nisaahani: blogger yang suka sharing review: Review Aplikasi Jagat: Social Map Seru Buat Jaga Hubungan Semakin Seru

Sabtu, 23 September 2023

Review Aplikasi Jagat: Social Map Seru Buat Jaga Hubungan Semakin Seru

Mungkin yang kenal blog saya (yang ini) dari awal tahu kalau saya suka review aplikasi-aplikasi yang saya temui. Karena saya bukan tipe yang ragu untuk download aplikasi baru yang menarik bagi saya, meski lihat cuma dari iklan atau review orang. Nah, aplikasi yang baru-baru ini bikin saya tertarik adalah Jagat, sebuah aplikasi shareloc yang klaimnya ngga pake ribet. Developernya JAGAT TECHNOLOGY.



Tampilan/UI Aplikasi


Jujur, meski klaimnya nggak pake ribet, pertama kali saya lihat tampilannya tuh agak jiper alias takut duluan. Karena kelihatan canggih. Hahaha.


Tapi ternyata, aplikasi Jagat mudah banget pakainya. Sesuai klaimnya nggak pake ribet! Design dan tata letaknya juga simple. Ngeliat ikonnya juga sudah konek apa fungsinya.


Fitur


Awal saya tergoda download aplikasi Jagat adalah fiturnya yang katanya bisa tahu lokasi secara detail real-time. Tentu ini menarik buat orang-orang yang sedang berjauhan dengan orang terdekat. LDR contohnya.


Location sharing atau berbagi lokasi memang fitur utama aplikasi Jagat ini, tapi selain itu, di aplikasi ini kita bisa menikmati fitur lain, seperti:


NOW


Contoh NOW

Mirip ig story, tapi hanya bisa mengupload secara real time.

Add friends melalui NOW


Klik ikon Add friend untuk menambahkan teman

Dari lihat NOW orang lain yang kita gak kenal, bisa ditambahkan sebagai teman dengan cara klik fotonya di status NOW, lalu klik ikon add friend.

Btw, fitur di aplikasi Jagat ada banyak lagi, tapi ini yang lagi saya suka.


Kelebihan


Menurut saya pribadi berdasarkan pemikiran dan pengalaman selama pemakaian, aplikasi Jagat asik banget digunakan, terutama fitur NOW. Karena menghindari salah paham dalam hubungan. Hahaha. Kan real time, jadi bakal ketahuan apa adanya. Jadi lebih terpercaya kalau minta pap (foto) lagi apa, dimana, sama siapa. ๐Ÿ˜„

Aplikasi yang bagus banget buat perantau, yang sedang menjalani LDR/LDM atau sekedar sahabat yang ingin saling menjaga. Karena beneran terpantau secara real time.

Dan, ngga nyangka banget ternyata kita bisa melihat foto status (NOW) atau add teman secara random, bukan hanya orang yang kita kenal atau mutualan. Jadi bisa tahu orang-orang di luar sirkel atau lingkungan. Terus kalau menarik, bisa saya komen buat nanya-nanya. Jadi bisa nambah kenalan baru, bahkan dari lokasi yang jauh-jauh.


Saran



Karena ini beneran real-time, yang mana artinya butuh data lokasi, jadi pas instal dan buka aplikasi Jagat, jangan lupa diaktifkan fitur lokasi kita ya di hp. Lalu, jika dirasa khawatir dan kurang nyaman kalau terlalu ketahuan lokasi rumah kita ke pengguna Jagat lainnya, bisa atur privacy setting.


Sedangkan saran untuk pengembangnya, belum ada yang gimana-gimana sih. So far so good, seru selama penggunaan, cuma, entah ini faktor hp saya sendiri atau sinyalnya, kadang bikin hp saya jadi cepat panas dan sesekali loading-nya berat gitu.

Namun, melihat developer dan sosmednya yang cukup update (btw, video tiktoknya seru-seru), saya rasa tidak perlu khawatir. Saya yakin seiring berjalannya waktu, bakal ada pembaruan supaya aplikasi ini jadi lebih baik.


Saran dari saya lainnya, Jagat mungkin bisa lebih gencar bekerjasama dengan penjual, tempat makan, hotel, tempat wisata atau event terkait promo. Soalnya, ini saling menguntungkan satu sama lain, baik untuk penggunanya mendapatkan promo (semua orang suka diskon๐Ÿ˜„), marketing untuk tempatnya, dan juga bisa menambah pengguna Jagat itu sendiri. Kan makin seru ya kalau rame yang pakai aplikasi Jagat.


Informasi Aplikasi


Jagat sudah tersedia di platform iOS, Android, web, dll. Bisa didownload di link berikut:


Kepoin juga sosial medianya. Atau mungkin gabung ke whatsapp group dan discordnya.


Kesimpulan


Tentu saya merekomendasikan aplikasi ini terutama buat menjaga hubungan, menjembatani jarak, dan merasa tetap dekat dengan orang-orang tercinta. Karena bisa mengakses lokasi keluarga, teman atau pasangan secara real-time dan berbagi momen berharga dalam kehidupan kita.


Buat pedagang yang lokasinya pindah-pindah, kayak tukang tahu bulat atau lainnya juga saya rasa menguntungkan jika menggunakan aplikasi Jagat. Sebab pelanggan bisa tahu lokasi real time buat disamperin.


Kalian coba download dan gunakan juga deh! Karena IMO, Jagat aplikasi yang menarik sih. Apalagi kalau nanti seluruh dunia banyak yang pakai. Kali aja kan makin bisa kenal banyak orang selain buat mantau orang terdekat. ๐Ÿ˜„

16 komentar:

  1. aku baru tahu ada aplikasi ini. seru juga ya bisa berbagi lokasi dengan kerabat

    BalasHapus
  2. Wah keren nih aplikasinya apalagi bagi yang saat ini lagi menjalani hubungan LDR hahaha, enggak bakal bisa bohong lagi kan ya. Ketauan posisinya lagi di mana. Baru tau loh ada aplikasi ini. Ketinggalan banget ya. Keren nih kayaknya...

    Enaknya lagi bisa nyari tukang somay kalo lagi keliling posisinya ada di mana, wkwkwkwk...

    BTW hape cepat panas biasanya karena ponsel bekerja terus menerus mencari sinyal untuk lokasi, hal ini tentu membuat baterai ponsel jadi bekerja dua kali lipat

    BalasHapus
  3. Kalau kerjasama dengan kafe atau tempat wisata jadi makin asik ya, karena bisa langsung tahu real time juga misal kuliner yg lagi happening apa

    BalasHapus
  4. Eh seru juga klo bikin story secara real time, tapi memang perlu perhatikan setting privacynya. Ke depannya mungkin bisa lebih beragam fiturnya, karena butuh media sosial yg fiturnya ada yg unik

    BalasHapus
  5. Oh iyaya, aku jadi kepikiran kalau apps Jagat ini pasti segmentasinya remaja, atau LDM atau untuk berjualan, bener bener, ka Hani.
    Jadi posisi realtime bisa menuntun banyak orang untuk mengetahui posisi terkini yang tepat sehingga mudah dijangkau dan diketahui sedang apa dan sama siapa.

    BalasHapus
  6. Wah baru tahu dengan aplikasi Jagat ini, kayaknya seru ya baca reviewnya, cocok banget buat teman saya yang LDR sama LDM, bisa kurekomendasikan ke mereka niy, dan ternyata bisa dipakai sama par apenjual juga ya, pas niy kalau tempat makan fav saya pindah jadi tahu

    BalasHapus
  7. Aplikasinya berapa MB ya? Menarik juga nih jadi tahu posisi org lain secara real time. Tapi kudu sama2 install aplIkasi Jagat ya? Misal suami dan istri.

    BalasHapus
  8. Wah ini aplikasi yang cocok untuk tracking keluarga ya. Soalnya ada kekhawatiran di masa depan untuk anak

    BalasHapus
  9. Wah baru tahu iniii, lucu juga yaah aplikasinya wkwk ada mapmapnya juga
    Serruu! Mau cobain juga ahh, buat temen yang terpisahkan jarak ratusan kilometer :')

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu aplikasi Jagat ini, Mbak. dan saya setuju, aplikasi itu diunduh dan dicoba dulu. Jadi tadi bagus tidak, cocok tidak dengan kita.
    Dan Aplikasi Jagat ini dari Hani bagus juga ya. Terus mendekatkan kita dengan orang-orang tersayang, termasuk bisa digunakan untuk pedagang yang berpindah-pindah.

    BalasHapus
  11. Wah kelebihan aplikasi jagat social map bagus banget ya. Bisa tahu real time di mana.pengen cobain juga, Kak

    BalasHapus
  12. Wah, aplikasi baru ya ini
    Namanya Indonesia banget
    Aku jadi penasaran sama aplikasi ini, cus mau download dulu H

    BalasHapus
  13. lumayan keren nih aplikasi. bisa sharelok posisi real-time. cocok buat pantau temen atau keluarga yang otw. dan bisa juga mutual sama temen yg gak kenal jadi bisa nambah temen di sekitar kita

    BalasHapus
  14. Wah ga bs nakal donk kalo pake apps ini. Soalnya hrs apa adanya. Ga boleh ditutup2in. Apalagi soal sharing location. Ga bs menipu lagi tuh. Haha.

    Tp buat menjalani hubungan yg trust, aplikasi ini keren bgt sih.

    BalasHapus
  15. hihi lucu juga ini, jadi pengen cobain apps jagat nya ^^ bisa untuk pantau2 dan hunting promo sekaligus x))

    BalasHapus
  16. wah jadi pengen coba nih, aku suruh pacarku download juga ah wkwk. ini inovasi yang bagus sih, bisa mempermudah juga

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)