nisaahani: blogger yang suka sharing review: INSTO DRY EYES: Bantu Mengatasi Gejala Mata Kering pada Orang yang Sulit Lepas Gadget

Jumat, 12 Januari 2024

INSTO DRY EYES: Bantu Mengatasi Gejala Mata Kering pada Orang yang Sulit Lepas Gadget

INSTO DRY EYES
INSTO DRY EYES

Buat kalian-kalian yang sulit lepas gadget, entah karena tuntutan pekerjaan atau memang suka aja berkegiatan di gadget, bahkan sampai bikin timbul gejala mata kering, berarti pas nih kalau saya rekomendasiin tetes mata INSTO DRY EYES. Karena mengandung bahan aktif yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering dan dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Marathon Nonton/Binge Watching


Apabila mata kering tidak diatasi
Sumber foto: Instagram @_andy_er , @inayommi , dan cuplikan di Exchange 2

Siapa yang suka maraton nonton series atau menghabiskan waktu dengan nonton terus menerus dalam jangka waktu tertentu? Nah, itu yang saya lakukan libur akhir tahun kemarin. 😄 Saya nonton film korea Honest Candidate 2 dan maraton nonton Exchange Session 2 atau dikenal juga dengan judul Transit Love 2.

Fyi, Exchange/Transit Love adalah reality show beberapa pasang mantan kekasih yang dipertemukan kembali dan dikumpulkan dalam satu rumah dalam beberapa minggu, lalu endingnya mereka harus memilih balikan atau dengan pasangan baru. Acara ini cukup populer di Korea sana. Mungkin karena drama yang ditampilkan lebih riil kali ya.

Kalau saya sih tertarik nonton gara-gara ada yang bilang Nam Hee Doo (salah satu cast Exchange 2) mirip idol boyband kesukaan saya saat ini, yaitu S.coups Seventeen dan ending-nya di real life balikan sama mantannya, yaitu Lee Na Yeon. Bahkan setelahnya saya nontonin vlog youtube mereka. Karena ternyata seru juga nontonin orang bucin. Hahaha. Apalagi mereka pasangan atlet dan penyiar, suatu kombinasi yang bikin penasaran, senyam senyum, dan gemasss. 😄

Kira-kira butuh waktu 2 atau 3 hari gitu untuk saya menamatkannya. Lupa sih. Tapi memang untuk Exchange 2 tidak saya tonton semua dengan khusyuk. Ada banyak yang saya percepat. Dari 21 episode, saya pilih yang seru atau yang ada pasangan jagoan saya saja.


Salah Satu Penyebab Mata Kering: Terlalu Lama Menatap Layar


Aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering
Aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering

Biasanya menatap layar gadget buat kerjaan, eh libur malah maraton nonton. Haha. Serupa tapi tak sama. Alias menatap layar juga, cuma beda tujuan. 😄

Padahal terlalu lama menatap layar adalah salah satu penyebab mata kering, loh. Berikut ini aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering yang mungkin dilakukan dalam kehidupan sehari-hari:
  • Menatap layar laptop/tv/smartphone atau perangkat digital lainnya dalam waktu lama.
  • Membaca buku dalam waktu lama.
  • Mengemudi atau berkendara jarak jauh.
  • Beraktivitas di bawah sengatan sinar matahari dalam waktu lama.
  • Beraktivitas di tempat yang terdapat asap, debu atau polusi.
  • Tidur menggunakan kipas angin/AC yang manter bener ke arah kita.
  • dll


Banyak hal lain sebenarnya yang berpotensi terjadinya gejala mata kering, seperti:
  • Menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu panjang.
  • Jarang berkedip.
  • Dehidrasi.
  • Penguapan air mata yang berlebih.
  • Tidur tapi kelopak matanya tidak tertutup dengan sempurna (nocturnal lagophthalmos).
  • Perubahan hormon yang biasanya muncul pada wanita yang sedang hamil, sedang mengonsumsi pil KB, menopause, atau kondisi lain yang menyebabkan hormon terganggu.
  • Faktor genetik.
  • Usia.
  • Terjadi kerusakan pada kelenjar air mata atau bisa pula disebabkan penggunaan obat tertentu.
  • Kondisi medis tertentu, seperti penyakit autoimun, penyakit lupus, rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis, dan xerophtalmia.
  • Hal lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya kerja kelenjar lakrimal dan membuat produksi air mata berkurang.

Kenali Gejala Mata Kering: Mata Pegal, Mata Sepet, Mata Kering


Gejala mata kering
Gejala mata kering

Terlepas dari faktor bawaan atau sakit, memang sih ya terkadang saking fokus atau asiknya melakukan sesuatu jadi lupa waktu, bahkan jadi jarang berkedip. Padahal berkedip adalah salah satu proses alami untuk melembabkan permukaan mata dan menjaga ketajaman penglihatan.

Jika kurang berkedip memungkinkan mata terasa sepet, kering, dan perih. Efek mata terasa tidak nyaman bisa mengganggu saat berkegiatan. Kan meski cuma nonton series kesukaan, sebisa mungkin tetap nyaman. Hehe. Setelahnya juga sebaiknya pikiran jadi lebih rileks, bukan malah jadi sepet matanya.

Jangan sampai deh timbul ciri-ciri gejala mata kering berikut ini:
  • Penglihatan buram dan mata terasa kering.
  • Mata sepet, mata perih, mata pegal, panas, gatal atau seperti berpasir.
  • Mata terasa cepat lelah.
  • Mata menjadi lebih sensitif ketika kena cahaya terang.


Bahaya Mata Kering Jika Tidak Diatasi


Jika mata sepet terasa kering, jangan dianggap sepele! Karena apabila mata kering tidak diatasi dengan baik bisa mengganggu aktivitas, bahkan untuk kesehatan mata kedepannya.

No banget dah kalau sampai gejala mata kering beresiko jadi drama. Apalagi saya tipe malas jika diribetin karena sesuatu kekurangan dan berusaha menjadi SDM yang berkualitas tinggi. Asek. Hahaha.😎 Oleh karena itu, sebisa mungkin saya selalu berusaha jaga kesehatan mata dan hindari yang bisa menyebabkan terjadi gejala mata kering.

Tips Mengatasi Mata Kering


Tips mata kering
Tips mata kering

Btw, beberapa bulan lalu saya ke klinik mata untuk pemeriksaan mata lengkap. [Kontennya sudah ada di youtube dan instagram nisaahani] Jadi mungkin beberapa info yang saya dapat selain dari baca-baca bisa bermanfaat.

Well, gak usah diragukan lagi Tuhan memang Maha Pencipta Yang Sempurna. Karena air mata yang sudah diciptakan dari sananya yang terdiri dari lapisan air, lemak/lipid, dan lendir/mucin itu mempunyai fungsi masing-masing. Tidak hanya mengeluarkan air mata saat menangis, melainkan juga untuk hal-hal berikut ini:
  • Membantu melindungi kornea mata
  • Mencegah atau menghilangkan debu dari mata
  • Melindungi mata dari mikroorganisme penyebab infeksi
  • Menyediakan oksigen
  • Memberikan nutrisi
  • Menenangkan mata
  • Menjaga permukaan mata agar tetap lembab

Oleh sebab itu, kita harus menjaga kesehatan mata dan kelenjar air mata berfungsi dengan baik. Supaya gangguan pada mata tidak terjadi, terhindar dari produksi air mata yang kurang, air mata yang cepat menguap, atau komposisi air mata yang tidak seimbang. Karena jika itu terjadi, kemungkinan mata bisa mengalami gejala mata kering.

Mata pegal jangan mengucek mata, melainkan sebaiknya lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi dan menghindari mata kering:

  • Berkedip


Sebab, dengan berkedip atau menggerakan kelopak mata, akan mendapat manfaat sebagai berikut:
  • Air mata akan membasahi permukaan mata
  • Memberi jeda sejenak sehingga bisa meredakan ketegangan
  • Melindungi mata dari cahaya berlebihan masuk ke mata
  • Membersihkan mata dari debu, kotoran, atau benda asing yang masuk ke mata tanpa sengaja

  • Istirahatkan Mata


Saya pernah dapat info dari acara yang diselenggarakan Kemenkes. Di situ kita diajarkan untuk membiasakan diri jika sudah 20 menit menatap yang dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh minimal 20 detik.

Saat berkegiatan juga usahakan ada jeda, tidak terus menerus. Misal: jika dalam durasi 1 jam sudah menatap gadget, sebaiknya istirahat mata dengan tidak menatap layar gadget minimal selama 10 menit.

  • Sesuaikan Pencahayaan Ruangan


Selalu usahakan pencahayaan ruangan di kondisi terang yang cukup saat menatap gadget dalam waktu lama, supaya lebih nyaman.

  • Bersihkan Area Sekitar Mata


Bisa dengan membersihkan mata dengan air dingin, hangat atau cairan steril khusus untuk membersihkan mata. Mulai dari kelopak mata bagian atas, bawah, dan ujung mata. Agar area sekitar mata bersih dan tidak membuat kotoran mata masuk kembali ke mata. Atau bisa sekalian cuci muka.

  • Olahraga/Relaksasi Mata


Ternyata, tidak hanya anggota tubuh lainnya yang mesti olahraga, mata juga. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa dilakukan kapanpun agar mata tetap sehat:
  1. Tutup mata.
  2. Gerakkan bola mata ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan.
  3. Lalu, buka mata selebar mungkin dengan cepat. Ulangi gerakan ini hingga 3x.
  4. Kemudian, ambil pulpen dan pegang pulpen di depan mata dengan posisi vertikal.
  5. Gerakkan pulpen ke kanan dan kiri diikuti gerakan mata yang fokus pada ujung pulpen.

  • Kompres Mata


Dengan cara:
  1. Ambil handuk atau kain bersih
  2. Rendam dalam air hangat
  3. Kompreskan pada mata yang kering sambil ditekan-tekan lembut
  4. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai mata kembali terasa nyaman

Bisa juga mengompres mata dengan 2 kantong teh celup. Caranya:
  1. Seduh 2 kantong teh celup dalam secangkir air panas
  2. Tunggu selama 5 menit
  3. Peras kelebihan air pada kantong teh
  4. Simpan kedua kantong teh di lemari es selama 10 menit
  5. Setelah kantong teh celup dingin, kompreskan pada mata yang tertutup dan diamkan kurang lebih 5 menit
  6. Ulangi sampai mata terasa segar

Atau bisa juga mengompres mata menggunakan irisan mentimun, kentang atau bengkoang yang sudah didiamkan di lemari es selama 15-20 menit. Karena selain mata bisa lebih segar, klaimnya bisa juga membantu mencerahkan area mata, mengurangi bengkak, dan kelelahan pada mata.


  • Segera Pindah/Hindari Tempat yang Bisa Memicu Mata Kering dan Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan


Memang sih Indonesia mendapatkan peringkat ke-17 dunia sebagai negara berpolusi tinggi dan berada di peringkat satu untuk wilayah Asia Tenggara berdasarkan Laporan Kualitas Udara Dunia IQAir 2021 yang dirilis pada bulan Maret 2022. Tapi kita bisa hindari dengan langsung pindah ke tempat yang sirkulasi udaranya lebih bersih, minim dari hal yang bikin mata kering.

Lakukan juga kegiatan penghijauan dan mengurangi berkendara menggunakan transportasi pribadi, supaya udara lebih baik. Dan, jangan lupa menjaga kebersihan lingkungan dan jaga kebersihan kacamata jika menggunakannya.

  • Tidak Begadang, Konsumsi Sayur dan Buah yang Kaya Akan Vitamin A


Pola hidup dan makan sehat serta tidur yang teratur memang bermanfaat banget, termasuk untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, terapkan healthy lifestyle dan tidak lupa makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, tomat, pisang, sayuran hijau, pepaya, mangga, serta jenis sayuran dan buah-buahan lainnya. Ikan juga jangan lupa. Karena  terdapat kandungan omega-3 yang bagus untuk mengatasi gejala mata kering. Bismillah bisa membantu mata tetap sehat, segar, bercahaya, dan tidak mudah mengalami mata kering.

  • Terhidrasi dengan Baik


Biasakan juga mengonsumsi air putih 8-10 gelas/hari atau sesuai kebutuhan yang dianjurkan dokter untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan terhindar dari dehidrasi.

  • Gunakan Obat Tetes Mata


Solusi mata kering lainnya adalah gunakan obat tetes mata bila perlu. Karena sama seperti kulit kering yang bisa kembali lembab dengan lotion, katanya mata kering juga bisa kembali normal salah satunya dengan bantuan obat tetes mata. Pakai yang mengandung air mata buatan ya.

INSTO DRY EYES Sebagai Solusi Mata Kering


INSTO DRY EYES
INSTO DRY EYES

Tetes mata tuh identik dengan Insto gak sih? Menurut saya sih iya. Hehe. Karena produknya aman, mudah didapatkan, harganya terjangkau pula. Makanya itu, salah satu #SolusiMataKering adalah menggunakan obat mata kering merk Insto.

Insto sendiri punya beberapa varian, yaitu:
  • Insto Regular untuk atasi mata merah
  • Insto Cool yang mempunyai sensasi dingin bikin seger
  • Insto Biru atau #InstoDryEyes untuk mengatasi mata kering dan lelah

Pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika timbul gejala mata kering, seperti mata terasa sepet dan perih gunakan INSTO DRY EYES. Karena mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg, yaitu bahan aktif yang bisa memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering dan dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Cara Pakai Tetes Mata


  1. Bersihkan tangan.
  2. Lepaskan lensa kontak jika menggunakannya.
  3. Teteskan obat mata kering 1-2x tetes pada setiap mata.
  4. Jika ingin menggunakan lensa kontak, gunakan minimal 15 (lima belas) menit setelah obat diteteskan.
  5. Jangan digunakan rutin jangka panjang.
  6. Jangan digunakan apabila larutan berubah warna.

INSTO DRY EYES tersedia dalam ukuran 7,5ml dan bisa mudah didapatkan secara offline di toko-toko terdekat maupun online di e-commerce seperti tokopedia atau shopee seharga Rp 17.050,-.


Penutup: Sayangi Mata, Jangan Sampai Terjadi Hal Buruk atau Terjadi Gejala Mata Kering


bebas drama mata kering
Bebas drama mata kering

Gadget memang sekarang jadi partner sehari-hari, terutama untuk si Digital Savvy, baik untuk bekerja maupun hiburan. Karena jika digunakan dengan bijak banyak kesempatan baik dan hiburan yang tersedia melalui gadget. Tapi jangan sampai merugikan diri sendiri. Sebab indera penglihatan sangat penting.

Mari jaga mata tetap sehat, segar, jernih, supaya bisa bekerja dan berkarya dengan lebih produktif. (Ini bukan hanya nasihat untuk pembaca, tapi juga untuk saya sendiri sih. 😄). Pokoknya jangan sampai terjadi gejala mata kering bikin drama! Lagian kan mata yang sehat bisa membuat kita menikmati hidup dengan lebih baik. Iye gak?

Yak, kurang lebih segitu dulu sharing kali ini, semoga info dan tips mengatasi mata kering bisa bermanfaat. Cus segera dipraktekan dan dibiasakan ya tips-tipsnya. Dan, jika mata masih terasa kering bikin tidak nyaman, apalagi sampai menimbulkan drama, selain menggunakan INSTO DRY EYES, bisa segera konsultasikan ke dokter ya!

Referensi:

  • https://insto.co.id/eyeducation/kamu-suka-melakukan-aktivitas-ini-hati-hati-bisa-bikin-mata-kamu-kering
  • https://insto.co.id/news-update/pas-bangun-tidur-mata-terasa-kering-kenapa-ya
  • https://insto.co.id/eyeducation/jangan-dikucek-kenali-bedanya-gejala-mata-kering-dan-mata-merah
  • https://insto.co.id/interactive/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)