nisaahani: Teori: Perbedaan TV Satelit dan TV Kabel

Selasa, 07 Februari 2017

Teori: Perbedaan TV Satelit dan TV Kabel

Hulalalahula…

Hani lagi belajar TV Satelit nih. Biar nggak gampang lupa. Share disini juga. Yuk, sama-sama belajar. ^^




TV Kabel dan TV Satelit, keduanya adalah TV berbayar, namun apa perbedaan kedua jenis layanan TV tersebut?

Paket TV Kabel berlangganan mulai menjadi tren dalam kehidupan masyarakat perkotaan sekarang. Mulai dari minimnya jumlah tayangan yang ditayangkan oleh siaran lokal, kualitas acara yang kurang menarik, hingga keinginan untuk mendapatkan hiburan kelas dunia dari berbagai channel luar negeri, adalah alasan masyarakat perkotaan saat menggunakan TV berbayar.

Dari jenisnya, TV berbayar terbagi menjadi dua, yaitu TV kabel dan TV satelit. Setiap jenis mempunyai mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing sesuai dengan kebutuhan masing – masing. Jadi apa perbedaan TV kabel dan Tv Satelit?

Alat yang Digunakan

TV kabel hanya membutuhkan kabel coaxial dan receiver digital untuk menampilkan jaringan analog dan digital. Sedangkan TV satelit membutuhkan receiver digital dan antena parabola untuk menangkap jaringan digital dari satelit.

Jangkauan Area

Pada masalah jangkauan area, TV satelit unggul karena menggunakan antena parabola sehingga dapat menjangkau area yang lebih luas karena menggunakan satelit untuk memancarkan sinyal. TV kabel biasanya hanya tersedia di daerah tertentu berdekatan dengan pusat kantor TV kabel tersebut dan apabila daerah baru biasanya provider TV kabel akan melakukan survei terlebih dahulu sebelum memutuskan memberikan layanan di area tersebut.

Kualitas Sinyal

Dari segi kualitas sinyal TV satelit sedikit lebih unggul karena menggunakan sinyal digital sedangkan TV kabel menggunakan gabungan dari sinyal analog dan digital. Karena itulah, untuk urusan gambar, TV satelit akan sedikit memiliki gambar lebih jernih.

Jumlah Channel

TV kabel mampu memberikan tayangan 300 channel dengan kualitas yang tidak merata karena gabungan dari sinyal analog dan digital sedangkan TV satelit mampu menayangkan 250 channel dan bisa bertambah sesuai dengan transponder satelit.

Harga 

Dari segi harga biasanya tv satelit sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan TV kabel tetapi dengan ketatnya persaingan tv satelit dengan tv kabel maka tv satelit mulai memberikan paket – paket penawaran yang cukup kompetitif dari segi harga.

Dengan berbagai keuntungan dan kerugian dari masing – masing jenis TV berbayar, keputusan akhir berada di tangan Anda sebagai para pengguna TV berbayar. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda dengan paket yang ditawarkan TV kabel maupun TV satelit.

Sumber

Salam,



Hani, yang mempelajari lagi TV digital

4 komentar:

  1. Oh gitu. Baru tau kalo TV Satelit ternyata lebih keren dari TV Kabel. Boleh juga nanti dicoba pas udah berumah tangga. Nice info han :)

    BalasHapus
  2. alhamduillah aku pemakai antena parabola dan pernah merasakan mendapatkan siaran siaran luar negeri. kalau mau nonton tv luar negeri

    ambil contoh amerika maka arahkan antena parabola ke satelit milik amerika gitu.

    oh iya hani pintar ya

    seorang pakar gitu hahaha

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)