nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review

Minggu, 03 Juli 2022

OYPMK dan Penyandang Disabilitas Punya Kesempatan yang Sama untuk Mendapatkan Pekerjaan

Saya baru tahu, salah satu kenalan saya menjadi disabilitas akibat kecelakaan. Tapi alhamdulillah perusaahannya -setau saya- masih menerimanya dengan baik.

Sekilas jadi terlintas dipikiran saya, bagaimana ya para OYPMK (Orang Yang Pernah Menderita Kusta) dan penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pekerjaannya?

Karena mungkin, belum semua perusaahan atau suatu profesi berlapang dada menerima kondisi pegawainya. Ada tuntutan suatu standar tertentu. Dan, terkadang masih ada stigma.

Makanya itu, saat tahu ada bahasan Rehabilitasi Sosial Terintegrasi Untuk OYPMK dan Disabilitas Siap Bekerja di youtube Ruang Publik KBR, bekerjasama dengan NLR Indonesia, saya jadi tertarik untuk menontonnya.


Dengan narasumber:
  • Sumiatun S.Sos, M.Si (Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos)
  • Tety Sianipar (Direktur Program Kerjabilitas)

Akses Pekerjaan untuk OYPMK dan Penyandang Disabilitas



Dari Bu Sumiatun, saya baru tahu, ternyata disabilitas dan termasuk OYPMK tuh punya 26 hak disabilitas. Salah satunya adalah mempunyai pekerjaan.

Bahkan, di Undang-undang nomer 19 tahun 2011 ada peraturan untuk mewajibkan para penyedia kerja merekrut dan memperkerjakan penyandang disabilitas termasuk  OYPMK (1% di swasta dan 2% di BUMN atau instansi pemerintahan). Cmiiw.

Pemerintah juga menggandeng Naker serta BLK (Badan Lembaga Kerja) untuk membantu teman-teman disabilitas mempunyai keahlian dan pendapatan.

Ada pelatihan profesional seperti pelatihan terkait elektronik, komputer, kewirausahaan, dan lainnya. Ini diberikan secara cuma-cuma ya gaes ya. Yang penting mau berusaha belajar dengan baik.

Jadi sebenarnya, pemerintah tuh memikirkan bagaimana kesejahteraan para disabilitas. Cuma mungkin, masih belum tergema gaungnya, apalagi belum adanya hukuman serta masih adanya stigma, sehingga pemilik perusahaan masih enggan memperkerjakan para disabilitas.

Hmmm... emang ya stigma tuh agak gimana gitu. Para pemilik perusahaan atau orang dalam yang terkait mungkin masih belum tahu bagaimana cara men-treat karyawan disabilitas atau masih ragu dengan kemampuan teman-teman disabilitas.

Padahal kan ya, para disabilitas sudah banyak yang mengenyam pendidikan. Bahkan, ada yang kuliah dan ikut pelatihan keahlian. Biar tidak hanya dapat sertifikat untuk mendapat lisensi, tetapi juga supaya semakin handal di suatu bidang atau bisa punya usaha sendiri, misal punya keahlian pijat dll.

Lagipula, setahu saya, untuk kusta tuh gak segitunya gampang menular, apalagi sudah minum obat rutin.

Kenalan dengan Kerjabilitas



Kerjabilitas adalah salah satu platform untuk mencari lowongan pekerjaan yang sangat disabilitas friendly.

Namun, tidak hanya memberikan info lowongan pekerjaan, tetapi juga memberi pelatihan hard skill, soft skill training, pengenalan diri, maunya mau kerja di bidang apa, membantu menemukan skill yang dibutuhkan di dunia kerja, rencana karir, apa yang mau dikejar untuk masa depan, berapa tahun lagi apa goals-nya serta menghubungkan dengan BLK 5 inklusi disabilitas dll.

Eniwei, Kerjabilitas memang konsepnya masih serba online ya gaes ya. Dikarenakan untuk menekan biaya. Doakan saja biar semakin maju, biar bisa offline juga kegiatannya.

Dengan adanya Kerjabilias ini diharapkan teman-teman disabilitas atau OYPMK bisa mendapatkan pekerjaan formal, menjadi karyawan, dan punya jenjang karir, bukan hanya mempunyai pekerjaan non formal atau mempunyai usaha sendiri.

Ya walaupun, gak apa-apa banget sih punya usaha sendiri atau bekerja non formal, bagus juga itu, tapi kan butuh modal. Kali aja dengan mendapat pekerjaan formal terlebih dahulu, bisa mengumpulkan dana, pengalaman untuk membuka usaha sendiri.

Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Membantu Teman-Teman Disabilitas?


Pemerintah sudah ada kebijakan, tinggal kita yang membantu untuk membuka peluang pekerjaan teman-teman disabilitas.

Bisa dengan cara open minded menerima teman-teman disabilitas di dunia kerja sesuai keahliannya, jika punya posisi penting di perusahaan.

Lalu, dalam lingkungan pekerjaan tidak mengucilkan. Karena dengan kita bertindak baik dan bersikap seperti ke teman-teman lainnya bisa membantu teman-teman disabilitas nyaman dan percaya diri. Tidak sulit bukan? :D

Oke deh sekian dulu ya info kali ini, semoga menambah pengetahuan dan membuka pemikiran terhadap teman-teman OYPMK serta disabilitas terkait dunia pekerjaan.

Note: untuk bahasan kali ini, OYPMK digabungkan dengan teman-teman disabilitas. Karena untuk beberapa kasus, OYPMK bisa menjadi disabilitas akibat kusta.


Rabu, 22 Juni 2022

Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah

Dulu, zaman saya sekolah, menghapal musim hujan dengan cara: bulan yang berakhiran 'ber' berarti musim hujan. Kalian begitu juga tidak? Hehe.

Tapi masalahnya, dari bulan Januari sampai sekarang kok rasanya masih saja waswas hujan datang setiap hari ya?!

Walaupun di daerah saya sekarang alhamdulillah banjir atau genangan cepat surut. Dikarenakan dilakukan berbagai tindakan pencegahan supaya air hujan cepat mengalir ke kali maupun menyerap ke tanah. Tapi, tetap saja, saya merasa ada yang salah.

Mungkin kah ini efek Perubahan Iklim? Kalau iya, kita harus mencegahnya!

Alhamdulillah-nya saya lihat makin banyak individu yang sadar untuk melakukan tindakan cinta lingkungan. Mulai dari mengurangi sampah, bercocok tanam yang semakin booming saat pandemi, belanja menggunakan wadah sendiri hingga mengelola sampah.

Meskipun itu dirasa masih skala kecil, saya percaya, segala tindakan baik jika dilakukan bersama pasti akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Sedangkan, untuk skala yang lebih besar, saya senang dengan adanya Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah.

Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah

Sabtu, 18 Juni 2022

Molto Korean Strawberry: Rekomendasi Pelembut Pakaian Sekaligus Pewangi Pakaian


Sudah ada yang coba Molto Korean Strawberry? Itu loh, pelembut pakaian yang bisa juga jadi pewangi pakaian. Karena multifungsi dan #WANGINYABIKINJATUHCINTA !

Btw, bagi saya wangi tuh harus kudu wajib, minimal gak bau tertentu lah. Agak risih soalnya kalau posisinya diri atau duduk berdekatan dengan orang lain, terus ada bau tertentu.

Wangi juga bikin makin segar, pede, dan tenang jika hendak melakukan sesuatu atau menjalani hari. Bahkan, walaupun di rumah, saya bisa ganti baju berkali-kali atau pakai parfum. Biar selalu kondisi wangi.

Jumat, 17 Juni 2022

Fakta Kebakaran Hutan dan Lahan serta Cara Menanggulanginya

Hai, kali ini saya mau share info dari Online Gathering kedua #EcoBloggerSquad , dengan bahasan Fakta Kebakaran Hutan dan Lahan.

Fakta Kebakaran Hutan

Btw, kalau denger kata kebakaran hutan, saya jadi inget salah satu teman saya yang tinggal di Riau. Karena, dia pernah cerita penerbangannya terganggu karena asap.

Meski dia bilang, asap di daerahnya bukan suatu hal yang baru, tapi memang kadang parah banget sampai segitunya mengganggu jarak pandang.

Saya yang mendengar ceritanya saja ngeri dan berharap tidak pernah kejadian lagi di daerah manapun, terutama di daerah saya tinggal, apalagi dia yang ngalamin ya.

Habis gimana dong, kena asap bakaran sampah saja sudah bikin kesel dan merasa terganggu, apalagi asap yang sampai mengganggu jarak pandang serta aktifitas sehari-hari. Jangan sampai deh, amit-amit!

Namun, apa sih faktanya kebakaran hutan dan lahan ini? Dan, yang paling penting, bagaimana cara menanganinya? Dll.

Oke deh, langsung aja ya saya sharing info yang saya dapat dari Kak Cecilinia Tika Laura, Spatial and Landscape Specialist Auriga Nusantara.

Selasa, 14 Juni 2022

RS Premier Bintaro: Rekomendasi Rumah Sakit yang Bisa Menangani Skoliosis dengan Baik

Hai gaes, kali ini saya mau bahas tentang skoliosis dan juga RS Premier Bintaro, stay tuned ya!

blogger vlogger gathering

Jadi, tanggal 9 Juni 2022 kemarin saya alhamdulillah ke RS Premier Bintaro untuk menghadiri Blogger dan Vlogger Gathering.

Cuaca pagi yang cerah bikin saya semakin semangat berangkat dan alhamdulillah sampai lokasi kurang dari waktu dimulainya acara.

Minggu, 05 Juni 2022

Manfaat Memakai Jasa SEO undercover.co.id untuk Bisnis Franchise

Dari awal bekerja, saya sudah tertarik dengan bisnis franchise. Tapi dulu, karena saya belum tau dengan jasa SEO dan belum tahu siapa yang akan menjaga di lokasi saat saya kerja kantoran office hour, jadinya belum jadi.

Saya sudah menawarkan orang terdekat saya, tapi karena beliau terlihat tidak tertarik, saya jadi tidak bisa memaksakan.


Terus, saat itu saya pun belum tahu bagaimana caranya pemasarannya, selain dari mulut ke mulut, baliho, brosur, pamflet, dan sejenisnya. Terlebih lagi, dulu belum terlalu booming aplikasi yang bisa bekerjasama dengan penjual.

Sempet sih kepikiran buat bikin website dan sosial medianya, karena rata-rata bisnis saya sebelumnya saya buatkan website dan sosial medianya, meskipun terasa belum optimal, yang penting ada dulu. Hehe.

Kalau kalian bagaimana nih? Pernah kepikiran bisnis sesuatu gak? Atau yang sudah ada bisnis, ada tips khusus gak untuk memasarkannya? Share dong, kali aja dapat inspirasi nih saya dan yang baca. :D

Minggu, 29 Mei 2022

Recook Resep Telur Dadar Crispy Kobe Tepung Dapur

Gaes, kali ini saya mau share tentang Resep Telur Dadar Crispy menggunakan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Sudah pernah coba?

Btw, ya gaes ya, saya pas tahu menu dan resep ini, langsung kepikiran, ini bakalan cocok buat jadi bekal ke kantor maupun ke sekolah.

Resep Telur Dadar Crispy Kobe

Karena, selain praktis, hemat, dan pastinya enak, telur kaya akan protein. Jadi pastinya bergizi. Bagus untuk anak-anak ataupun orang dewasa.