nisaahani: Tanda dan Cara Nutrisi Anak Tercukupi dengan Baik

Minggu, 21 November 2021

Tanda dan Cara Nutrisi Anak Tercukupi dengan Baik

Nutrisi anak sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembangnya, apalagi pada masa awal kehidupan. Dengan pemenuhan nutrisi yang cukup, anak-anak akan tubuh dengan lebih baik sehingga akan berpengaruh juga pada perkembangan aspek lainnya. Seperti aspek kognitif, emosi, sosial, dan sebagainya.

Itulah mengapa pemenuhan nutrisi pada anak menjadi sangat penting. Sayangnya, masih banyak orang tua yang belum memahami apa saja tanda kecukupan nutrisi dan gizi pada anak.

Orang tua mungkin merasa bahwa selama ini gizi anak-anak sudah tercukupi. Tapi faktanya,justru masih kurang dari kebutuhan gizi yang semestinya.

nutrisi-pertumbuhan-anak

Tanda Nutrisi Anak Sudah Tercukupi dengan Baik


Penting bagi orang tua untuk mengetahui apa saja indikator bahwa anak sudah tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Dengan begitu, orang tua akan tahu jika anak ternyata kekurangan gizi dan segera mengambil tindakan untuk hal tersebut.

1. Anak Tidak Mudah Sakit


Anak-anak membutuhkan nutrisi sama halnya dengan orang dewasa, yaitu meliputi nutrisi makronutrien dan mikronutrien.

Adapun nutrisi makronutrien meliputi protein, lemak, serta karbohidrat. Sedangkan untuk mikronutrien terdapat berbagai vitamin dan mineral.

Ketika kedua jenis nutrisi ini terpenuhi dengan baik sesuai kebutuhan nutrisi anak-anak, secara otomatis tubuh anak akan menjadi lebih sehat.

Sistem kekebalan tubuh akan berkembang dengan baik, sehingga anak-anak akan tidak mudah sakit. 

Sebagai orang tua Anda juga bisa melihat tanda kecukupan gizi dari postur tubuh anak. Umumnya anak yang tercukupi nutrisinya akan memiliki postur tubuh yang tegak dan kuat.

2. Memiliki Tinggi dan Berat Badan yang Ideal


Indikator lain bahwa anak mendapatkan cukup nutrisi dapat dilihat dari tinggi dan berat badan anak yang ideal sesuai usianya.

Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk rutin mengecek tinggi dan berat badan anak, tujuannya adalah untuk memonitor apakah anak sudah mendapatkan nutrisi yang cukup atau belum.

Dari data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, tinggi dan berat badan ideal untuk anak-anak sesuai usia adalah sebagai berikut:

Jika anak-anak Anda memiliki tanda berat dan tinggi badan yang jauh di bawah batas normal, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis anak agar segera mendapatkan solusi yang tepat.

nutrisi-pertumbuhan-anak

3. Anak Cenderung Selalu Aktif


Anak-anak yang mendapatkan cukup nutrisi cenderung akan lebih aktif beraktivitas. Sebaliknya, anak-anak yang kekurangan gizi dan nutrisi memang lebih sering merasa lemas dan lelah.

Kekurangan asupan nutrisi baik makronutrien maupun mikronutrien dapat menurunkan daya tahan tubuh anak, bahkan bisa memicu anemia.

Efek jangka panjangnya, anak-anak akan menjadi pasif dan perkembangan fisik serta kognitifnya pun terhambat.

4. Memiliki Kualitas Tidur Baik


Nutrisi anak yang mencukupi kebutuhan akan membuat kualitas tidur anak-anak menjadi lebih baik. Anak-anak yang berkecukupan gizi biasanya akan tidur lebih nyenyak dalam durasi yang semestinya.

Ketika tidur, sel-sel yang ada di dalam tubuh akan beregenerasi dan hormon pertumbuhan akan keluar dengan maksimal.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Kualitas tidur memang sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, itu sebabnya penting memberikan nutrisi yang cukup agar kualitas tidur anak juga baik.

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak


Mengingat nutrisi anak sangat penting bagi tumbuh kembangnya, maka orang tua bisa lakukan hal ini untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya:

nutrisi-anak

1. Biasakan Sarapan Sejak Dini


Membiasakan sarapan sejak dini akan membentuk pola makan yang sehat dan teratur pada anak, dengan demikian pemenuhan nutrisi juga akan menjadi lebih baik kedepannya.

Jangan lupa untuk selalu memberikan menu sarapan yang bergizi untuk mengawali harinya.

2. Kenalkan Makanan Sehat


Sejak usia anak masih dini cobalah untuk mengenalkan jenis-jenis makanan yang sehat. Ajarkan Anak untuk rajin mengkonsumsi sayur, buah, daging, ikan, susu, yogurt dan sebagainya.

Jika anak sudah terbiasa mengkonsumsi makan yang sehat, mereka akan tumbuh dengan kebiasaan makan yang baik.

3. Beri Camilan yang Sehat


Alih-alih memberikan cemilan makanan cepat saji, cobalah untuk membuat menu cemilan yang sehat. Misalnya salad buah, yogurt, sandwich isi ikan tuna, dan sebagainya.

Batasi asupan makanan dan minuman tinggi gula, sebab ini tidak baik untuk kesehatan jangka panjangnya. 

4. Berikan Porsi Makan Kecil


Makan banyak tidak selalu lebih baik, Anda justru bisa memberi mereka porsi makan yang lebih kecil namun dengan isi yang lebih padat.

Anak-anak umumnya akan mengalami masa penurunan nafsu makan, hal ini wajar terjadi. Untuk itu Anda bisa menyiasatinya dengan mengurangi porsi makan tanpa mengubah komposisi nutrisi.

5. Berikan Suplemen Penunjang


Selain memberikan makanan yang sehat dan bergizi, Anda juga bisa menambahkan suplemen nutrisi pertumbuhan anak.

unihealth

Starkidz Premium Coklat adalah salah satu produk susu New Zealand untuk pertumbuhan anak sejak usia 1 tahun  hingga 12 tahun.

Starkidz telah difortifikasi dengan berbagai macam nutrisi. Mulai dari kualitas bahan susu New Zealand yang merupakan kualitas susu yang terbaik.

Selain itu terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral, tinggi kandungan kalsium, zinc, dan juga dilengkapi dengan minyak ikan serta temulawak.

Wajib Anda ketahui bahwa Susu New Zealand merupakan susu dengan kualitas terbaik di dunia, kenapa susu sapi dari New Zealand bisa termasuk susu dengan kualitas terbaik di dunia?

Semua itu tidak terlepas dari faktor pola makan dari hewan sapi tersebut dan juga lingkungan yang mendukung disekitar peternakan di negara New Zealand.

Terlihat dari pakan rumput yang dikonsumsi oleh hewan sapi sangatlah berkualitas dikarenakan rumput hijau yang sangat rimbun serta iklim yang mendukung menjadikan sapi dapat mengembala sepanjang waktu di padang rumput yang hijau. 

susu-pertumbuhan

Dikarenakan pakan rumput yang sangat berkualitas di New Zealand menghasilkan susu sapi dengan asam lemak yang lebih seimbang.

Bukti bahwa rasio asam lemak yang seimbang antara lemak omega-3 dan omega-6 menjadi sangat penting bagi kesehatan manusia.

Hasil dari susu sapi New Zealand yang diberikan makan rumput memiliki kandungan Omega 3 & 6 lebih tinggi, CLA (Conjugated Linoleic Acid), Beta-carotene (Vitamin A), Vitamin D, E, K & K2 yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi yang diberi makan biji-bijian.

Melihat manfaat dari keunggulan susu sapi New Zealand, produsen UNIHEALTH memberikan kualitas terbaik kepada konsumen Starkidz sebagai susu pertumbuhan dengan menggunakan susu sapi dari New Zealand yang memiliki kualitas bahan yang sangat berkualitas terbaik.

Saat ini Starkidz tersedia dalam berbagai macam varian rasa, mulai dari vanilla, coklat, premium coklat dan premium vanila.

Selalu pastikan nutrisi pertumbuhan anak Anda tercukupi, untuk mendukung tumbuh kembangnya yang maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)