nisaahani: Ketahui 2 Tipe Genset untuk Cadangan Listrik

Jumat, 21 Agustus 2020

Ketahui 2 Tipe Genset untuk Cadangan Listrik

tipe-tipe genset
Foto dari situs sewatama

Sewa pembangkit listrik merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga pasokan listrik optimal pada perusahaan, gedung, rumah sakit, hotel, pabrik dll. Mengingat listrik sebagai kebutuhan utama guna melancarkan operasional dalam bisnis atau produksi. Tentunya, jika listrik terkendala akan menghambat laju operasional.

Perusahaan, pabrik, hotel, atau rumah sakit sebagai industri bangunan komersial pastinya harus memperhatikan kapasitas kebutuhan listrik dengan tepat agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Untuk itu perlu mengetahui tipe general set yang disewa atau dibutuhkan.


Ketahui terlebih dulu 2 tipe genset berikut ini:


1. General Set Open Type (Tipe Genset Terbuka)

 

Genset dengan tipe terbuka umumnya digunakan oleh industri bangunan komersial besar. Karena penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan dilengkapi fitur panel genset manual maupun digital, sehingga kinerja dari genset tersebut mudah dipantau. Kapasitas listrik yang tersedia  tipe terbuka mulai dari 10 kva hingga 2000 kva.

 

Genset tipe terbuka biasanya digunakan bagi pengguna yang memiliki power house sendiri. Dirancang khusus penempatannya di dalam ruang kedap suara karena menghasilkan suara yang nyaring dan berisik. Genset ini dapat digunakan untuk penggunaan secara paralel (sinkron) dengan beberapa unit genset lainnya.

 

Jika berencana menggunakan atau sewa pembangkit listrik untuk industri, memilih genset tipe terbuka merupakan solusi karena perawatannya mudah, bongkar pasang mesin gampang, dilengkapi dengan panel kontrol yang mudah dipahami, tangki solar sudah terpasang, dan knalpot sudah langsung terpasang di bagian mesin.

 

Penyewa/pengguna genset tipe terbuka tinggal memasang selang solat ke tangki solar, memasang buttery yang disediakan, memeriksa air radiator serta oli secara berkala, dan memasang kabel load di terminal genset.


------------------------------------------------------------------------------
Baca tulisan saya lainnya:

https://www.nisaahani.com/2019/12/Ayo-Kembalikan-Kejayaan-Warung-dengan-Gerakan-Warung-Nasional.html
------------------------------------------------------------------------------

 

2. General Set Silent Type (Tipe Tertutup)


Genset tipe silent ditutup oleh box yang terbuat dari plat besi berlapis busa peredam, berfungsi meredam suara keras ketika genset bekerja dengan beban tinggi. Sehingga suara mesin tidak menimbulkan kebisingan dan juga melindungi dari cuaca panas dan hujan.

 

Genset ini diproduksi dan didesain dengan kontruksi knock down dan ada pintu sebagai akses masuk. Pembangkit listrik tipe silent harus di tempatkan dalam ruangan yang memiliki sirkulasi yang baik untuk menghindarkan genset mati.

 

Genset open dan silent sama-sama dapat dipakai dalam industri bangunan komersial karena dapat digunakan dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Ketika sebuah perusahaan atau gedung memiliki ruang khusus genset, maka lebih baik sewa pembangkit listrik tipe terbuka, sedangkan tidak tersedianya ruangan khusus maka gunakan genset tertutup. Apapun itu, pilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.


Oke deh, segitu aja dulu. Semoga sharing ini bermanfaat. Bye bye... ^^


Salam,



Hani, yang kuliah jurusan teknik elektro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)