nisaahani: Latihan Bahasa Inggris Intensif Setiap Hari (Part 2)

Jumat, 24 Juli 2020

Latihan Bahasa Inggris Intensif Setiap Hari (Part 2)

Jika sebelumnya kalian udah baca dua tips untuk Pelatihan bahasa Inggris dewasa [klik link tulisan yang berwarna kuning], mungkin terasa sulit. Karena bagi beberapa orang, semakin dewasa rasanya sudah sulit untuk menghafal, memahami, dan konsentrasi. Walaupun dalam dunia ini, tentunya tidak ada yang gak mungkin selama berusaha yekan.

Nah, makanya itu, saya mau share cara melatih dan meningkatkan bahasa Inggris yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, agar kalian apalagi yang ikutan pelatihan intensif prakerjajadi lebih handal dan fasih.

Yuk, intip 3 tips di bawah ini!

1. Baca buku, blog, dan artikel dalam bahasa Inggris


Latihan Bahasa Inggris

Mulailah nikmati bacaan dalam bahasa Inggris yang menarik, misalnya tentang perjalanan dan fashion di web. Biasakan membaca buku dan artikel dalam bahasa Inggris setiap hari. Bisa baca di majalah, koran, atau bahkan blog. Dan cobalah membaca setidaknya satu buku setiap bulannya. Karena ini akan meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan akan meningkatkan kosakata.

2. Jangan terjebak pada tata bahasa


Tata bahasa sangat penting dan tidak ada yang mengatakan itu harus diabaikan, tetapi kadang-kadang, ketika belajar bahasa Inggris jadi ingin menghafal setiap aturan dan terjebak dalam detail yang berlebihan. Padahal, sebenarnya penutur asli pun tidak tau semua aturan. Karena yang terpenting adalah mampu dan lancar berkomunikasi. So, tetaplah berlatih berbicara bahasa Inggris walaupun tidak hafal seluruh buku tata bahasa.

3. Lakukan banyak percakapan dengan orang asing


Jangan berpikir harus pergi ke luar negeri dulu terus ketemu orang asing buat belajar bicara menggunakan bahasa Inggris. Tapi, carilah orang asing di sekitar kita, rekan kerja, atau siapa saja yang bisa diajak bicara, lalu mulailah berbicara bahasa Inggris dengan mereka.

Dari situ, kita bisa tau kemampuan bahasa Inggris kita. Dan, jika dilakukan setiap hari, insyaallah akan mendapatkan hasil yang menajubkan. Karena, bahasa Inggris kita akan meningkat dan terbiasa.

Walaupun begitu, tentu saja, belajar di luar negeri adalah salah satu cara terbaik untuk benar-benar belajar bahasa Inggris. Karena mau gak mau, akan dipakai bahasa Inggrisnya buat komunikasi.

Jadi, kalau punya rezeki lebih, gak ada salahnya berkunjung ke luar negeri beberapa bulan sekali untuk meningkatkan bahasa Inggris. Tapi beneran komunikasi, baca atau berinteraksi menggunakan bahasa Inggris secara mandiri ya setiap hari.

Dan, jika penutur asli bahasa Inggris atau bahkan orang asing mengerti apa yang kalian sedang bicarakan dan sebaliknya, berarti berhasil! Karena terjadinya pertukaran informasi dengan baik.

Selamat datang di dunia berbahasa Inggris yang penuh dengan pengalaman baru dan menarik. ^^

Salam,


Hani, yang semoga semakin lancar berbahasa Inggris dan lulus TOEFL/TOEIC dengan nilai bagus. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)