nisaahani: blogger yang suka sharing review: Solidernews.com Bantu Suarakan Isu Kusta, Kita Pun Bisa

Jumat, 03 November 2023

Solidernews.com Bantu Suarakan Isu Kusta, Kita Pun Bisa

Ada banyak cara untuk menyuarakan pikiran, info, maupun kegelisahan kita. Apalagi zaman sekarang ini sudah banyak media platform yang siap menampung konten-konten kita. Sekarang pun semua boleh membuat konten. Tapi mungkin info terkait kusta belum terlalu masif. Saya sendiri tahu info terkait kusta yang beneran dari sumber terpercaya baru beberapa tahun ini dari channel youtube Berita KBR dan juga beberapa blogger yang membagikan info di tulisannya. Sehingga saya jadi tergerak mau berbagi juga di blog atau sosmed saya.

Dulu, yang saya ingat dari kusta adalah ada rumor rumah sakit khusus kusta yang dikaitkan dengan mistis. Yang jadi momok bagi anak kecil. Tapi sekarang, pandangan dan info terkait fakta-fakta kusta yang saya punya alhamdulillah sudah meningkat, jadi tidak lagi terjebak dengan stigma.

Dan, senang sekali ternyata ada solidernews.com, yaitu salah satu media online alternatif yang berfokus menyuarakan isu avokasi disabilitas di seluruh Indonesia. Dibawah naungan lembaga Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia, solidernews.com menjadi media komunitas yang dapat menjadi wadah aspirasi, potensi, dan mensosialisasikan isu difabel kepada masyarakat.

Solidernews.com terbuka sekali buat yang mau berkontribusi. Jadi, sumber infonya banyak. Bisa dari siapa saja, bukan hanya dari pihak solidernews.com. Kita bisa kirim tulisan ke webnya, tapi tetap akan dikurasi untuk menjaga kualitas tulisannya.

Saat ini pula, bersama dengan NLR Indonesia (yayasan nirlaba dan non-pemerintah yang memusatkan untuk penanggulangan kusta dan konsekuensinya di Indonesia), solidernews.com ada program magang untuk OYPMK dan disabilitas. Jadi para peserta magang akan diajarkan/praktik jurnalistik.

Mengutip jawaban Bapak Ajiwan Arief Hendradi, S.S selaku redaktur solidernews.com di channel youtube Berita KBR saat talk show dengan tema Peran Media dalam Menyuarakan Isu Kusta, beliau mengatakan sudah ada sekitar puluhan tulisan yang sudah diupload terkait isu kusta, baik itu berupa berita event ataupun edukasi, meskipun websitenya masih baru dan masih minim sumber daya manusianya. Tapi, ketika ditanya bagaimana respon masyarakat terhadap solidernews.com, beliau menjawab, "cukup baik, mas. Dari pembaca juga responsif, banyak yang ngeshare. Banyak teman-teman OYPMK membaca dan membagikannya ke grup-grup mereka."

Kemudian, ketika ditanya tentang berita hoax, Pak Ajiwan menggapnya sebagai tantangan untuk lebih mengedukasi ke masyarakat. Dan, menghimbau ke masyarakat untuk pandai memilah info yang ada dengan memverifikasi serta riset cek faktanya ke sumber terpercaya. Sedangkan solidernews.com sendiri bisa dianggap sebagai salah satu sumber terpercaya, karena dibawah lembaga yang berkompeten untuk memberikan info terkait isu disabilitas dan kusta.

Kusta memang sebaiknya harus ditangani langsung oleh puskesmas/pihak kesehatan resmi secara gratis. Namun, dengan adanya solidernews.com serta postingan lainnya, misalnya dari tulisan para blogger, diharapkan lebih banyak yang aware dengan isu disabilitas dan kusta. Apalagi faktanya, Indonesia jadi negara ketiga terbanyak yang menderita kusta. Dengan peran media yang menginformasikan isu terkait kusta diharapkan masyarakat bisa mendapat info, pemahamannya meningkat, mematahkan stigma, menerima diri, mendapat dukungan, dan penderita tidak malu untuk ditangani pihak kesehatan dengan segera hingga sembuh. Sehingga berkurang penularannya.

Karena siapapun kita punya potensi untuk memberi pengaruh yang baik, yuk, kita bantu support solidernews.com dengan membagikan postingannya ke orang yang membutuhkan atau bisa juga ikut berkontribusi dengan mengirim tulisan! Bisa dapat fee kok kalau tulisannya terpilih. Tapi semoga acuannya bukan uang, tapi tulisan-tulisan terpilih bisa menambah literasi masyarakat sehingga bisa lebih bijak menghadapi kusta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)