik dari teman-teman atau rekan kerja. Biar saja… Pelan-pelan kalian tetap akan mendekati mimpi, asal melakukan aktivitas yang diperlukan secara rutin dan sistematis.



Gimana sudah kejawab pertanyaan yang Hani tanyain di awal-awal dan di dalam penjelasan?

Kalau sudah, SELAMAT!!!

Kalau belum tak apa, selama kalian berusaha yang terbaik buat masa depan kalian. Walaupun dunia mah udah di atur, tetep kita mesti berusaha, mencari tau, dan tentunya mencari berkahnya. Bismillah. Insyallah karir udah jelas lah ya mau di bawa kemana.

Btw, kalau nanya Hani bagaimana karirnya, ya doain aja yang terbaik lah. Karena Hani lagi mencoba. Sama aja kok. Mari kita berjuang bersama dalam kebaikan.

Salam,



Hani, yang saat ini wanita karir.

25 komentar:

  1. ini tips yg sangat bermanfaat, Mbak.. jadi sebelum kita memantapkan niat untuk melamar kerja, kita introspeksi dulu ya melihat apa saja yg kurang dari diri kita, jd selanjutnya bisa kita jadikan bahan pengembangan diri.. trimakasih 😊

    BalasHapus
  2. Semangat mba Hani menemukan karir yang ingin dicapai. Jaman sekarang sih yang penting kreatif pasti dilirik deh sama orang karya kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. skill ngaruh ke karir kita. hehe

      Hapus
  3. Dulu sebelum resign dari kerja di salah satu bank, daku pernah tes cinta terhadap profesi itu. Hemm, dan kurang nyaman aja karena belum sesuai dengan passion dan nggak enak aja berangkat gelap pulang gelap.. Hehehe

    BalasHapus
  4. aku kalo kerja di perusahaan gak pernah betah mbak.. 3 bulan keluar pindah,4 bulan keluar pindah malah ada yang pernah cuma 2 hari tok hehehhe.. akhirnya bikin usaha aja di rumah Alhamdulillah ternyata lebih cocok sama aku :D

    BalasHapus
  5. Aku kerja hampir 6 tahun di perusahaan yang sekarang padahal nggak ada basic di bidang ini, bener-bener belajar dari awal tapi sekarang udah mulai jenuh. Membaca ini saya merasa tertohok sama pertanyaan di atas karena ada beberapa yang belum bisa saya jawab :(

    BalasHapus
  6. Berarti saya termasuk bersyukur ya dan sudah tahu apa profesi yang saya sukai yaitu mengajar dan menulis

    BalasHapus
  7. Betul Bun, meski rezeki sudah diatur tetapi yang namanya ikhtiar tetap harus dijalankan supaya tawakalnya sempurna. Karena tawakal bukan pasrah tanpa melakukan apa-apa tapi setelah berdoa dan berjuang sekuat tenaga. Thanks sharingnya.

    BalasHapus
  8. Buat saya yang sampai pindah-pindah kerjaan 😁, ini tips singkat yang emang banyak benernya Mbak.

    BalasHapus
  9. tips bermanfaat nih buat para pencari kerja :D sayangnya kurang cocok buat aku sekarang ini.. akunya masih berkarier dirumah aja nih soalnya

    BalasHapus
  10. Tips yang oke nih. Pekerjaan aku sekarang berbanding terbalik dengan yang aku pelajari di waktu kuliah. Tapi jadi pemgen terus memgembangkan diri.

    BalasHapus
  11. Jadi rindu dunia kerja juga dengan segala dinamikanya, tapi saat ini masih menikmati masa-masa menjadi ibu. Ga kalah seru dan punya tantangan tersendiri. Yang dihadapi bukan rewelnya atasan atau klien, tapi bos kecil yang menggemaskan :D

    BalasHapus
  12. Jd ingat jaman lamar melamar pekerjaan dan kerja bertahun2 diperusahaan tp ga pake hati krn ga suka heheh

    BalasHapus
  13. Sekarang sih dapatin pekerjaan susah-susah gampang mbak, harus punya skill yang mumpuni dan jaringan juga sih kl menurut saya

    BalasHapus
  14. artikel ini wajib banget dibaca buat adik-adik yang masih sekolah atau kuliah, informatif dan bisa jadi acuan nih kak nisa... ^^

    BalasHapus
  15. Wah info yg sangat bagus sekali. Buat para freshgraduate yg lagi nyari kerjaan ini perlu bgt dibaca

    BalasHapus
  16. Jaman now banyak area yang bisa di garap untuk dijadikan peluang usaha. Doa saya semoga generasi millenials berusaha mengembangkan diri untuk lebih krratif dan inovatif. Untuk menambah pengalaman boleh saja memilih bekerja. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  17. Aku selalu memilih pekerjaan yang sesuai dengan hobi. Jadi lebih gampang mencari ide dan biasanya lebih kreatif. Paling penting pasti enjoy dengan pekerjaannya. Seru banget deh! untuk sekarang I Love My Job

    BalasHapus
  18. Dalam menjalani pekerjaan kalau buat saya ada 2 hal penting yang menjadi motivasi berkarir, cinta dan passion. Ya kalau bicara tentang uang, siapa sih yang nggak suka sama uang. Tapi apalah artinya uang banyak kalau kita nggak menikmati pekerjaan kita, apalagi kalau sampai merasa terpaksa. Duit sih banyak, tapi ujung2nya depresi 😬. That’s my honest opinion aja sih.

    BalasHapus
  19. Yang pasti pekerjaannya bisa dinikmati ya. Jadi enjoy menjalankannya. Semoga mendapatkan pekerjaan sesuai harapan dan keinginan. Amin. Saran saja n8h, jangan lupa ibadah Duha nya biar rezeki semakin lancar :)

    BalasHapus
  20. Loyalitas emang penting. Skr ada test seberapa cinta sama kerjaan biar karyawan ga keluar masuk

    BalasHapus
  21. sekarang zamannya cari kerja sesuai passion ya. Kalau dulu orang tua kita lebih sering nyuruh jadi PNS atau karyawan perusahaan besar, sekarang banyak anak muda membuka jalan pekerjaannya mereka sendiri melalui bidang yang mereka cintai

    BalasHapus
  22. Wah semangat ya Mba.. Jd ingat jaman kerja dulu, saya ga jelas deh mau dibawa kemana tuh karier wkwkwk... Sekarang baru nyadar hrs sesuai passion biar enjoy.. :)

    BalasHapus
  23. Niatkan hati untuk beribadah, karena bekerja adalah ibadah. :)

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com , komentarnya di tunggu ya. Dan Hani terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link. :)