nisaahani: Cara Membuat Bumbu Sate Madura yang Enak

Selasa, 19 Mei 2020

Cara Membuat Bumbu Sate Madura yang Enak

bumbu sate
(Sumber foto: https://craftlog.com/id/memasak/ext-resep-sate-madura-ala-chef-3wmNv)

Saya suka banget sama sate, terutama bumbu sate kacang di Sate Madura. Rasanya nagih menurut saya. Bahkan, saya pernah berbulan-bulan makan malamnya dengan lauk sate saja. Haha.
Makanya itu, karena saya suka banget sama sate, saya pun jadi kepo bagaimana resep membuat sate beserta bumbunya dengan enak seperti di penjual favorit saya. Karena, kalau bumbu sate yang di kecapin saya masih kebayang cara membuatnya, tapi untuk bumbu kacang saya belum tau.

Kebayang sih, pasti pakai kacang yang dihaluskan. Tapi pengen tau lebih dari itu. Hehe. Nah, karena saya sudah tau, kali ini saya share ke kalian, biar kita sama-sama bikin sate Madura yang enak.

Apalagi saat pandemi ini, semua jadi serba bikin sendiri demi mengurangi keluar rumah. Lagipula, sepi euy, palingan baru-baru ini aja orang pada ramai-ramai keluar rumah untuk membeli kebutuhan Lebaran.

Oke deh, langsung aja ya saya share cara membuat bumbu sate Madura yang enak.


------------------------------------------------------------------------------
Baca tulisan saya lainnya:
----------------------------------------------------------------------------

Pertama siapin bahannya:
Kacang, cabai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, kemiri, gula, garam, kecap manis, gula merah, jeruk nipis, air, merica bubuk, kecap manis. Dan jika mau lebih manisnya endolita, saran saya pakai Bango Kecap Manis.

Dan untuk cara pembuatannya, ada dua step yang dipisah, yaitu cara membuat bumbunya dan cara membuat daging satenya.

Untuk membuat daging satenya yang empuk dan harum, begini caranya:
1. Ayam atau daging yang sudah dibersihkan, dipotong kecil-kecil sesuai selera, lalu ditusukkan ke tusukan khusus sate. Beli aja tusukkannya atau bikin sendiri pakai lidi bersih ukuran besar.

2. Setelah itu, biar rasa daging satenya empuk, harum, dan lebih kaya rasa, sebaiknya rendam terlebih dahulu daging satenya didalam rendaman bumbu campuran perasan jeruk nipis, merica bubuk, kecap manis, dan bawang putih yang sudah dihaluskan.

3. Lalu, setelah direndam beberapa saat sampai meresap, baru deh daging satenya dibakar dengan arang batok kelapa. Dan selama pembakaran, terus olesi daging sate dengan minyak ayam biar semakin menggoda harumnya.

Bisa juga menambahkan perasan jeruk limau ke arang yang digunakan untuk membakar sate. Agar aroma sate lebih dominan dibanding bau asap. Dan dibakar secukupnya aja ya, sampai matang. Jangan terlalu hangus, biar tidak pahit.

Sedangkan cara membuat bumbu sate enak ala sate Madura adalah sebagai berikut:
1. Haluskan bumbu 1 yang berisi: kemiri, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Serta, haluskan bumbu 2, yang berisi: kacang tanah dengan gula merah, garam, gula putih, dan kecap. Haluskan masing-masing bumbu secara terpisah.

2. Tumis bumbu 1 dengan irisan daun jeruk. Setelah itu, tambahkan bumbu 2.

3. Tambahkan air ditumisan, lalu masak hingga mengental dan mengeluarkan minyak.

Setelah bumbu sate siap, aduk daging sate dengan bumbunya secara merata. Beuh... Silahkan dicoba sendiri deh gimana rasanya. Insyaallah rasanya enak. Pokoknya asal jangan lupa baca doa pas motong ayamnya, pas masaknya, dan pas makannya, insyaallah berkah dan maknyus. Hehe.

Tidak terlalu sulit kan ya? Bisa banget dicoba di rumah untuk makan sekeluarga. Apalagi buat beberapa hari setelah Lebaran. Jadi, jika tidak tau mau bikin menu apa. ditambah lagi pasar lagi tutup sementara, kita bisa tetap tenang. Karena membuat sate Madura bumbunya tidak sulit. ;)

Salam,


Hani, calon mantu idaman yang berusaha makin jago masak. Haha.


1 komentar:

  1. aku pengennya dibikinin kamu aja, kak hani.
    eh iya mohon maaf lahir dan batin ya.
    paketin sate maduranya donk..

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)