nisaahani: blogger yang suka sharing review: Review Pamali Dusun Pocong: Hidden Gem Film Horor Indonesia

Sabtu, 14 Oktober 2023

Review Pamali Dusun Pocong: Hidden Gem Film Horor Indonesia

Review Pamali Dusun Pocong
Atut 😄

Ketika saya nonton film horor Indonesia Pamali: Dusun Pocong, saya nonton ini tanpa ekspetasi apapun. Nonton karena biar seru-seruan ramean bareng teman-teman yang lain. Eh, malah gak nyangka, ini film oke juga loh.

Oke, saya ceritain ya. 😆


Nonton di CGV FX Satin


Jadi, setelah hari sebelumnya janjian, pada hari Kamis, tanggal 12 Oktober 2023, bertepatan tanggal tayangnya film ini, saya datang ke CGV FX Mall, Jakarta, buat nonton bareng Mbak Tuty (@tutyqueen), Om Ono (@onosembunglango), Om Agung (@agunghan_), Akmal (@akmalfarabi_). Kita nonton di studio satin.

CGV Satin FX
Foto before nonton. Om Agung belum sampe.

Saat melihat 4 dari 5 orang dari kita sampai, Mbak Tuty menukarkan tiketnya di corner self ticketing. Lalu, Setelah ngobrol-ngobrol bentar dan foto-foto, kita pun masuk ke dalam studionya.

Makjreng... ternyata di kursi yang lumayan depan. Meski bukan paling depan. Jujurly, saya tim nonton yang duduk paling belakang tengah. Tapi gak apa lah, sekali-kali coba di kursi yang agak depan.

Ketika masih iklan, saya mencoba mencari tombol buat kakinya selonjoran. Tapi kayaknya kalau studio CGV Satin tidak bisa selonjoran, hanya saja bisa agak dikebelakangin. Biar agak  rebahan. Dan, kursinya agak besar terus lebih empuk, ada colokan usb-nya juga buat nge-charge hp. Enak juga.

Ketika sedang sibuk dengan mencari posisi yang nyaman untuk nonton, tiba-tiba udah ada bunyi yang mengkagetkan dan adegan pacul segede layar (kalau gak salah inget). Film pun dimulai.

Sinopsis Film Pamali Dusun Pocong


Film Pamali Dusun Pocong

Ceritanya tentang 3 orang tim medis dan 2 tukang gali kubur yang datang ke desa terpencil sulit sinyal, yang sedang terkena wabah penyakit. Dan, kalau mau ke sana mesti naik perahu.

Penyakitnya bisa menular melalui kulit dan sudah banyak korbannya, bahkan ada yang sudah meninggal. Makanya butuh tukang kubur juga.

Dari pertama mereka sampai, sudah banyak kejadian aneh. Kayak payung hitam dijembreng dalam rumah, ada bunyi orang siul malem-malem, dan lain sebagainya. Yang ternyata, ini terkait dengan pamali di desa tersebut.

Selanjutnya, ya seperti cerita-cerita horor, ada adegan yang nakutin, ngagetin, dan lainnya. Muncul sugus-sugus dimana-dimana. 😄

Pemain Film Pamali Dusun Pocong


Pas nonton dan sebelumnya, saya kagak kenal siapa pemainnya, tapi setelah nonton saya malah kepo. Karena aktingnya bagus juga dah. Lumayan natural dan cocok gitu sama filmnya.

Berikut cast film Pamali Dusun Pocong:
  • Fajar Nugra (ternyata doi komika) sebagai Cecep, tukang gali kubur
  • Yasamin Jasem sebagai Mila, yang rambut pendek
  • Dea Panendra sebagai Gendis, leader, yang rambutnya keriting
  • Arla Ailani sebagai Puput, yang rambutnya panjang
  • Bukie B. Mansyur sebagai Deden, yang kumisan bewokan
  • Anantya Kirana sebagai Eneng, anak kecil penduduk desa
  • Whani Darmawan sebagai Mang Ujang, tukang gali kubur desa yang sakit, jadinya butuh bantuan tukang gali kubur lain
  • Wina Marrino sebagai Ceu Imah, ibunya si Eneng
  • Ence Bagus sebagai Mang Yusuf, abang-abang perahunya


Review Film Horor Indonesia Pamali Dusun Pocong


Film Horor Indonesia
Di CGV, semua dalam satu tiket, meski beli 5 bangku.

Jujur mulai dari adegan awal aja udah ngagetin. Lalu, dimanjakan mata adegan danau. Saya sampai kepo itu danaunya dimana. Apa benar masih asri begitu? Adem bener ngeliatnya.

Sepanjang film, sinematografinya menurut saya bagus. Rapi, enak dilihat, memanjakan mata (kecuali adegan sugusnya muncul haha). Ngagetinnya juga mayan bikin kaget. Sound-nya juga oke. Jumpscare-nya dapet lah.

Pemainnya juga membawakan dengan apik. Gak maksa atau aneh. Si Eneng juga walaupun masih kecil, akting oke. Celetukan-celetukannya juga ada aja yang lucu atau bagus, apalagi si Cecep. 😄

Untuk ceritanya, sebenarnya ngalir, cuma pas pertengahan saya jadi mikir, kayak ada yang kurang. Oke, tapi kayak kurang kuat aja gitu menurut saya. Kayaknya bisa deh lebih bagus dari ini. Meski, saya gak tahu juga sih hp jadul yang gak touch screen masih ada atau kaga. Hehe. Tapi untuk alasan Gendis sebagai leader marah dan mau pulang duluan atau Mila yang gak dengerin leader, saya paham kok.

Overall, filmnya not bad lah. Makanya saya bilang ini film yang hidden gem. Karena sepertinya belum banyak yang tahu, tapi sebenernya oke buat ditonton.

Untuk nilai, 8/10 kali ya dari saya. Karena saya sih suka-suka aja dan gak terlalu ngerasa cringe atau aneh gitu, walaupun ngerasa ada yang kurang. Saya pikir ini film berpotensi jadi sekuel. Kan pamali mah ada banyak ya.

Dan, ternyata setelah saya searching, di tahun 2022, film Pamali juga sudah ada. Ini sepertinya sekuelnya. Haha. Bener-bener clueless akutu sebelumnya sama film ini.

Saran


Eniwei, kalau film ini bakal ada sekuelnya lagi, semoga bisa dibikin lebih ada maknanya gitu selain Mawa Desa, Mawa Cara (quote dari film ini). Yang risetnya lebih mendalam dan ngena banyak sisi. Atau yang lebih ikonik.

Misal, pamali kalau nebang pohon tanpa menanam pohon baru. Nanti bisa kenapa gitu. Biar orang-orang juga mikir kalau mau nebang pohon. Pemerhati lingkungan abezzz akutu hahaha. Kali aja kan, filmnya nanti bakal direkomendasikan oleh pecinta lingkungan atau jadi film yang punya meaning lebih.

Atau, kalau maghrib-maghrib mesti tutup pintu. Atau, gak boleh sembarangan gambar orang lain. Atau, mesti rajin bebersih. Atau, apa gitu. (Boleh loh kalau butuh ide penulis, kontak email saya. 😄)

Karena punten banget ini. Walaupun cuma film, kalau bisa ada manfaat dan pesan yang logis. Ya meski, pesan Mawa Desa, Mawa Cara alias tiap tempat ada adat atau caranya masing-masing, itu nyampe. Tapi beberapa pamali yang diangkat gimana gitu. Meski, yang masalah teknis mengubur udah oke sih. Biar pada kagak nyepelein. Karena ini penting. Tapi untuk pamali lainnya, (maaf) kurang meaning.


Penutup


nonton film Indonesia
Dari kiri ke kanan: Hani, Om Agung, Akmal, Mbak Tuty, Om Ono

Oke deh, sekian dulu sharing dan review jujur saya kali ini. Semoga menarik! Tunggu cerita-cerita saya lainnya ya!

Oh iya, saran saya kalau nonton film Pamali Dusun Pocong di studio satin CGV jangan di kursi terlalu depan. Karena, kalau saya sih jadi agak pusing dan ngagetinnya makin dapet, berasa nonton 3D. Mungkin efek layar lengkungnya kali ya. Haha. Entahlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)