nisaahani: blogger yang suka sharing review: Pentingnya Smart CCTV di Area Rooftop Gedung Kantor

Kamis, 21 September 2023

Pentingnya Smart CCTV di Area Rooftop Gedung Kantor

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-woman-drinking-wine-rooftop-sunlight_5363061.htm#query=rooftop%20area&position=49&from_view=search&track=ais

Berkembangnya teknologi beberapa tahun terakhir tak urung berdampak pada cara orang-orang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Dalam hal ini juga berdampak pada sistem perlindungan dan penjagaan keamanan yang semakin kompleks dan dirasa penting daripada sebelumnya. Seperti penggunaan smart CCTV yang semakin marak.

CCTV atau kamera yang berfungsi untuk menjaga keamanan ini merupakan salah satu pilihan paling efektif dan banyak digunakan. Salah satunya adalah penggunaan CCTV di gedung perkantoran. Dari semua area gedung, satu tempat yang sering terlupakan adalah area rooftop atau atap gedung. Pentingkah jika area ini dipasang kamera CCTV?

Alasan Penting Memasang Smart CCTV di Area Rooftop Kantor


Penggunaan Closed-Circuit Television (CCTV) kini tidak lagi terbatas pada tujuan pengawasan secara konvensional. Penerapan CCTV yang cerdas, atau yang dikenal sebagai smart CCTV camera, telah menjadi suatu kebutuhan esensial dalam berbagai situasi dan kondisi. Dalam hal ini termasuk pengamanan gedung perkantoran.

Dari semua area gedung, salah satu area yang sering kali diabaikan dalam pengawasan adalah rooftop atau atap gedung. Padahal, dengan segala potensi risiko dan manfaatnya, penerapan smart CCTV di area rooftop gedung kantor seharusnya menjadi prioritas dalam strategi pengamanan. Sama seperti area kantor lainnya. Mengapa demikian?

Hal ini tak lain karena rooftop ternyata memiliki potensi risiko yang besar untuk terjadinya tindak kejahatan. Apa dan bagaimana risiko yang bisa saja muncul tersebut? 

Akses Tidak Berizin


Kelihatannya rooftop memang area yang aman. Namun sebenarnya area rooftop yang seringkali tidak terjaga sangat rentan terhadap akses yang tidak berizin atau tidak sah. Hal ini bisa saja mengakibatkan terjadinya tindak pencurian, perusakan atau bahkan tindakan kriminal yang lebih serius.

Keamanan Karyawan


Dalam beberapa kasus, karyawan mungkin perlu mengakses area rooftop tersebut untuk kepentingan melakukan perawatan atau inspeksi. Dengan adanya smart CCTV camera otomatis dapat memastikan keamanan mereka selama berada di area tersebut.

Ancaman Penyusupan


Area rooftop dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai tempat untuk melancarkan penyusupan atau tindakan tak bertanggung jawab lainnya. Karena itulah sangat penting memasang smart CCTV agar dapat membantu mendeteksi dan mencegah potensi ancaman semacam itu.

Risiko Kebakaran


Memasang CCTV pada rooftop juga bisa membantu mencegah risiko kebakaran. Dalam hal ini CCTV yang digunakan khusus berjenis thermal seperti yang ada pada produk thermal Hikvision.

Kamera CCTV jenis ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu dilengkapi dengan tampilan keamanan, termografi, dan komersial. Sehingga mampu memberikan perlindungan perimeter, pengukuran suhu dan deteksi kebakaran dan yang utama adalah untuk menghindari kerugian yang serius.

Nah, beberapa smart CCTV sudah dilengkapi dengan teknologi pendeteksi asap atau panas. Sehingga dapat memberikan peringatan dini kepada petugas keamanan atau petugas pemadam kebakaran.

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/cctv-security-camera-ceiling_16463703.htm#page=2&query=cctv%20on%20rooftop&position=6&from_view=search&track=ais

Manfaat Penerapan Smart CCTV di Area Rooftop Gedung Kantor


Area rooftop mungkin merupakan tempat yang jarang untuk diakses. Karena jarang diakses inilah rooftop menjadi area yang riskan terjadi kejahatan. Guna mencegah tindak kejahatan tersebut maka perlu pemasangan smart CCTV camera. Pemasangan CCTV pada area ini sangatlah penting dan nyatanya mampu membawa beberapa manfaat, antara lain:

Penjagaan Secara Real-Time


CCTV pintar ini akan membantu dalam menjaga area rooftop secara real-time dari jarak jauh. Meskipun CCTV berada pada posisi atau tingkat bangunan yang berbeda, tetap saja mampu dan memungkinkan respons cepat terhadap situasi darurat.

Artinya, kalian bisa segera mengambil tindakan apabila terjadi kejahatan atau aktivitas yang mencurigakan di area rooftop.

Pendeteksian Dini


Teknologi canggih dalam smart CCTV mampu mendeteksi adanya gerakan. Hal ini tentunya akan membantu mencegah tindakan kriminal sebelum merugikan.

Arsip Bukti


Rekaman dari CCTV ini dapat menjadi bukti yang berharga dalam investigasi hukum. Ini dapat membantu pihak berwenang dalam mengidentifikasi pelaku, mengungkap pola aktivitas dan memperkuat proses hukum.

Integrasi Sistem Keamanan


Pemasangan smart CCTV di area rooftop juga bermanfaat untuk integrasi sistem keamanan. Artiya, Anda dapat integrasikan CCTV tersebut dengan sistem keamanan lainnya, seperti alarm dan akses kontrol. Dengan adanya integrasi ini, pastinya akan menciptakan lapisan pertahanan yang lebih kuat dan respons yang lebih baik terhadap situasi darurat.

Analisis Data


Manfaat lainnya dari sebuah CCTV adalah digunakan untuk menganalisa data. Anda pasti sudah tahu kalau sebuah kamera CCTV memiliki simpanan data dan bisa dikumpulkan. Data yang terkumpul dari rekaman smart CCTV camera ini dapat dianalisis. Tujuan dari analisis tersebut adalah untuk mengidentifikasi tren, mengoptimalkan penggunaan ruang atap dan meningkatkan efisiensi keseluruhan gedung.

Setelah memahami pentingnya memasang CCTV di area rooftop maka jelas sekali kalau CCTV bukanlah opsi tambahan. Akan tetapi merupakan kebutuhan krusial yang dapat mendatangkan manfaat maksimal.

Meskipun terdapat potensi risiko yang bisa mengancam, namun dengan menggunakan teknologi canggih ini, perusahaan dapat menjaga aktivitas di area rooftop tetap terpantau. Sehingga bisa meminimalkan risiko dan meningkatkan respons terhadap situasi yang berpotensi membahayakan.

Gunakan CCTV Terbaik  untuk Keamanan Rooftop Gedung Kantor


Keamanan rooftop gedung kantor memang tak bisa diabaikan begitu saja. Sebagai area terbuka bagi karyawan, tempat ini bisa saja dimasuki penyusup yang tak bertanggungjawab. Sehingga satu pilihan tepat untuk menghindari terjadinya tindak kejahatan pada area ini adalah dengan memasang smart CCTV camera.

Dari sekian banyak CCTV yang beredar, salah satu CCTV cerdas yang sangat recommended adalah Hikvision AcuSense. Kamera CCTV ini menawarkan banyak keunggulan yang salah satunya adalah memberi hasil rekaman yang akurat. Artinya, rekaman yang tampak bisa Anda jadikan sebagai barang bukti tindak kejahatan. Cukup menarik, bukan?

Yuk, langsung saja cari tahu mengenai smart CCTV dari Hikvision AcuSense. Anda bisa mengakses informasi lebih lengkapnya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)