nisaahani: blogger yang suka sharing review: Acara Komunitas Blogger Indonesia (BloggerDay 2024 Bersama Bloggercrony Community): Terus Bertumbuh, Bukan Blogger Sekadarnya

Senin, 04 Maret 2024

Acara Komunitas Blogger Indonesia (BloggerDay 2024 Bersama Bloggercrony Community): Terus Bertumbuh, Bukan Blogger Sekadarnya

Komunitas Blogger Indonesia

25 Februari lalu saya mengikuti acara BloggerDay 2024 bersama rekan-rekan blogger lainnya. Bisa mengikuti acara salah satu Komunitas Blogger Indonesia, tetap ngeblog untuk kesenangan dan memberi pengaruh berupa review atau pendapat, serta mendapat pundi-pundi uang dari blog bikin saya merasa bukan blogger sekedarnya (tergantung standar masing-masing ya).


Kenangan Ikut BloggerDay


Saya jadi teringat ketika pertama kali mengikuti acara tahunan ini. Waktu itu, saya masih newbie diantara blogger yang menjadikan blog sebagai salah satu penghasilannya. Saya dapat posisi duduk paling belakang, belum ada yang saya kenal kecuali kenalan saya di grup traveling yang ternyata peserta BloggerDay juga. Meski begitu, saya tetap menikmati acara. Kebetulan saya tipe yang gabung-gabung aja sih meski belum banyak kenalan. Hehe.

Salah satu yang saya ingat selain menunya (gak tau juga kenapa saya malah inget makanannya 😄), saya pengen banget jadi Most Wanted Blog Award. Jiwa kompetitif saya on fire banget waktu itu. Pengen jadi bukan blogger sekedarnya, tapi jadi top tier-nya di dunia blogger.

Lalu, tahun berikutnya saya kembali mengikuti acara BloggerDay. Kali ini tidak lagi duduk paling belakang, tapi duduk depan tengah. Spot kesukaan saya. Alhamdulillah peningkatan. Hahaha. Saya pun semakin aktif mengikuti acara, menyapa, dan mengobrol dengan peserta lainnya. Semaksimal mungkin memperluas networking dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Event blogger

BloggerDay 2024


BloggerDay 2024

Sayangnya di beberapa tahun berikutnya saya tidak mengikuti acara BloggerDay. Saya baru ikut kembali acara tahunan ini, di tahun 2024. Acara BloggerDay kali ini, yang diikuti oleh 100 blogger, berlokasi di Carro Square Pondok Indah Jakarta Selatan.

Buat yang belum tahu, Carro adalah marketplace otomotif terbesar di Asia Tenggara. Kita bisa menjual dan membeli mobil dengan proses yang mudah, nyaman dan transparan.

Carro Indonesia

So, buat kalian yang pengen punya mobil bekas like a new, bisa kunjungi Carro.id sekarang dan temukan mobil bagus layaknya baru! Karena di carro.id kita bisa menemukan beragam mobil #CarroCertified bagus layaknya baru yang siap langsung pakai, sudah dicek dan diperbaiki. Sehingga dipastikan kualitasnya seperti baru. Ditambah lagi ada garansi 12 bulan mesin dan transmisinya juga. Jadi gak perlu ribet, apalagi ragu.

Lanjut ke cerita acaranya ya. Jadi, BloggerDay mulai jam 9an, tapi dari jam 8an sudah ada yang datang. Pada semangat sekali memang. Saya jadi ikutan makin semangat!

Terlebih lagi pesertanya tidak hanya dari Jabodetabek saja, tapi juga dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bandung. Jadi kan senang ya bertemu rekan-rekan blogger yang jarang bertemu. Bahkan yang tadinya baru kenal lewat online saja, jadi bisa bertemu.

Bigbird

Mereka datang menggunakan Bigbird (layanan bus Bluebird) yang memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan. Sebab, armada Bluebird (termasuk Bigbird) sudah terstandardisasi SNI (Standar Nyaman Indonesia) karena pengemudinya profesional dan dapat diandalkan, armadanya aman dan nyaman, dan mudah diakses.

BloggerDay 2024 kegiatannya banyak, dari pagi sampai sore. Alhamdulillah pada tetap semangat. Apalagi ada kopi dari Ngafe.in Teras yang enak.

Kegiatannya ada Soft Launching 1st Book of Bloggercrony, serta ada BloggerHangout dengan materi Graphology, yaitu menilai keadaan dan kepribadian seseorang berdasarkan tulisan tangan atau tanda tangan. Lalu, ada BloggerView dari Carro Indonesia dan banyak kegiatan menarik lainnya.

Acaranya seru, bertabur insight baru, dan hadiah. Karena BloggerDay 2024 didukung Carro Indonesia serta co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF dan Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft.


History Sebagai Blogger


Curhat dikit ya. Sebenarnya saya sudah ngeblog dari saya masih sekolah. Saya terinspirasi membuat blog gara-gara baca majalah Bobo. Saya kan pengen juga ya dari menulis blog bisa masuk majalah. 😄

Saat itu, blog saya isinya pendapat pribadi dan share random. Lalu ketika kuliah, blog saya berisi cerita tentang kehidupan saya dan traveling. Sampai ada pembaca tahu saya yang mana, orang terdekat saya, kuliah saya dimana, dsb. Tahu detail gitu, meski belum pernah ketemu.

Dulu sih seru ya punya teman online yang tahu banyak hal tentang kita, belum ada rasa khawatir kenapa-napa. Malah pernah ada yang ngasih info kegiatan di kampus saya. Padahal saya yang kuliah di situ belum tahu. Hehe. Kalau sekarang mah demi keamanan berusaha jangan ada yang tau detail tentang saya.

Kemudian, ketika kerja saya mulai terinspirasi untuk mengkomersilkan blog saya dengan memfokuskan niche techno. Dengan tujuan biar dapat endorse gadget. Supaya punya hp dan laptop terbaru gratis dari ngeblog. 😄 Ditambah lagi bidang teknik salah satu bekal yang saya punya.

Eh, ketika saya mulai ngeblog dengan tujuan sebagai side job, orang-orang yang kenal saya dan sering menawarkan kerjasama malah nawarin saya kerjasama terkait beauty. Padahal saya kenal makeup saja ketika mau lulus kuliah. Habis itu pun tetap cuek bebek sama dunia kecantikan. (Mungkin faktor lingkungan) Tapi tak apa, mari dicoba~ Dan, alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih berkembang.

Saya memang merasa, saya bukan tipe yang takut mencoba sih. Bahkan, ketika ngeblog awal-awal itu, saya blog walking ke blog-blog yang kayaknya para suhu dan umur pemiliknya lebih tua dibanding saya. Padahal saat itu saya masih sekolah. Hahaha. Untung mereka welcome, blog walking balik, dan dari komennya sih open untuk berteman. Jadi saling blog walking gitu dan saling menaruh link blog di kolom list teman. 😄


Perjalanan Bersama Salah Satu Komunitas Blogger Indonesia: Bloggercrony Community


Sedangkan perkenalan dengan Bloggercrony Community tuh kalau tidak salah dari facebook. Saya yang lagi semangat-semangatnya mendalami dunia blogger untuk menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan bertemu dengan facebook Bloggercrony Community. Baru deh join grup wa-nya.

Bloggercrony Community yang kini sudah berusia 9 tahun (berdiri pada tanggal 24 Februari 2015), punya beberapa program. Dan, dari beberapa programnya, saya sudah pernah ikutan beberapa kali. Berikut ini program yang ada di Bloggercrony Community:
  • BloggerView: Program Bloggercrony Community bekerja sama dengan brand dan memilih member yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Kemudian, member tersebut akan membuat ulasan terkait acara di sosmednya.
  • BloggerCare: Program untuk membantu mereka yang terdampak bencana atau berduka. Jadi, Bloggercrony Community menggalang donasi dari para member dan menyalurkannya. Namun, Bloggercrony Community tidak hanya menerima donasi berbentuk uang, tapi juga donasi berupa tenaga, waktu, dan tulisan.
  • BloggerHangout: Program belajar atau kopdar untuk membahas mengenai terkait blogging dan hal lain yang menunjang sebagai digital creator. Supaya upgrade skill.
  • BloggerPreneur: Program Bloggercrony Community memfasilitasi blogger yang memiliki usaha atau bloggerpreneur, melalui workshop, kegiatan mandiri maupun partnership.

Dan, saat BloggerDay 2024 ada Soft Launching 1st Bloggercrony Book dengan judul Skena Blogger. Yang berisikan kumpulan cerita dari narasumber belasan blogger di seluruh Indonesia.

Hal lain yang suka dari bergabung dengan Bloggercrony Community adalah saya merasa berserikat, bukan hanya bekerjasama atau berteman. Yang mana menurut saya, pas dan profesional.

Salah satu momen yang saya ingat itu saat pihak Bloggercrony Community mengungkapkan pendapat para blogger ke client terkait SOW kerjasama. Padahal acaranya sudah berlangsung. Kan saya yang melihat hal tersebut merasa blogger tuh ada yang pasang badan dan dibela yekan. Ini mungkin bagi orang lain tidak terlalu penting, tapi untuk saya pribadi menimbulkan rasa percaya untuk bernaung.

Kegiatan dan kerjasama yang diterima serta dikelola Bloggercrony Community juga menurut saya bermanfaat, tidak memberatkan. Jadi hepi saat melakukannya juga. Sepantauan saya juga no bafer bafer club jika kita sedang tidak bisa ikutan kegiatannya.

Masuk ke dalam Komunitas Blogger Indonesia Bloggercrony Community juga bisa membantu saya untuk terus bertumbuh meningkatkan kualitas diri dan gali potensi diri. Sehingga bukan blogger sekedarnya, tapi menggunakan talenta yang ada untuk memberi arti kehidupan.


Bukan Blogger Sekedarnya


Kenal dengan dunia blogger lebih dalam membuat saya melihat aneka blogger. Yang menurut pendapat saya bebas sih mau ngapain juga, selama gak ganggu saya. Hehe.

Mau sekedar mendapatkan uang atau mendapat fasilitas produk dan jasa? Boleh. Mau berprinsip abcd? Boleh juga. Mau berkembang di bidang lain dan memutuskan pensiun dari blogger juga boleh. Terserah weh. Karena siapa saya menjudge orang lain. Kan tiap orang punya kebutuhan, keinginan, dan pengetahuan masing-masing.

Kalau saya sendiri berusaha tidak jadi blogger sekedarnya. Karena tetap ingin blog menjadi salah satu pendapatan saya dan harapannya bisa menjadi passive income saya, melalui adsense. Selain itu, saya merasa melalui blog saya bisa memberikan pengaruh baik ke orang lain dan ke diri saya sendiri. Lagipula jika bisa menjadi blogger yang spektakuler, kenapa harus menjadi blogger sekedarnya?

Tentu saya belum sempurna menjadi blogger, tapi berikut ini beberapa hal yang saya coba terapkan, supaya bisa terus bertumbuh menjadi kategori bukan blogger sekedarnya:

Intropeksi diri


Menggali potensi, kelebihan, dan kekurangan diri sendiri sebagai blogger. Lalu, tentukan mana yang mau diupgrade/perbaiki atau mesti diterima. Dan, usahakan jangan bertambah lagi kekurangannya. Misal, saya mesti lebih rajin update blog, mencoba mengirimkan ucapan minal aidin nanti di momen lebaran supaya lebih menjaga hubungan, atau saya harus mempertahankan bagaimana cara saya mereview.

Saat intropeksi diri juga perhatikan prioritasnya. Contoh, saya belum nemu caranya menampilkan banyak iklan, tapi tampilan blog saya di mobile tetap enak dilihat. Tentu saya harus memilih prioritas antara adsense atau tampilan jika dilihat mobile? Karena iklan di blog saya lumayan sering muncul di beberapa spot demi pendapatan adsense. Hehe.


Meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan menjaga hubungan


Selanjutnya meningkatkan pengetahuan yang dipunya, supaya semakin multitalenta. Karena orang berilmu bisa lebih bermanfaat untuk diri sendiri atau orang lain bukan?

Makanya itu, saya berusaha terus menimba ilmu dari banyak sumber selama itu baik, apalagi menunjang untuk dunia blogging dan konten saya lainnya. Pastinya saya juga pernah mengikuti program BloggerHangout di luar acara BloggerDay. Agar skill saya meningkat.

Ikut BloggerDay menurut saya salah satu cara untuk terus bertumbuh. Karena selain mendapat pengetahuan baru, bisa juga menjaga hubungan dan eksistensi diri di dunia blogger.

Baca juga: Belajar online


Memberi arti


Next, memberi arti untuk sesama. IMO, berbagi tuh gak mesti kita sudah punya sesuatu. Tapi, kalau berbagi ilmu sebaiknya memberi saat kita sudah punya kualitas pengetahuan yang bisa dibagi. Biar yang disharing tuh benar.

Walaupun kalau dipikir-pikir lagi, ini ada kaitan dengan kepercayaan diri juga sih. Ada yang pede merasa ilmunya sudah cukup, jadi sharing ke orang-orang, ada juga yang masih ngerasa kurang, jadi memilih diam.

Namun, kita bisa saja memberi arti dengan berbagi pendapat berdasarkan pemikiran dan pengalaman pribadi atau dari sumber terpercaya. Misal, memposting review produk atau tempat, supaya membantu penjualan. Atau ketika saya mendapat info dari narasumber di suatu acara, setelahnya saya share di blog dan sosmed saya. Jadi, meski saya belum ahlinya, tapi info yang saya dapat langsung dari ahlinya.


Penutup


Gitu sih kurang lebih sharing kali ini. Semoga kita semua bisa Grow and Give seperti tema BloggerDay 2024. Terus bertumbuh meningkatkan kualitas diri gali potensi diri, berbagi dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki, hidup memberi arti dari kompetensi yang dipunya, dan menjadi blogger yang multitalenta. Jadi bukan Blogger sekedarnya.


2 komentar:

  1. Hai Mba nisa ☺. aduuuh aku nyeseeel banget ga bisa ikutan acara BCC kemarin krn memang ada something yg ga mungkin ditinggalin. Padahal pas mba wawa DM saya ksh tahu ttg acara ini, saya sampe ngerasa ga enak ga bisa hadir.

    Makanya udah bertekad thn depan insyaallah diusahain deh. Udh tau juga tanggalnya kan.

    Sebagai blogger, blog kh itu udah kayak rumah . Yg hrs aku jaga dan rawat dengan tulisan baru. Krn memang dari dulu hobinya traveling, ya memilih niche itu. Lagian supaya aku ga lupa juga dengan pengalaman ku traveling 😄

    Aku juga berharap BCC bisa semakin kuat dan besar juga mensupport para bloggers Indonesia

    BalasHapus
  2. seseru itu kemarin waktu acara offline. Aku kemarin mau daftar mbak tapi takut ga keburu waktu pas kepulangannya, maklum stay di Jember, jadi dari Surabaya masih butuh waktu 4-5 jam lagi, sedangkan hari seninnya sudah harus ngantor
    semoga tahun depan bisa ikutan dan bertemu secara offline dengan temen-temen yang lain

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)