nisaahani: blogger yang suka sharing review: Digitalisasi BRI Jadi Pahlawan UMKM, Karena BRI Untuk Indonesia!

Senin, 27 November 2023

Digitalisasi BRI Jadi Pahlawan UMKM, Karena BRI Untuk Indonesia!

Apa yang biasanya bikin kalian makin yakin akan sesuatu? Yang sudah terkenal, mudah ditemukan, dan sudah bertahun-tahun sepertinya ngaruh sih. Karena seringnya jam terbang tidak bisa bohong. Begitu pula dengan alasan banyak orang memilih BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang sudah hadir 128 tahun lamanya.

Kalau denger atau lihat BRI tuh jadi keingat waktu masih kecil ketika di kampung halaman. Karena ATM yang ada baru hanya ada itu jika tidak salah. Terus, rame-rame naik becak, nganterin buat ngambil uang. Haha. Kenangan yang seru. Karena BRI memang sudah selama itu, tetap bertahan. Apalagi, sekarang inovasinya semakin beragam, salah satunya digitalisasi BRI. Yang mana menurut saya ini semakin bermanfaat banget di dunia yang semakin maju.

Open Banking BRIAPI


For your information, sekarang BRI sudah punya open banking, yaitu BRIAPI. Open banking sendiri adalah salah satu elemen utama dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang dicanangkan oleh BI untuk seluruh lini industri.

Jadi, di open banking, data pengguna terintegrasi antara pengguna, pihak bank, dan pihak ketiga, yaitu si aplikasi yang kita gunakan. Supaya mempermudah ketika transaksi menggunakan layanan non BRI. Tentu ini atas persetujuan pengguna ya dan mempunyai standar keamanan yang tinggi agar tidak ada celah kejahatan siber.

Teknologi seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan cloud computing meningkatkan kecepatan transformasi dari segi proses. Sementara itu, teknologi dasar seperti analitik data dan manajemen untuk menganalisis data hasil transformasi digital yang berjumlah besar. 

Berikut ini beberapa kelebihan BRIAPI yang menurut saya bisa membantu UMKM:
  • Telah terintegrasi dengan DOKU, sehingga mempermudah pembayaran.
  • Terintegrasi dengan Shopee.
  • Mempermudah orang yang sulit ke akses ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan layanan perbankan.
  • Terintegrasi dengan pembayaran di Dunex (perusahaan logistik).
  • Mempermudah belanja di pusat grosir online, Indogrosir. Karena ada BRIVA yang mempermudah mitra UMKM Indogrosir bertransaksi dengan lebih mudah, otomatis, dan aman. Pilihan pembayarannya banyak, serta bisa mendekteksi pembayaran secara real time dan otomatis.

Bayangkan saja, jika punya toko grosir atau jualan lainnya, pas mau belanja bahan baku bisa pakai Indogrosir atau Shopee yang terkenal murah, kalau ada pembeli bisa bayar pakai DOKU, terus kalau butuh kirim-kirim bisa pakai Dunex. Digitalisasi BRI bisa jadi pahlawan UMKM sih ini. Karena menguntungkan UMKM, bisa hemat waktu, meningkatkan produktivitas, menjawab kebutuhan pasar, dan bikin hepi pelanggan.

Selain itu, BRIAPI juga membantu di hal lain, seperti:
  • Membantu proses otomatisasi segala aktivitas transaksi di Fiberconnect tanpa perlu pemantauan khusus dan bisa menghemat biaya.
  • Ini saya masih belum tahu sih, tapi katanya bisa memperbaiki credit scoring.
  • Mempermudah beli obat di K24Klik, sebuah aplikasi kesehatan yang memungkinkan konsumen dapat membeli obat secara online dan real time. K24Klik bekerja sama dengan BRIAPI dengan mengintegrasikan layanan BRIVA (Virtual Account), yang akhirnya sukses meningkatkan transaksi K24Klik hingga 200 persen.
  • Mendukung sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) sehingga mempermudah pelayanan kesehatan untuk lebih mudah diakses siapapun dan dimanapun.
  • Memperlancar proses administrasi belajar mengajar di Universitas Sanata Dharma.

Banyak banget kan ya manfaatnya dan sudah bekerjasama dengan berbagai pihak. Jadi pengguna BRIAPI bisa mengefisiensikan waktu, sumber daya, dan menciptakan aneka ide inovasi untuk pengembangan perusahaan. 

Ditambah lagi, BRI berkomitmen BRI untuk Indonesia, mencapai visinya yaitu The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion pada 2025, dan menerapkan prinsip Environmental, Social And Governance (ESG) dengan menyelaraskan strategi korporasinya dengan strategi korporasi menjadi bank UMKM. Social project-nya sebagian besar digunakan untuk pembiayaan yang terkait dengan pemberdayaan UMKM.

So, kalau kalian ingin mengembangkan UMKM bisa coba pembiayaan dari BRI. Karena digitalisasinya BRI bisa mempermudah.

Yak, itu kurang lebih sharing kali ini, leadership and transformation BRI bikin 128 tahun BRI tumbuh hebat dan kuat serta jadi ESG Initiative di Indonesia. Semoga BRI terus memberdayakan ultra mikro dan UMKM Indonesia!

Referensi:
  • https://developers.bri.co.id/id/news/memahami-percepatan-transformasi-digital-melalui-open-banking-briapi
  • https://developers.bri.co.id/id/news/10-manfaat-open-banking-di-berbagai-industri-dari-retail-sampai-fintech

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)