Jumat, 25 Januari 2019

Resolusi 2019: Menjalani 5 Lifestyle Baru yang Kece

Hulalalahula...


Padahal ya, di ig bilang, kaga mau share resolusi 2019. Eh, malah share di blogBaeqlah... namanya juga manusia. Huft. Dan karena alasan manusia pula, akutu banyak keinginan. Alhamdulillah-nya mau berusaha. Jadi masih bisa di maklumi lah ya. Haha. Pembelaan diri.

Nah, salah satu target di tahun ini adalah menerapkan beberapa lifestyle kece. Tidak, tidak ada yang salah dengan gaya hidup diriku. Cuma mau di tingkatin aja. Biar makin cetar ulala.

Kalau selama ini sudah menerapkan lifestyleno ngutang nan apa adanya, go green, dan minimalist. Walau pas di kaji ulang, ternyata masih banyak milih-milihnya. (Untuk lifestyle go green dan minimalist sepertinya akan diceritakan lebih banyak di post selanjutnya)

Tapi Alhamdulillah-nya, lifestyle no hutang dan apa adanya masih bertahan dan gak ada excuse apa-apa. Jika kepengen beli rumah, mobil, motor, hp dll, ya kalo ada budget-nya ya beli, gak ada ya nabung. Alhamdulillah ya Allah. Ini wajib kudu harus dipertahankan banget.


The next lifestyle targets


Ternyata eh ternyata, di dunia ini masih banyaknya lifestyle kece lainnya yang tentunya bikin tergiur untuk diterapkan. Seperti, Islam lifestyle, business lifestyle atau anak sholehah lifestyle.

Emang itu hanya penyebutan diriku saja. Tapi intinya masih banyak lifestyle lain yang kayanya bagus untuk diterapkan.

Dan, apa aja sih resolusi 2019 seorang nisaahani yang berkaitan dengan lifestyle?

1. Health lifestyle


Walaupun berguru pada internet dan udah modal matras (yang mana dulu selama setahunan matrasnya malah cuma jadi alas duduk). Di tahun ini, bismillah mau lebih rutin olahraga. Beneran sama gurunya langsung.


Karena pas nyoba beneran sama ahlinya, beneran kerasa banget khasiatnya. Kan beberapa bulan lalu, punggung saya terkadang sakit. Eh, abis olahraga sama trainer di dunia nyata, yang benerin gerakan kita jika salah, alhamdulillah hilang sakit punggungnya.



(foto dari fanspage yogayogi Tangerang dan di edit lagi oleh nisaahani. Cie olahraganya di foto-foto. Can you find me? Hihi)

Selain olahraga, tahun ini mau benerin pola makan. Sudah liat kan muka pas jerawatan? Nah, sekarang lagi nerapin minim mengkonsumsi nasi dan gula. Sebenernya bukan hanya karena jerawat atau diet. Tapi pengen jauh lebih sehat. Tubuh titipan, oleh karena itu, mesti di jaga dan rawat dengan baik.

Beneran deh, nasi itu bisa ngurangin berat badan. Tahun lalu kan diriku terserang kurang minat makan nasi, keseringan makan junk food, ngemil sering tapi dikit karena gampang kenyang, dan akhirnya berdampak ke berat badan. Tadinya berat badan hampir 50an, jadi tinggal 42 atau 43 gitu. Dahsyat. Tapi tau itu terlalu ekstrim. Sangat tidak sehat. Jadinya sekarang walaupun mengurangi nasi, tapi lauknya makin banyak. Haha.


Mulai tahun lalu juga, nerapin minum jus hampir tiap hari. Bisa liat di twitterakutu hampir tiap hari jus wortel tanpa ampas. Dan alhamdulillah matanya kaga nambah minus maupun silendernya. Namun, kalo dulu hanya tanpa ampas, sekarang ini tambah tanpa gula. Kalaupun pakai gula, cuma dikit banget. Bener-bener ngurangin gula.


2. Islam lifestyle


Perbanyak ilmu agama dan beradab sesuai dengan adab di Islam. Sesimpel mau makan bismillah, lalu pas sudah selesai alhamdulillah. Sholat 5 waktu tepat waktu, di tambah sholat sunnah, dan masih banyak lainnya.


Agak segan share banyak, karena beberapa orang kalo liat bebau agama, reaksinya sama kaya liat politik. Bawaannya udah alergi aja. Ditambah lagi belum siap kalo di hakimin orang. Jadi, cuma minta tolong di doain aja. Mungkin di masa lalu ada salah, bahkan mungkin sedetik lalu masih salah. But, please forgive me and di doain kedepannya tidak di ulangin lagi. Dan tolong, jangan kaitin agama sama tindakan saya yang di rasa salah. Kalau salah, itu murni dari saya pribadi.


3. Anak sholehah lifestyle


Coba bayangin, kalau sebulan lagi, dirimu udah jarang ketemu ortu?


Tentunya pengen melakukan yang terbaik kan? Mungkin di pekerjaan atau untuk diri sendiri, kamu selalu melakukan yang terbaik. Tapi untuk orang tua, sudah melakukan yang terbaik belum?


Mungkin selama ini udah nurut terus sama ortu, tapi udah berusaha lebih perhatian belum sama mereka di tengah kerja keras bagai qooda? Udah nanya mereka ngapain aja hari ini? Lagi pengen apa? Udah bantuin ortu belum? Sesimpel nyuci piring.


Pokoknya tahun ini, selama bisa quality time sama ortu ya bener-bener totalitas.




4. Mandiri bebersih lifestyle


Entah ini nama katagorinya apa, tapi udah dari tahun lalu ngebiasain kalau abis makan di restoran cepat saji atau restoran lain yang memungkinkan, di benahin sendiri sampahnya. Bener-bener sampai ke tempat sampah dan nampannya di taro di tempatnya.


Terus kalo abis makan di restoran, tapi kita masih mau nongki. Wadah bekas makan, di tumpuk tengah (berusaha) yang rapi. Biar abangnya lebih cepet kalo mau ngerapain meja kita.


Kalau abis makan atau kegiatan yang kita mengharuskan buang sampah, akan sangat sangat berusaha buang sampah sendiri. Atau setidaknya kasih ke petugas pembersihnya, biar tetap bersih tempatnya.


5. Business woman lifestyle

Tahun ini bismillah pengen buka banyak usaha yang insyaallah bisa menghasil banyak uang minimal sampai 20 tahun kedepan. Bisnis apa? Rahasia dong.


***
Hmmm... lifestyle kece apalagi ya yang menarik?

Kurang lebih itu sih 5 lifestyle baru -yang pas lagi nulis keingetan- dan pengen di laksanain rutin di tahun 2019 ini.


Karena seneng sendiri pas lifestyle ini berdampak baik ke diri sendiri dan orang lain. Coba aja bandingin. Ortu pasti lebih seneng sama kita, orang sekitar juga jadi lebih seneng. Lakuin deh. Simpel tapi efeknya dahsyat.


Semoga terlaksana dan menjadi kebiasaan ya buat kita semua, khususnya saya. Aamiin. 

Salam,


Hani, yang senang jadi virus kebaikan

19 komentar:

  1. Setuju mbak aku juga selalu punya harapan menjalani kehidupan yang lebih baik dari tahun ke tahun. Semoga berhasil mbak

    BalasHapus
  2. Jadi kebayang pengen banget merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan rajin berolahraga. Smoga konsisten ya mba :)

    BalasHapus
  3. Lifestyle baru yang kece jadi dambaan mbak, apalagi dengan lingkungan yang asik dan mendukung

    BalasHapus
  4. Memang bicara healthy lifestyle harus memyeluruh ya. Karena sehat itu gak cuma fisik tpi juga rohani

    BalasHapus
  5. pas banget nomor pertamanya adalah health lifestyle. aku lagi galakkan nih mom nisa untuk banyak makan sayur dan buah. karena sangat kurang sekali.

    BalasHapus
  6. Haa keren mba.. Akutu pengen yoga tapi selalu berhenti di niat ajah huhuhu.. Bb naik dan susah banget turunnya. Kayak harus kurangin gula sama karbo yak. Thank insightnyaa mba, sukses selalu ya

    BalasHapus
  7. Semoga semua resolusinya dimudahkan dan dilancarkan-Nya ya, Mbak Hani
    Insya Allah berkah bagi diri, orang tua dan sesama. Aamiin

    BalasHapus
  8. Nambah satu dong Mbak, investasi. Hihihi... aku bilang begini bukan karena lagi sering ngeliput investasi lho. Tapi karena nyesel dan akhirnya tiap liat orang lain jadi kepikir, moga kalian nggak mengalami seperti aku dulu yang masa muda hidup senang-senang sampai lupa persiapan untuk masa depan.

    BalasHapus
  9. Wuih keren resolusinya. Samaannya cuma di resolusi healthy lifestyle aja nih. Semoga istiqomah ya. Aku masih suka ngaco nih. Eh ya, folow-folowan blog yuk. Aku sudah follow. :D

    BalasHapus
  10. Sejak aku punya resolusi itu kaya dipermudah niat2 untuk mencapainya. Jadiii, semoga punya mba juga dimudahkan untuk terwujuds yaa

    BalasHapus
  11. Healthy n Islam Lifestylenya boleh ditiru nih mba Han :) masyaAlloh semoga bisa konsisten yes mba insyaAlloh lancar semuanya :)

    BalasHapus
  12. Kalau aku mau nerapin health lifestyle x ya. Niat pengen lari seminggu sekali aja belum kesampaian. Hasilnya lari-lari-lari kejar bocah keluar rumah.

    BalasHapus
  13. Yeaaahh, sama dengan keinginanku mbak. Pengennya 2019 lebih sehat dan lebih baik dalam hal ibadah :D
    Moga2 kita bisa memulainya dengan baik dan konsisten gtu terus ya mbak TFS :D

    BalasHapus
  14. Kalo aku sih biasanya cuma ganti tahun aja di daftar resolusi, mbak. Yang awalnya 2018 ganti aja jadi 2019.hehehe

    BalasHapus
  15. Masyaallah ..kuingin lebih Islam Lifestyle, Insaallah. MAkasih ya sudah menginspirasi, mba

    BalasHapus
  16. Nomor 1 juga jadi target aku tahun ini mba. Nomor 3 da 4 antimainstream mba hehe tapi boleh sangat ditiru yah 😍

    BalasHapus
  17. Iyes mbak samaan kita. Aku pengen sehat juga. Target sehat tahun ini harus terwujud dengan olahraga dan atur pola makan yang sehat.

    BalasHapus
  18. sebenarnya banyak banget ya lifestyle kece yang bisa kita terapkan kayak health trus yang lagi gencar juga zero waste life style. aku sendiri masih banyak pr nih terkait lifestyle-lifesyle ini

    BalasHapus
  19. Wah salah stu resolusi aku juga tuh mba health lifestyle aku mau rajin olga juga tahun ini+makan makanan yg lebih sehat kayanya aku harus turunin mesin juicer yg udh lama nganggur dirak deh,biasnya ngejus pake blender kayanya lbh enak pak juicer smak mb aku juga minus kayanya makin hari makin buren nih mata klo gk pake kacamata kaya gk bisa liat apa2

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)