nisaahani: blogger yang suka sharing review: I am Aries Body Lotion by Satellite of Glow: Menggabungkan Perbedaan AHA, BHA, dan PHA!

Kamis, 28 Maret 2024

I am Aries Body Lotion by Satellite of Glow: Menggabungkan Perbedaan AHA, BHA, dan PHA!

Perbedaan AHA, BHA, dan PHA untuk kulit
Sumber: Shopee Satellite of Glow

Mungkin sudah ada yang tahu kalau salah satu habit yang sedang saya biasakan adalah jalan kaki jika memungkinkan, saat ke suatu tempat yang jaraknya masih relatif dekat. Biar ada tambahan waktu olahraga aja gitu.

Dari aktifitas tersebut, saya pun jadi semakin perhatian terhadap kulit dan body care yang saya gunakan. Supaya kulit tetap ternutrisi dengan baik dan tetap sehat, meski diajak jalan kaki yang memungkinkan terkena polusi dan sinar matahari.

Nah, salah satu body care yang menarik perhatian saya adalah Satellite of Glow varian I am Aries Body Lotion. Karena klaimnya menyatukan perbedaan AHA, BHA, dan PHA. Wew!

Apa Itu AHA, BHA, dan PHA?


AHA, BHA, dan PHA adalah kandungan yang sering ditemukan pada produk kecantikan. Termasuk dalam jenis asam untuk eksfoliasi dan peremajaan kulit. Berikut ini pengertiannya:

AHA (Alpha Hydroxy Acids)


AHA adalah sekelompok asam yang terdiri dari asam laktat, asam mandelat, asam sitrat, dan glikolat yang bisa larut di dalam air. Biasanya digunakan untuk mengurangi kerutan, garis halus, dan hiperpigmentasi. Sebab, bisa mengikis lapisan atas kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit baru.

BHA (Beta Hydroxy Acids)


BHA adalah asam yang terdiri dari asam salisilat yang larut dalam minyak. Biasanya digunakan untuk mengurangi minyak pada wajah (sebum) berlebih, membersihkan pori-pori, dan mengangkat jerawat.

PHA (Polyhydroxy Acids)


PHA termasuk kelompok asam yang lebih baru dibandingkan AHA dan BHA. Terdiri dari cakupan asam laktobionat, asam glukonolakton, dan beberapa asam lainnya yang bisa larut pada air. Mirip seperti AHA, tapi memiliki risiko iritasi lebih rendah, untuk meningkatkan kelembaban kulit.


Memang Apa Sih Perbedaan AHA, BHA, dan PHA?


Fungsi AHA, BHA, dan PHA adalah untuk mengeksfoliasi. Namun meski begitu, ketiganya memiliki manfaat eksfoliasi yang berbeda, tergantung jenis dan masalah kulit yang ingin diatasi. Berikut perbedaan AHA, BHA, dan PHA:

Komposisi Kimia


AHA, BHA, dan PHA mempunyai kandungan berbeda. AHA dan PHA bisa larut dalam air walaupun memiliki kelompok asam berbeda. Sedangkan BHA bisa larut dalam minyak dan termasuk ke asam hidroksi beta tunggal.

Manfaat


Fungsi AHA untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, BHA untuk mengatasi masalah kulit berjerawat dan berminyak, sedangkan PHA untuk antioksidan untuk meningkatkan kelembaban kulit.

Kompatibilitas dengan Jenis Kulit


AHA dan PHA lebih cocok untuk kulit normal to dry, sementara BHA untuk kulit berminyak dan berjerawat. Meski begitu, AHA, BHA, dan PHA dapat bervariasi kompatibilitasnya tergantung konsentrasi, formulasi, dan sensitivitas kulit yang menggunakan.

Kemungkinan Iritasi


Dibandingkan AHA dan BHA yang memiliki potensi penyebab munculnya iritasi, terutama pada kulit sensitif, PHA terasa lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif. Tapi PHA hasil eksfoliasinya kurang semantep AHA dan BHA.


Kemampuan Penetrasi Kulit


Meski AHA dan PHA bekerja pada lapisan atas kulit, tapi tingkat penetrasinya berbeda. AHA memiliki tingkat penetrasi lebih tinggi dari pada keduanya. Sementara itu, BHA bekerja pada lapisan dalam kulit untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

***

Jika satu kandungan saja sudah bagus, bagaimana jika semua kandungan ada dalam suatu produk kecantikan. Kandungan AHA-nya bisa mengurangi garis halus, kandungan BHA-nya bisa mengurangi jerawat, dan dengan adanya kandungan PHA bisa digunakan untuk kulit sensitif. Begitu lah kurang lebih yang bikin saya tertarik dengan Satellite of Glow I am Aries Body Lotion.

Perbedaan AHA, BHA, dan PHA bukan suatu masalah pada Satellite of Glow I am Aries Body Lotion. Karena selain bisa membantu menutrisi, melembabkan, dan menghaluskan kulit, gentle exfoliator-nya bisa hempas sel kulit mati. Menarik sekali bukan? Kalian mau coba juga? 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)