nisaahani: Soal Telekomunikasi: Twisted pair cable

Jumat, 01 Juli 2016

Soal Telekomunikasi: Twisted pair cable

Hulalalahula…

Berikut ini lanjutan soal dari sebelumnya.

Transmisi yang terdiri dari 2 buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan mengurangi interferensi elektro magnetik dari luar, adalah pengertian dari...

A. Single mode
B. Satelit
C. Optical media
D. Twisted pair cable
E. Coaxial cable

Jawabannya: D. Twisted pair cable

Teori tambahan:

Ada dua macam Twisted Pair Cable, yaitu:

  1. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) yang merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. Kabel ini berisi dua pasang kabel (empat kabel) yang setiap pasang di pilin. Kabel STP lebih tahan terhadap gangguan yang disebabkan posisi kabel yang tertekuk. Pada kabel STP attenuasi akan meningkat pada frekuensi tinggi sehingga menimbulkan crosstalk dan sinyal noise.

  2. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer. Kabel ini berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya dipilin (twisted). Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded). Kabel UTP mudah dipasang, ukurannya kecil, dan harganya lebih murah dibandingkan jenis media lainnya. Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensi elektris yang berasal dari media di sekelilingnya.
Jika membahas Twisted pair cable, akan dikaitkan dengan Media Transmisi. Karena memang itu termasuk media transmisi. Penjelasan ada disini.

Salam,



Hani, ahli perkabelan. Haha.

sumber: www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)