nisaahani: blogger yang suka sharing review: Tips Menabung untuk Melunasi Cicilan KPR, Terbayar Cepat

Sabtu, 28 Oktober 2023

Tips Menabung untuk Melunasi Cicilan KPR, Terbayar Cepat

Menabung untuk melunasi KPR (Freepik: https://www.freepik.com/free-photo/house-key-home-insurance-broker-agent-s-hand-protection_5216398.htm#page=2&query=house%20owner&position=16&from_view=search&track=ais)

Kredit pemilikan rumah (KPR) banyak diminati karena memungkinkan pembelian rumah dengan proses yang mudah. Itulah mengapa banyak pasangan muda yang memilih mengambil KPR dibandingkan membeli tanah atau membangun rumah. Untuk memiliki hunian dengan sistem KPR, hanya perlu membayar DP dan melunasi pembayaran secara dicicil atau diangsur. 

Mungkin saat ini sudah mengambil KPR dan sedang berupaya untuk melunasi cicilannya. Pastinya kalian ingin bisa melunasi angsuran KPR dengan cepat agar beban keuangan berkurang. Nah, kalian bisa membereskan cicilan KPR lebih cepat dari tempo, dengan cara mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. 

Salah satu caranya yakni dengan menabung secara disiplin dan terkontrol. Supaya aktivitas menabung bisa lebih efektif, sebaiknya membuka rekening online yang khusus diperuntukkan bagi tabungan pelunasan KPR. Selain itu, perlu tahu tips atau strategi menabung agar bisa melunasi cicilan KPR lebih cepat. 

Tips Menabung untuk Melunasi Cicilan KPR


Berikut ini strategi atau tips yang perlu diterapkan agar bisa melunasi cicilan KPR dengan cepat sebelum jatuh tempo:

Pastikan Membeli Rumah sesuai Kemampuan Finansial


Jika berencana untuk membeli rumah atau KPR, maka harus merencanakan keuangan dengan baik. Saat mengambil KPR, pihak Bank akan selalu melakukan evaluasi dan menentukan jumlah pinjaman yang bisa didapatkan sesuai kemampuan finansial. Tetapi ini hanyalah perkiraan dari pihak bank, sementara yang paling tahu tentang kemampuan keuangan ialah diri sendiri. 

Oleh karena itu, harus bijak dalam memilih KPR sesuai kemampuan finansial. Saran keuangan ini penting untuk dipertimbangkan sebelum benar-benar mengambil KPR. Sebaiknya memilih KPR yang memiliki angsuran dan biaya lainnya sesuai kemampuan pembayaran. Saat ini tersedia berbagai pilihan KPR dengan berbagai rentang harga. Bahkan jika memiliki penghasilan yang pas-pasan, ada peluang untuk mendapatkan KPR bersubsidi. 

Maksimalkan Down Payment


Cara terbaik untuk membeli KPR adalah dengan menggunakan dana tunai 100%. Apabila cara ini cukup sulit atau memberatkan keuangan, maka bisa menggunakan strategi memaksimalkan down payment (DP) atau pembayaran uang muka. 

Usahakan untuk membayar uang muka yang lebih besar dari seharusnya. Langkah ini akan membantu mengurangi beban cicilan KPR di masa mendatang, sehingga bisa melunasi hutang KPR cepat dengan aman.

Membayar Cicilan Lebih Banyak untuk Melunasi Pokok


Tips selanjutnya yang dapat dilakukan untuk melunasi KPR lebih cepat adalah dengan membayar cicilan lebih banyak. Semakin banyak jumlah cicilan yang dibayarkan, maka jangka waktu pelunasan KPR juga semakin pendek. Namun selalu pastikan terlebih dahulu kepada pihak bank apakah ada denda atau biaya tambahan jika membayar lebih dari jumlah yang sudah ditentukan dalam periode tertentu.

Melakukan Refinancing KPR


Refinancing adalah tindakan menggantikan pinjaman yang telah diambil sebelumnya dengan pinjaman yang baru. Langkah ini dapat dilakukan dengan refinancing ke pemberi pinjaman saat ini atau memilih untuk berpindah ke pemberi pinjaman yang berbeda. 

Refinancing KPR menjadi salah satu cara untuk membantu melunasi KPR lebih cepat, tanpa menghadapi denda atau biaya penalti yang tinggi. Apabila ingin melakukan refinancing, berikut langkah-langkahnya: mengumpulkan informasi tentang pemberi pinjaman saat ini, mengumpulkan data terkait aset yang akan digunakan dalam proses refinancing, serta memberikan bukti kemampuan finansial kepada pemberi pinjaman yang baru.

Mencari Penghasilan Tambahan


Cara lain yang bisa diterapkan untuk melunasi KPR lebih cepat adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Apabila pekerjaan utama tidak banyak menguras waktu dan tenaga, maka bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengambil side job. Apalagi di era digital seperti sekarang ini mencari penghasilan tambahan sangatlah mudah. 

Kita dapat mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi freelancer, yang bekerja dari rumah atau remote. Namun tetap pastikan pekerjaan tambahan ini tidak sampai membuat kelelahan hingga mengganggu kesehatan. Uang dari pekerjaan sampingan ini akan membantu mengalokasikan dana lebih banyak ke dalam tabungan, sehingga dapat melunasi KPR lebih cepat. 

Hidup Berhemat dan Menunda Keinginan


Tips lainnya bagi yang sedang berjuang melunasi cicilan KPR adalah hidup berhemat. Sebaiknya mulai membangun gaya hidup yang tidak berlebihan dan berhemat. Setelah mampu memenuhi kebutuhan dasar, harus bisa menunda pemenuhan keinginan yang tidak penting atau konsumtif. 

Menabung (Freepik: https://www.freepik.com/free-photo/money-saving-jar-arrangement_11620741.htm#query=save%20money&position=0&from_view=search&track=ais)

Meski terkesan sepele, nyatanya banyak sekali perilaku keuangan yang justru membuat boros dan membuat anggaran membengkak. Penting bagi kita untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang berpotensi menghabiskan menguras keuangan secara perlahan. Misalnya kebiasaan nongkrong di kafe, checkout atau belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan, langganan layanan hiburan, dan sebagainya.  

Meskipun sebagian pendapatan akan digunakan untuk KPR, harus dipastikan bahwa pengeluaran tidak melampaui penghasilan. Dengan demikian dapat menabung secara teratur, sehingga dapat melunasi KPR lebih cepat dari yang telah dijadwalkan. 

Menggunakan Rekening Online untuk Menabung


Setelah membaca tips menabung di atas, pastinya jadi semakin bersemangat dan yakin bisa melunasi KPR lebih cepat sebelum jangka waktu yang ditentukan. Supaya kegiatan menabung bisa berjalan efektif dan aman, maka perlu membuat rekening online khusus untuk tabungan pelunasan KPR. 

Apalagi saat ini bisa membuat rekening online gratis. Salah satu rekening online yang bisa dipilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan dalam memantau dan mengontrol keuangan. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening ini juga cukup sederhana dan nggak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai rekening online PermataMe dan pendaftarannya bisa baca di sini

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)