nisaahani: Mengapa Commisioning Pada Genset Harus Dilakukan?

Jumat, 14 Februari 2020

Mengapa Commisioning Pada Genset Harus Dilakukan?

Commissioning genset
(Pic from sewatama.com)


Commisioning genset adalah serangkaian tes yang seringkali digunakan untuk bisa memastikan bahwa genset mempunyai performa yang terjaga serta menghasilkan energi listrik dengan optimal ketika dibutuhkan. Pengetesan ini menjadi bagian perawatan genset supaya dapat melakukan pencegahan aliran listrik yang terputus di kawasan industri maupun gedung perkantoran.

Tidak hanya itu saja, commissioning test genset ini juga memiliki kegunaan dalam memastikan genset berada pada kondisi yang baik serta tampilkan daya maksimal. Commissioning pada genset ini harus dilakukan dengan alasan seperti berikut:

1. Memastikan desain


Alasan utama yang membuat diri Anda perlu melakukan commissioning genset yaitu supaya bisa memastikan bahwa desain genset sudah sesuai pada rancangan dan sudah siap digunakan ketika berada dalam kondisi yang darurat. Desain tersebut yaitu berupa inspeksi visual engine, radiator, dan alternator, gas untuk operasi genset secara menyeluruh kontrol konsumsi bahan bakar dan inspeksi pada perlindungan mesin dan sirkuit.

2. Melakukan pengujian kinerja fungsional

Alasan kedua menjadikan commissioning test genset perlu dilakukan yaitu untuk melakukan pengetesan dari kinerja fungsional. Ada beberapa proses yang dilakukan dalam pengujian kinerja fungsional ini, yaitu pengujian beban tiruan, melakukan pengetesan penerimaan beban, melakukan uji output pada pengisian daya baterai dan mengetes penerimaan beban.

3. Melakukan pengontrolan pada bagian panel kontrol

Bagian commissioning genset ini digunakan untuk melakukan pengontrolan pada bagian panel kontrol. Untuk tes kinerja panel kontrol tersebut: yaitu seperti menguji hambatan listrik, menguji kenaikan suhu, dan melakukan pengujian yang lainnya.

4. Pengecekan pada tangki bahan bakar

Pengecekan pada tangki bahan bakar ini dilakukan inspeksi pra commissioning yang terdapat dalam pengelasan, konstruksi pengecatan, serta beberapa komponen yang ada di dalamnya. Apabila pra commisioning ini telah dijalankan di setiap komponennya, maka untuk prosedur commissioning harus dapat dilaksanakan setelahnya.

Prosedur commissioning genset ini memang sangat perlu dilakukan secara berkala supaya bagian sistem kelistrikan pada gedung perkantoran bisa menghadapi pada situasi darurat supaya lebih terkendali. Kalian dapat menyerahkan proses perawatan ini pada perusahaan yang mempunyai pengalaman terutama dalam bidang kelistrikan, misalnya seperti perusahaan sewatama yang dapat diakses melalui https://sewatama.com/id/.

Salam,


Hani, S.T.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)