nisaahani: blogger yang suka sharing review: Cool Roof: Sustainable Construction TATALOGAM GROUP

Sabtu, 08 Juli 2023

Cool Roof: Sustainable Construction TATALOGAM GROUP


Beberapa bulan lalu, karena panas yang tak tertahankan, akhirnya di rumah saya menambahkan 3 kipas angin. Lalu, akhir-akhir ini mulai hujan, sampai jalanan besar yang dilalui kendaraan umum dekat rumah jadi ada genangan, bahkan banjir.

Kalau sudah semakin seperti ini, tidak ada kata entar-entar buat lebih peduli terhadap lingkungan! Tapi apalagi yang mesti dilakukan?

Kalau menanam pohon, mengelola sampah, makan sampai habis, menggunakan listrik seperlunya, mematikan lampu jika tidak diperlukan, dan hal-hal lain mah insyaallah sudah dibiasakan. Pengen deh melakukan yang lebih. Menerapkan green building gitu misalnya kalau bikin rumah.


Terlebih lagi saat saya datang ke event Indonesia Building Technology (Indo Build Tech) Expo 2023 tanggal 5 Juli 2023 kemarin, di ICE BSD, Tangerang, ada Seminar Sustainable Construction, dengan bahasan tersebut. Terus, kenalan dengan Cool Roof serta produk TATALOGAM Group lainnya. Kan makin pengen ya. Biar lebih berkontribusi mengurangi gas rumah kaca kituh.

Seminar Sustainable Construction




Pada seminar kemarin, membahas Carbon Net Zero Mainstreaming Construction in Indonesia. Dengan narasumber (dari kiri ke kanan):
  • Ir. Herman Supriadi, MM selaku Kepala Pusat Industri Hijau (PIH), Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian
  • Octavianus Bramantya, S.Kom selaku General Manager KADIN Net Zero
  • Moderator: Maharany Putri, ST, MBA
  • Dr. Eng. Beta Paramita selaku Asisten Prof. Prodi Arsitektur Univ Pendidikan Indonesia (UPI) dan Founder BeCool Indonesia
  • Ir. Nicodemus Daud, M.Si selaku Direktur Kelembagaan dan Sumber daya Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi (DJBK), Kementerian PUPR
  • Yodi Danusastro, GP selaku Founder & Direktur Yodaya Hijau Lestari


Apa itu Net Zero?


Net Zero adalah kondisi dimana emisi gas rumah kaca (GRK) yang diimbangi dengan pengurangan emisi atas aktifitas tersebut. Contohnya yaitu dengan menerapkan konsep bangunan hijau (green building) dan implementasi konstruksi berkelanjutan. Dikarenakan akan mempunyai manfaat sebagai berikut:
  • Peningkatan implementasi energi terbarukan dengan tersedia layanan energi yang bersih dan terjangkau, baik dari ekonomi serta akses.
  • Berkurangannya kesenjangan. Karena memberi akses terhadap kebutuhan dasar, seperti air bersih, sanitasi, transportasi, konektivitas jaringan, dsb.
  • Berkurangannya tingkat emisi karbon
  • Tersedianya lapangan pekerjaan (Green employment)


Cool Roof (Atap Dingin)



Nah, untuk kalian yang mau langsung menerapkan konsep green building atau minimal tertarik, kemarin di Indo Build Tech, tanggal 5-9 Juli 2023, di Hall 6 Booth No.6-A-3, kita bisa melihat langsung produk-produk TATALOGAM GROUP yang bisa mengurangi pulau panas (fenomena yang timbul akibat dari penyimpanan panas pada bahan bangunan yang digunakan di kawasan perkotaan). Contohnya adalah Cool Roof (Atap Dingin).


Cool Roof adalah atap yang mempunyai karakteristik yang bisa membantu memantulkan sinar matahari dan panas dari bangunan, mengurangi suhu atap. Sehingga akan terasa lebih sejuk.

Atap dingin ini bisa digunakan untuk komersial, industri, dan perumahan. Selain itu, bisa dipasang di atap dengan kemiringan rendah (seperti atap datar atau landai yang biasanya ditemukan di gedung komersial, industri, dan perkantoran) atau atap miring yang digunakan di banyak tempat tinggal dan bangunan ritel.

Lalu, apakah menggunakan Cool Roof bakal lebih mahal? Eits, malah atap dingin bisa lebih hemat kalau dihitung-hitung jangka panjang. Karena mengurangi biaya peralatan pendingin, mengurangi biaya tenaga kerja serta material. Disebabkan masa pakai atap dingin lebih lama dibandingakan dengan atap konvensional.

DOMUS FASTTRACK



DOMUS Fasttrack adalah salah satu inovasi yang dikembangkan PT. Tatalogam Lestari untuk membangun rumah parmanen dengan CEPAT, efisien, dan fleksibel. Bisa digunakan diperkotaan, daerah urban, perkebunan, pertambangan maupun daerah bencana.

Btw, walaupun prosesnya diklaim hanya 5 hari, tapi menggunakan bahan baja lapis berkualitas tinggi. Karena kuncinya terletak pada PERENCANAAN yang matang, MATERIAL yang tepat serta TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif dan efisien.


TATALOGAM GROUP



PT Tatalogam Lestari merupakan perusahaan genteng metal dan baja ringan terbaik di Indonesia. Dibuktikan dengan meraih penghargaan oleh lembaga independen ReBi (Rekor Bisnis Indonesia).

Selain itu, PT Tatalogam Lestari sudah mendapatkan ISO9001-2015, sertifikasi untuk Quality Management System sejak tahun 2003. Dan, di tahun 2016, PT Tatalogam Lestari meraih penghargaan OCI (Outstanding Corporate Innovator) dari badan independen di Amerika Serikat yaitu PDMA (Product Development Management Association) atas inovasinya dalam menyediakan produk-produk inovasi yang ramah lingkungan. PT Tatalogam Lestari juga memiliki Paten genteng metal dengan Nomor ID0-000-116-S dan Paten untuk atap sirap Nomor 000332-S.


Perusahaan yang beralamatkan di Tatalogam Tower, Jl. Arjuna Utara No.89, Kebun Jeruk, Jakarta Barat ini mempunyai produk sebagai berikut:
  • atap metal
  • genteng metal
  • baja ringan
  • floordeck
  • DOMUS
  • dll


Penutup



Siapapun kita, seharusnya punya kesadaran untuk menjaga lingkungan. Bisa dengan melakukan dan membiasakan dari hal yang kecil atau dalam penggunaan produk-produk yang mendukung dalam menjaga lingkungan. Dan, menggunakan produk-produk TATALOGAM GROUP bisa jadi salah satu rekomendasinya. Karena memang sudah terbukti.

Gimana? Sekarang sudah ada gambaran kan kalau mau bikin rumah? 😉


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)