nisaahani: blogger yang suka sharing review: Berikut Ini adalah Ciri-Ciri Alpha Female, Kamu Kah Itu?

Minggu, 14 Januari 2024

Berikut Ini adalah Ciri-Ciri Alpha Female, Kamu Kah Itu?

Alpha female adalah

Alpha female adalah sebutan untuk perempuan yang mempunyai aura pemimpin yang tinggi, mendominasi, bisa mengendalikan orang sekitar, dan untuk beberapa orang akan timbul rasa terintimidasi atau malah kagum. Biasanya alpha female mempunyai visi misi yang baik dan jelas, percaya diri, mandiri, berkompeten, berwibawa, tegas, tidak menunjukan rasa takutnya. Itu menurut saya, kalau menurut kamu bagaimana?

Btw, karena istilah alpha female sedang booming, makanya, kali ini saya tertarik bahas hal tersebut berdasarkan yang saya pahami dari berbagai sumber, salah satunya dari beranda.co.id, yaitu portal berita online yang konsisten menyajikan berita terkini dari berbagai bidang untuk Gen Z dan Milenial, seperti tentang dunia bisnis, wirausaha, entertainment, politik, teknologi, gaya hidup dsb. So, cekidot!

Ciri-Ciri Alpha Female


Cara mudah mengetahui kamu alpha female atau bukan, bisa dengan menjawab pertanyaan ini: pernah tidak tertarik untuk memimpin dalam suatu kegiatan dan orang lain membiarkan kamu memimpin mereka? Kalau jawabannya iya, mungkin kamu termasuk alpha female! 😄 Kalau belum, ya gak apa, mari kita latih. Karena biasanya alpha female punya ciri-ciri berikut ini:

  • Mempersiapkan Segala Sesuatu dengan Baik


Setiap hari dilalui dengan hebat dan tidak membiarkan waktu begitu saja dengan hal yang tidak bermanfaat. Merencanakan kegiatan-kegiatan yang mendekati tujuan hidupnya.

  • Mau Berkembang Jadi Lebih Baik


Berani mengambil segala resiko jika menginginkan sesuatu selama itu tidak melanggar norma yang ada dan tidak takut mencoba hal baru. Mau berkembang, mau belajar, pola pikirnya tidak stuck.

  • Tahu Dirinya Berharga


Self love yang tinggi. Karena tahu bahwa dirinya berharga, berhak berbahagia dan diutamakan dalam hal apapun selama tidak mengganggu orang lain.

  • Percaya Diri


Percaya bahwa dirinya mampu mengendalikan hidupnya dengan baik, bersyukur dengan keadaannya, dan fokus dengan kelebihannya. Serta, tidak masalah jika dipercaya untuk tampil dan memimpin.

  • Berambisi untuk Mewujudkan Keinginan


Semua orang sepertinya punya ambisi masing-masing, yang membedakan adalah apakah ingin diperjuangkan? Karena ada yang memilih diam mengikuti arus atau berusaha mewujudkannya.

  • Mandiri


Tidak menggantungkan diri pada orang lain, baik itu perasaan atau saat berkegiatan. Berani melakukan semua sendiri.

  • Pintar dan Berkompeten


Cerdas dan handal, serta pandai mengelola emosi. Tidak harus bergelar pendidikan yang tinggi, tapi berkompeten dalam bidang yang dikuasainya atau malah banyak bidang sekaligus.

  • Teguh Pendirian


Semakin orang paham dan berpengalaman di suatu bidang, biasanya akan membuat pakem tertentu dan berusaha berpegang teguh atas pendiriannya. Karena merasa itu hal yang tepat untuk diperjuangkan.

  • Mampu Berkomunikasi, Bernegosiasi, dan Berbicara Didepan Umum dengan Baik


Meski ada beberapa orang pintar kerja, tapi kaga jago ngomong. Namun, alpha female tuh karena punya ambisi yang kuat terhadap sesuatu serta paham kalau yang diperjuangkan itu baik, akan dengan sendirinya melontarkan pendapatnya dan mengkomunikasikan dengan orang lain tentang keinginannya.

  • Mempunyai Problem Solving Skill yang Baik


Terlepas dari apapun masalahnya, alpha female biasanya terlihat beda dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Meski berada di fase kritis, tetap berusaha bijaksana, lebih mengutamakan menyelesaikan masalah atau apa yang perlu diselesaikan dibanding menyalahkan orang lain apalagi keadaan, serta mampu membereskan konflik dengan cepat dan tepat.

  • Bisa Dipercaya dan Diandalkan


IMO, biasanya orang mempercayakan seseorang untuk menjadi pemimpin itu karena dirasa orang yang dipilih tersebut bisa diandalkan. Dipercaya bisa membawa ke tujuan. Begitulah salah satu ciri alpha female.

  • Mampu Mempengaruhi Orang Lain


Dengan karakter dan kemampuannya, alpha female bisa mempengaruhi orang lain meski tanpa menyuruh atau memerintah dengan kasar/kekerasan. Orang lain bisa tunduk mengikuti perintahnya.

Kelemahan Alpha Female


Namanya juga manusia, ada saja kekurangannya, termasuk pada alpha female. Biasanya alpha female terkesan sombong dan arogan. Sikapnya yang dingin dan fokus akan tujuan mungkin akan terasa kurang peduli atau terkesan meremehkan terhadap masalah orang lain yang tidak terkait goals-nya.

Selain itu, cenderung perfeksionis, idealis dan independensinya kadang ketinggian, merasa tidak perlu orang lain untuk menyempurnakan dirinya. Sehingga bisa menimbulkan rasa resah dan gusar akan suatu hasil pekerjaan, terus kemungkinan akan ada rasa sepi. Karena lingkungannya jadi terbatas pada hal-hal yang alpha female tertarik atau merasa sesuai dengan tujuannya.

Penutup


Well, apakah alpha female sesuatu hal yang baik? Ya, menurut saya baik-baik aja sih. Malah keren banget! Coba saja lihat Najwa Shihab, Sri Mulyani atau Susi Pudjiastuti, mereka terlihat alpha female sekali bukan?

Alpha female juga kan beda sama bossy atau yang nyuruh-nyuruh doang. Jadi tetap nyaman diantara orang lain, baik itu perempuan maupun laki-laki, malah akan timbul rasa secure. Toh, pria yang dewasa akan paham, mampu menempatkan diri, dan tidak akan terintimidasi. 

Lalu, apakah kita harus menjadi alpha female? Tentu tidak harus ya. Karena karakter orang bisa beda-beda. Selama tidak jahat dan tidak merugikan orang lain, kita semua bisa tetap mempesona meski bukan alpha female.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)