nisaahani: blogger yang suka sharing review: Review ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop OLED Tertipis dan Teringan Di Dunia Serta Laptop Terbaik Versi Gue

Selasa, 19 September 2023

Review ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop OLED Tertipis dan Teringan Di Dunia Serta Laptop Terbaik Versi Gue


Pada tanggal 16 September 2023, saya datang ke Katarasa, Hotel Grand Zuri BSD Tangerang bersama teman-teman blogger lainnya, mengikuti acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023. Ini adalah acara kolaborasi antara ASUS Indonesia dengan Mbak Katerina. Dan, diacara tersebut saya dapat melihat langsung beberapa laptop ASUS yang canggih, seperti:
  • Zenbook S 13 OLED (UX5304)
  • Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402)
  • Vivobook 14X (M1403)
  • Vivobook GO 14 (E1404F)
  • Vivobook 14X (K3405)



Zenbook S 13 OLED (UX5304)



Curcol dikit ya. Jadi waktu pertama kali punya laptop, laptop saya tuh berat parah. Mungkin karena belasan tahun lalu teknologinya belum secanggih sekarang. Setelahnya, saya mengazamkan kalau punya laptop lagi, mau yang ringan dan setipis mungkin, tapi speknya canggih. Biar lebih mudah dibawa-bawa plus bikin saya makin produktif.

Mungkin karena itu, saat di acara, saya tertarik dan merasa laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop terbaik versi gue untuk saat ini. Apalagi klaimnya sekarang ini, laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop OLED tertipis dan teringan di dunia.

Kayak udah suka weh kitu, meski semua laptop yang ada di sana sangat menarik dari sisi desain, spesifikasi maupun harganya.

Laptop OLED 13,3-inci Paling Tipis dan Ringan



Dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg, membuat ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) jadi laptop OLED 13,3-inci paling tipis dan ringan di dunia untuk saat ini. Laptop ultraportabel yang menggunakan Engsel ErgoLift, sehingga dapat dibuka 180 derajat ini menggunakan teknik manufaktur canggih dan material yang ringan tapi kuat serta berkualitas tinggi.


Tim engineering ASUS menanamkan kamera IR FHD berukuran lebih kecil tetapi fitur tetap lengkap, langsung ke dalam bagian layar yang diproses dengan teknik CNC. Kemudian, menggunakan panel OLED yang lebih ramping juga digunakan, sehingga bagian layar laptop menjadi 30% lebih tipis.

Untuk bagian keyboard deck menggunakan paduan material magnesium-aluminium dan diproses dengan teknik CNC. Sehingga strukturnya kokoh tanpa memerlukan bagian penyangga tambahan. Pada touchpad juga menggunakan penutup kaca yang sangat tipis untuk menurunkan ketebalan 25% lagi pada bagian keyboard deck.


Tetap Memiliki Konektivitas dan Fitur Lengkap




Walaupun sangat tipis, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) tetap ada berbagai port I/O, seperti:
  • Port HDMI® 2.1
  • Port USB 3.2 Gen 2 Type-A
  • Dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4
  • 3.5mm combo audio jack

Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 bisa mengisi daya dengan cepat, mentransfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps, dan tampilan eksternal beresolusi 4K. Dengan port yang lengkap, tentu memudahkan dan kagak bikin rempong mesti punya atau bawa dongle/adaptor. 

Terus, kamera IR FHD-nya dilengkapi dengan efek visual khusus dan teknologi AI noise-cancelling, jadi bisa nyaman saat video conference dimana saja. Kameranya juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah.

Lalu, untuk audionya menggunakan kombinasi sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, ASUS Audio Booster, Smart Amp, dan teknologi Dolby Atmos® sehingga menyajikan pengalaman audio berkualitas tinggi. Dan, untuk touchpadnya, menggunakan Touchpad ASUS ErgoSense yang kini muncul dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Navigasi jadi lebih mudah, responsif, dan nyaman. Terus, ada lapisan anti-sidik jari yang memudahkan proses pembersihan.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Modern dan Powerful



Menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread, yang dapat dipacu hingga 5GHz bikin performa laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) powerful. Karena itu adalah prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi, yaitu Intel® Iris® Xe. Chip grafis ini memiliki performa yang cukup kuat untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan cukup mumpuni untuk memainkan game kasual.


Selain itu, prosesor ini dilengkapi dengan Intel® Quick Sync. Fitur canggih yang mempercepat proses encoding dan decoding video. Kemudian, mendapat validasi sebagai platform Intel® Evo™. Yang mana artinya laptop ini telah terjamin dalam hal menyajikan pengalaman penggunaan terbaik dalam bekerja, belajar, menikmati hiburan, berkarya, dan menciptakan konten kreatif.

Sementara itu, Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya memastikan laptop tertipis dan teringan ini tetap nyaman dipakai multitasking karena dapat beroperasi dengan cepat.

Sedangkan untuk baterai, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan baterai berkapasitas 63 WHrs yang dapat bertahan sepanjang hari. Kalau buat streaming video, bisa sampai 14 jam!


Kualitas Layar Terbaik



Laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan ASUS Lumina OLED, standar tertinggi layar laptop saat ini. Dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3, telah memperoleh sertifikasi PANTONE Validated Display mendukung teknologi HDR, dan telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Kemudian, bisa menampilkan resolusi 2,8K dan dilengkapi dengan berbagai fitur, teknologi, serta inovasi canggih.  Sehingga teruji dapat menghadirkan kualitas visual terbaik dengan warna yang kaya, akurat, dan tidak membahayakan kesehatan mata.

Dilengkapi dengan fitur Eye Care, bikin laptop ASUS yang satu ini memungkinkan penurunan spektrum blue light yang berpotensi berbahaya bagi mata dalam jangka panjang tanpa mengurangi kualitas visual. ASUS Lumina OLED juga telah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Oleh karena itu, meski beraktivitas lama di depan laptop, gak terlalu khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

Lalu, rasio layarnya 16:10. Kita jadi bisa menikmati area kerja yang lebih luas dan menjadikan kegiatan sehari-hari lebih produktif. Cocok untuk standar kebutuhan industri kreatif. Karena konten yang ditampilkan oleh ASUS Lumina OLED dijamin akurat sesuai dengan visi pencipta konten.

Ramah Lingkungan



Melihat dan memegang langsung laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), bikin saya menebak bahwa laptop ini menggunakan bahan daur ulang. Kayak ada yang khas aja gitu. Dan, benar saja saat baca detail info laptop ini.

Komitmen ASUS pada prinsip "Do More with Less", bikin laptop ini mendapatkan pengakuan internasional dengan mendapat sertifikasi EPEAT® Gold. Karena dirancang meminimalkan jejak karbon mulai dari bahan, proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai.

Bodinya berbahan plasma-ceramic aluminium. Bahan ini diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa kebutuhan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Teknik khusus ini pun mampu menghasilkan bodi yang tahan korosi, durabilitas lebih baik, dan memiliki masa pakai yang panjang, tetapi meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melebihi standar ENERGY STAR® sebesar 43%. Sehingga menjadikan laptop dengan zero carbon emission.

Spesifikasi



Penutup



Buat saya yang mobile dan mesti kerja cepat, apalagi zaman sekarang kerja bisa darimana saja, tentu laptop ini klop banget buat dibawa kemana-mana tanpa perlu sakit punggung atau nenteng berat-berat. Speknya pun mumpuni banget buat diajak kerja keras dan kerja cerdas. Saya yang cukup concern dengan lingkungan juga merasa hepi dengan laptop ini. Udah dah, ini mah laptop yang top mantap is the best. 😆




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)