nisaahani: blogger yang suka sharing review: Ciri Pemimpin Bangsa Menurut Merry Riana

Sabtu, 13 Januari 2024

Ciri Pemimpin Bangsa Menurut Merry Riana

Ciri Pemimpin Bangsa
Sumber gambar: https://arsjadrasjid.com/merry-riana-beberkan-ciri-pemimpin-bangsa/

Wajar jika setiap orang punya pendapat masing-masing tentang ciri pemimpin bangsa yang ideal. Latar belakang kehidupan yang tak sama bisa membentuk pola pikir yang berbeda. Maklum jika punya standar sendiri karakter mana yang dirasa harus ada atau bisa dimaklumi dalam seorang pemimpin.

Podcast Friends of Merry Riana Bersama Bintang Tamu Arsjad Rasjid


Dalam podcastnya, Merry Riana memang suka menghadirkan sosok-sosok populer. Dan, baru-baru ini bintang tamunya adalah Arsjad Rasjid, seorang pengusaha, mentor, komisaris, punya beragam posisi di beberapa perusahaan bidang keuangan, media, dan teknologi, serta mempunyai jabatan lainnya yang saat ini sedang off sementara selama pemilu. Dalam bincang-bincang tersebut, mereka bertukar pemikiran tentang sosok pemimpin bangsa.

Bincang-bincang di awali dengan kisah Arsjad Rasjid yang terjun mendukung salah satu calon presiden, lalu dilanjut bahas tentang sosok pemimpin bangsa, terutama dalam sudut pandang dunia bisnis dan politik. Bahasan yang menarik, bisa menambah insight baru, terutama untuk para pengusaha.

Dari podcast tersebut, saya pun setuju jika ingin negara lebih maju, maka semua elemen masyarakat dan pemerintah melakukan kolaborasi jangka panjang yang saling menguntungkan. Selain itu, untuk membuat generasi muda tertarik dan peduli dengan politik, atau minimal timbul kesadaran untuk memilih pemimpinnya, harus diajarkan dengan baik. Sehingga, paham politik, meski tidak tertarik jadi politisi.

Saya juga setuju jika siapapun presidennya nanti mesti memberi rasa kedamaian, kesejahteraan, kemakmuran, adanya rasa kepercayaan, saling menghargai, dsb. Pokoknya yang memberikan energi positif.

Ciri Pemimpin Bangsa Menurut Merry Riana, selaku Public Figure yang Terkenal sebagai Motivator


Berdasarkan podcast di channel youtubenya, Merry Riana, seorang pengusaha dan motivator yang pernah punya acara sendiri di salah satu channel tv ini membeberkan 3 ciri pemimpin bangsa versinya. Berikut ini pemimpin idaman menurut wanita yang kerap memberi motivasi dan inspirasi untuk optimis mencapai kesuksesan:

  • Wisdom/Kebijaksanaan


Selain cerdas dan pintar, diharapkan pemimpin memiliki sifat bijak untuk mendengarkan setiap masukan sebelum memberikan keputusan yang baik bagi negara. Karena mungkin akan dikeliling orang pintar lainnya, wanita berdarah Tionghoa-Indonesia tersebut berharap pemimpin mampu mengolah setiap masukan untuk menjadi pembanding dan memberi keputusan yang matang.

  • Punya Hati untuk Rakyat


Kedua, ciri pemimpin bangsa menurut Merry Riana adalah sesorang yang harus bisa mencurahkan perhatiannya untuk rakyat dan mengedepankan kepentingan bangsa. Jiwa raganya untuk kepentingan bersama. Sehingga mampu membuat keputusan yang holistik/menguntungkan seluruh aspek untuk rakyat.

  • Menegakan Keadilan, Tahu Mana yang Benar dan Mana yang Salah


Menurut penulis buku, ‘Million Dollar Dream: An Inspiring True Story about a Poor Student who Struggled Financially Until She Achieved Her First Million Dollar at the Age of 26!’, ciri pemimpin bangsa harus tahu mana yang benar dan mana yang salah, punya hubungan yang baik, dan awareness bahwa kekuasaan bukan segalanya, kepemimpinannya sekarang hanya titipan.

Lalu, wanita kelahiran Jakarta, 43 tahun lalu ini berharap pemimpin bangsa selalu punya hubungan yang dekat dan menjalankan perintah Tuhannya. Hmmm... menarik ya pendapatnya. Kalau kalian punya syarat tertentu kah untuk pemimpin bangsa yang menahkodai pemerintahan Indonesia berikutnya?

Apapun syarat pemimpin ideal menurut kalian, yuk, mari saling menghargai pendapat satu sama lain. Kalaupun ingin mempengaruhi calon kandidat yang memiliki ciri pemimpin bangsa yang menurut kalian paling ideal, tolong sampaikan dengan baik-baik ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)