nisaahani: Susu untuk Menambah Berat Badan atau untuk Penambah Nutrisi di Masa Pemulihan

Sabtu, 15 Mei 2021

Susu untuk Menambah Berat Badan atau untuk Penambah Nutrisi di Masa Pemulihan

nisaahani-susu-untuk-menambah-berat-badan
Sumber: unsplash @yunmai

Ada gak yang salah satu permasalahan hidupnya itu terlalu kurus? Sampai-sampai pengen minum susu untuk menambah berat badan. Hehe. Tenang! Kalian tidak sendiri.

Karena, beberapa tahun yang lalu, saya tiba-tiba kehilangan berat badan yang cukup drastis. Sadar sih faktornya apa, tapi sok-sok-an denial gitu.

Turunnya berat badan, bukannya senang, saya malah khawatir. Sebab, saya tahu, sebaiknya berat badan tuh normal, bukan underweight maupun overweight. Dan, saat itu, saya underweight.


Eniwei, biasanya saya memang alhamdulillah normal ideal cenderung kurus, tapi beberapa bulan itu berat badan saya turun sampai 5 kilo lebih sepertinya. Yang mana jadi tidak lagi ideal.

Saya kembali ke kebiasaan lama yang kaga suka makan dan faktor lainnya. Padahal makan yang bergizi itu sangat baik buat energi tubuh.

Paham kesalahannya dimana, saya pun berjuang membuat kehidupan saya normal kembali, termasuk pola makan saya.

Berikut ini beberapa nutrisi yang saya berusaha konsumsi dengan takaran yang cukup, demi berat badan kembali normal:

Protein


Dalam sehari, saya usahakan makan protein. Bisa dari ikan, tahu, tempe, daging. Kalian juga bisa mendapat kandungan protein dari kacang-kacangan, telur, dan susu.

Untuk susu, usahakan susu yang mengandung HMB (hydroxy methylbutyrate) ya. Karena memiliki peran dalam penurunan pemecahan protein dan meningkatnya terbentuk sebuah protein di dalam tubuh.

Saya rasa, protein bisa cepat menambah berat badan saya, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.


Karbohidrat


Saat itu, saya kayak males gitu makan nasi. Tapi, alhamdulillahnya jadi suka sayur-sayuran. Yaudah deh, jadi makan sayur mulu. Dan mencoba nasi merah. Oia, kalian juga bisa mengkonsumsi havermut/oatmeal sebagai sumber energi.

Lemak


Meski lemak seringkali dianggap penyebab tingginya kolesterol, tapi sebenernya lemak itu bagus untuk meningkatkan energi tubuh, pertumbuhan sel, dan imunitas.

Dikontrol aja jumlah konsumsinya, insyaallah aman. Alpukat, kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung omega 3 adalah contoh makanan yang mengandung lemak baik.

Vitamin


Katanya vitamin juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan, saya pun mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung vitamin A, C, D, dan E serta sesekali berjemur.

Vitaminnya mayoritas saya dapat dari konsumsi buah dan sayur, tapi kalian bisa juga minum susu yang memiliki zat vitamin untuk penambah berat badan.

Baca juga: Manfaat susu

Mineral


Alhamdulillahnya, meski waktu itu saya gak doyan makan, saya tetap mengkonsumsi air mineral yang cukup. Ini adalah beberapa peran penting air mineral untuk tubuh:
  • Memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.
  • Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.
  • Mengeluarkan sisa-sisa racun di dalam tubuh.
  • Memiliki kandungan zinc, kalsium, zat besi, dan magnesium untuk proses penyembuhan setelah sakit.
  • Bisa mengelurkan sisa-sisa racun di dalam tubuh.

Apalagi ya gaes? Kayaknya itu aja sih. Kuncinya lifestyle yang sehat lahir batin buat menstabilkan berat badan. Hehe.

Eh, tapi, buat kalian yang berat badannya turun karena sakit atau sudah cukup umur (segan euy kalau bilang lansia hehe), mungkin kalian bisa coba konsumsi susu Goldsure by Ensure untuk pemulihan.

Sebab, Goldsure by Ensure memiliki...
  • kepadatan nutrisi sebanyak 0,8 kkal/ml dengan triple protein yang dapat meningkatkan berat badan.
  • protein, kalori, dan HMB (hydroxy methylbutyrate) yang bisa menjaga berat badan dan kekuatan tubuh lansia.
  • 14 vitamin, vitamin D, Triple Protein, HMB (hydroxy methylbutyrate), 9 mineral, kalsium, omega 6 dan omega 3 yang berguna untuk memenuhi nutrisi sebagai penyembuhan setelah sakit.

Jadi, buat yang bener-bener gak nafsu makan banget atau udah bingung orang tuanya dikasih apa untuk menambah berat badan, mungkin bisa coba konsumsi susu ini ya.

That's it! Semoga sharing dan info kali ini bermanfaat. ^^

Salam,


Hani, yang semoga selalu ideal berat badannya.WH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)