nisaahani: blogger yang suka sharing review: Disukai dan Jadi Pilihan Keluarga Indonesia, Ternyata Cabai Hiyung Jadi Salah Satu Resep Rahasia Enaknya Sambal Ini!

Kamis, 05 Oktober 2023

Disukai dan Jadi Pilihan Keluarga Indonesia, Ternyata Cabai Hiyung Jadi Salah Satu Resep Rahasia Enaknya Sambal Ini!

 

Bagi para pecinta makanan atau kuliner pedas, sambal merupakan menu wajib yang harus ada karena menu pelengkap ini bisa menggugah selera makan. Tak heran, banyak lidah masyarakat Indonesia yang akrab dengan tanaman yang satu ini, cabai.

Setiap daerah memiliki ciri khas tanaman cabai tersendiri, salah satunya di Kalimantan Selatan ada cabai yang bernama Cabai Hiyung. Cabai ini pun sering digunakan untuk pembuatan sambal.

Kalian penasaran nggak sih sama cara budidayanya, rasa pedas dari produk sambal yang menggunakan bahan baku Cabai Hiyung? Kalau penasaran, yuk simak pembahasan lengkapnya di poin selanjutnya!

Asal Usul dan Fakta Tentang Cabai Hiyung


Cabai Hiyung Berasal Dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan


Kalau ngomongin Sambal, jadi inget baru-baru ini saya baca artikel dan bilang bahwa Cabai Hiyung merupakan salah satu cabai berkualitas terbaik asal Indonesia, yaitu Cabai Hiyung atau bahasa latinnya memiliki nama Capsicum Frutescens. Cabai Hiyung ini berasal dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan ini dirawat dan dipetik langsung oleh petani di sana.

Dikutip dari Badan Litbang Pertanian, pada awalnya Cabai Hiyung ditanam dalam skala rumah tangga di Desa Linuh. Kemudian, oleh petani setempat bernama M. Khalilurrahman atau dikenal dengan Pak Barjo ditanam dalam skala yang cukup luas di Desa Hiyung. Keberhasilannya mengembangkan Cabai Hiyung pun mempengaruhi masyarakat setempat untuk ikut menanam.

Proses yang Unik: Ditanam di Rawa yang Asam


Cabai Hiyung tumbuh di lahan rawa yang cukup luas dengan tingkat keasaman tanah yang tinggi. Dan, material penutup tanaman untuk menjaga kelembaban tanah atau mulsa yang juga berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar area.

Dengan cara yang unik ini lah bisa menekan pertumbuhan gulma, melindungi terik matahari yang menyengat, serta mengurangi evaporasi tanah. Bisa dibilang, proses inilah yang membuat Cabai Hiyung menjadi salah satu cabai berkualitas terbaik di Indonesia.

Cabai yang Berkualitas dan Bercita Rasa Juara


Berdasarkan hasil penelitian Laboratorium Pengujian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen milik Kementerian Pertanian RI, Cabai Hiyung mempunyai kadar Capsaicin lebih tinggi dari cabai biasa, yaitu 94.500 ppm lebih pedas dari cabai biasa. Sehingga, lebih berkualitas.

Cabai Hiyung Menjadi Salah Satu Rahasia Kelezatan Sambal ABC

 

Akhirnya ya, setelah bertahun-tahun menjadi favorit orang Indonesia, Sambal ABC mengungkap salah satu rahasia dibalik kelezatan Sambal ABC yaitu Cabai Hiyung. Cita rasa Cabai Hiyung yang pedas otentik, cocok banget di lidah orang Indonesia karena bisa menciptakan sajian sambal nikmat.

Sambal ABC sendiri punya 5 varian dengan level kepedasan yang berbeda mulai dari Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas dan Sambal Ayam Goreng yang bisa kalian nikmati sesuai selera bersama keluarga di setiap moment makan kamu!

So, buat kalian yang pengen yang pedes-pedes enak, gak usah jauh-jauh ke Kalimantan. Cukup beli Sambal ABC di toko terdekat atau Official Store ABC Heinz Indonesia di berbagai e-commerce, seperti  Shopee, Tokopedia, Lazada serta Blibli.

Yuk, buruan rasakan keunikan dan sensasi pedasnya Sambal ABC. Klik website Sambal ABC untuk info lebih lanjut!
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)