nisaahani: blogger yang suka sharing review: Ladies, Ini Beberapa Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

Senin, 23 Oktober 2023

Ladies, Ini Beberapa Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

Akhir-akhir ini banyak jokes dan meme yang katanya, cewe tuh nggak banget dalam hal merawat motor. Selama motor masih jalan, kagak pernah diperhatiin atau diservice. Hahaha. Padahal gak juga sih. Karena saya alhamdulillah mayan rutin service. Apalagi di tempat servicenya ada kursi pijat. Jadi pas nunggu bisa pijat gratis. 😄

Btw, service motor atau pengecekan kondisi motor itu diusahakan dilakukan secara rutin ya. Biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Eits, gak usah khawatir. Kalian bisa kok bilang ke abangnya, "service lengkap, bang!". Tapi memang, sebaiknya mesti paham. Nah, makanya itu, ditulisan kali ini, saya mau share bagian mana aja yang mesti dicek. So, cekidot!

Bagian yang Harus Dicek Saat Service Motor


Oli Mesin


Rata-rata pabrikan merekomendasikan per 2500 km jarak tempuh (lihat di speedometer) untuk mengganti oli mesin. Karena oli mesin berfungsi sebagai pelindung mesin, pendingin, dan pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Untuk harganya, biasanya harga oli (tergantung merk) dan juga jasa gantinya.

Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/white-and-black-sports-bike-on-road-during-daytime-3MvbAos7Fw0

Oli Gardan


Untuk pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Karena berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya: 2x ganti oli mesin, baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Kampas Rem


Jika kampas rem sudah tipis, harus segera diganti. Karena jika tidak, bisa menyebabkan rem kurang pakem dan rentan kecelakaan. Padahal rem salah satu komponen penting dalam keselamatan. Jadi harus selalu diperhatikan.

Ban


Pemeriksaan ban perlu dilakukan secara berkala. Bahkan sebelum menggunakan motor, biasakan cek kondisi angin pada ban terlebih dahulu. Sedangkan saat service motor, selain memeriksa tekanan udara dalam ban, akan dicek juga kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Aki atau Accu


Idealnya, tegangan pada aki berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sedangkan jika mesin menyala, berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Kalau tak sesuai, kemungkinan ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat. Sehingga mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang tidak layak harus segera diganti ya, supaya tetap bisa digunakan dengan nyaman.

Busi


Busi adalah part/bagian yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin motor dapat menyala. Jika busi berfungsi baik, maka motor mudah dinyalakan.

Filter Udara


Filter udara adalah bagian yang berfungsi untuk menyaring udara masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi serta karburator. Biasanya sebelum diganti, dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh mekanik. Karena mungkin saja tidak harus diganti, hanya perlu dibersihkan.

Tune up Motor Rutin


Service motor tune up adalah servis rutin yang memeriksa semua komponen, terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Contohnya memeriksa klakson, rem, tegangan rantai, tekanan ban, kondisi lampu, dan membersihkan karburator (saringan udara). 

Adakalanya service tune up disertai dengan ganti oli gardan, ganti olu mesin atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu. Kalau setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik


Untuk mendapatkan servis yang bagus, berarti harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

Servis motor rasa baru dikenal dengan sistem servis terpadu. Tujuan adalah melakukan jenis service motor untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat serta biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk yang jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban


  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, sehingga mampu memproteksi mesin dan meningkatkan performa motor. Otomatis mesin jadi lebih awet (jarang rusak).
  • Menggunakan sparepart asli. Sehingga motor lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli motor matic atau motor jenis lainnya cukup 4-6 bulan sekali atau setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja. Sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Biaya servis jadi lebih hemat.
  • Bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain


Jika servis di tempat lain, kemungkinan masih banyak debu, kotoran, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan debu dan kotoran di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara, jika melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh part/bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, piston, klep mesin, blok CVT, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Yap, service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru, lho. Hasilnya, mesin jadi bersih total, tarikan jadi lebih enteng, lebih hemat BBM, dan emisi turun lebih dari 70%.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini pun terjangkau banget. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,-, jika service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,-, bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-.

Gimana? Sekarang sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis kan? Yuk, motornya diservis! Dan, kalau mau service motor, ke Planet Ban saja ya. Karena bisa mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

17 komentar:

  1. Yang nomor satu udah jelas kyknya biayanya ramah kantong banget tapi kualitas servisnya bisa maksimal :D
    Setuju banget kalau rajin merawat motor tu nanti body dan mesinnya jadi awet, kalau suatu saat dijual harganya juga masih mayan ya.

    BalasHapus
  2. Makasih banget dapat info bermanfaat berkah2 selalu ya mbak

    BalasHapus
  3. Sebagai ras terkuat di bumi, cewek memang kudu lihai ya mbak buat rawat motor. Jadi bisa pakai, bisa juga merawat kendaraan dengan baik

    BalasHapus
  4. pelanetban emang solusi buat kita semua yang mau servis dan sekarang planetban suda menjamur di mana-mana jadi enak kan kalo mau servis

    BalasHapus
  5. dulu saya tidak tahu apa -apa kalau soal urusan service motor namun setelah membaca ini makin banyak tahu apa saja yang harus diservice saat melakukan service motor

    BalasHapus
  6. Dulu menang iya, Mbak. Banyak para perempuan yang suka naik motor, tapi malas kalau servis motor. akhirnya pas ada kendala pada motor, jadi kurang paham. Tapi sekarang pas saya servis, ibu-ibu juga banyak yang membawa motornya servis. Apalagi kalau sudah paham bagian mana saja yang harus rutin di servis.

    BalasHapus
  7. Bukan cuma kulit yang perlu dirawat supaya glowing. Motor juga perlu dirawat dan diservis supaya tetap andal dan aman. Tinggal bawa ke Planet Ban, beres.

    BalasHapus
  8. Kalau oli serihg per-bulan. Kalau filter udara nih yang jarang dicek. Langsung ke planet ban deh buat cek

    BalasHapus
  9. Sebagai kendaraan yang rutin dipakai sih ya motor memang kudu wajib diservis rutin biar performanya makin baik. Pun pilihan bengekelnya harus yang terpercaya, kayak di Planet Ban ini, bukan cuma kasih harga terjangkau tapi juga banyak promonya, ya ga sih..

    BalasHapus
  10. persis nih kaya yang suka dibilangin sm papaku, soal perawatan kendaraan bermotor terutama motor matic, gk boleh malas servis rutin intinya

    BalasHapus
  11. Murah meriah ya kak harga service di Planet Ban. Aku jg sering nih service di situ. Soalnya jg suka lupa. Enakan pake terus eh lupa hrs service. Haha. Pokoknya kalo motor udh mulai ga enak jalannya/rasa tumpangannya, berarti udh wktnya tuh msk bengkel.

    BalasHapus
  12. Lha, aku baru tahu kalau Planet Ban bisa servis juga, Mbak. *tepok jidat
    Selama ini ke Planet Ban cuma cek angin aja, kwkwkwk... Makasih sharing dan infonya, ya. Besok bisa dong ke Planet Ban untuk servis dan ganti oli juga. Yeaayyy...

    BalasHapus
  13. Ternyata aku kudet nih, baru tahu klo di Planet Ban bs servis motor. Kpn2 jd pengin nyobain deh servis di Planet Ban.

    BalasHapus
  14. Jokes tentang cewe ga bisa servis motor kini dipatahkan degan kehadiran bengkel yang nyaman seperti Planet Ban. Hihihi, aku sendiri kagum sama bengkel Planet Ban karena sudah banyak menjangkau masyarakat di perkotaan besar.

    BalasHapus
  15. Wajib rajin service motor baru kemarin aku service motor matic...memang habis diservice dari suara sama.tarikannya bedaa

    BalasHapus
  16. Aku beberapa tahun terakhir tuh milih service motor dan ganti oli di sini soalnyaa selain murah, terus pengerjaannya cepeett karena ga begitu banyak antriannya dan yang jelas olinya tuh lebih awet gitu

    BalasHapus
  17. Aku mah biasanya service motor tuh cuma ganti oli mesin dan oli gardan saja. Nggak ngerti kalau harus liat yang lain-lainnya juga. Hehehe....

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)