nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: Mengapa Produk MLM Tidak Ada di Market Place?

Minggu, 31 Juli 2022

Mengapa Produk MLM Tidak Ada di Market Place?

perusahaan-mlm

Waktu itu, saya pernah menemukan komen di salah satu konten orang yang menanyakan kenapa produk MLM tidak ada di e-commerce. Lalu, muncul lah komen-komen lain yang mengiyakan dan penasaran alasannya.

Padahal kan mempermudah pembelian jika tidak ada member MLM tersebut di daerah tertentu. Belum lagi biasanya di ecommerce atau market place banyak diskon. Kan makin diuntungkan ya para pembeli.

apli-talk-show

Nah, ketika di Talk Show APLI Exhibition hari kedua, saya menemukan jawabannya. Jawabannya adalah karena ada peraturan yang melarangnya.

alasan-mlm-tidak-ada-di-market-place

Kalian searching saja di google pasal-pasalnya. Lagipula, setahu saya ecommerce sendiri pun punya larangan menjual produk MLM

Oleh sebab itu, kita bakal jarang menemukan produk MLM yang ditawarkan di toko oren, ijo, merah, biru, maupun toko online lainnya.

Jika ada, kemungkinan penjualnya belum paham atau tahu tapi tetap aja gas terus, kaga ada takut-takutnya meskipun itu berisiko.

apli-talk-show

Memang kenapa sih dilarang? Apa gitu bedanya dijual langsung melalui member atau melalui ecommerce? 

Mungkin kalian bertanya seperti di atas. Karena saya pun juga begitu. Hehe. Oke, saya bantu jelaskan sedikit ya berdasarkan Talk Show dengan narasumber ahlinya, yaitu:
  • Wawan Muliawan, S.H., M.H., (Subdit 5 IKNB DITTIPIDEKSUS BARESKRIM)
  • Dr. U. Mulyaharja, S.H.,S.E.,MH.,MKn.CLA. (Praktisi Hukum)
  • Roys Tanani (Dewan Pembina APLI)

Dan, moderator: Bayu Riono (Pengurus APLI)

apli-talk-show

Alasan pemerintah melarang perusahaan yang menerapkan penjualan langsung untuk tidak menjual di market place adalah sebagai berikut:
  • Menghindari persaingan yang tidak sehat
  • Menghindari adanya ketidakstabilan harga
  • Menghindari potensi ganggu kamtibmas

apli-talk-show

Coba bayangin aja nih ya ges ya, misal ada member MLM yang punya stok produk banyak karena ingin mengejar bonus.

Lalu, dijual murah di ecommerce biar menjangkau pembeli lebih luas dan tidak ada penumpukan barang di rumahnya. Toh, udah balik modal dari bonus. Jadi tetap untung.

Kan tentu saja pembeli mencari yang murah, terlebih lagi tidak tahu terkait peraturan MLM. Tahunya dia mau produk ini dan murah. Malah kalau bisa dijual lagi, biar dapat untung.

Dengan seperti itu saja, sudah menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Belum lagi jika ada penjual lain tahu ikut-ikutan dengan cara yang sama, dengan harga yang mungkin lebih miring.

Beuh... kemungkinan besar ada perang harga! Padahal setiap produk punya range harganya masing-masing sesuai aturan perusahaan. Ini lah yang dihindari.

mlm-nuskin

Selain itu, untuk menghindari produk palsu. Karena perusahaan yang menerapkan Direct Selling ingin menjaga kualitas produknya dengan baik, menghindari pemalsuan, mengurangi komplen pembeli, dan juga ingin membantu membernya mendapat penghasilan.

Kan jika membeli produk langsung melalui member akan dijelaskan terlebih dahulu dengan detail produk-produknya dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya. Misal, kulitnya kering, tentu skincare yang direkomendasikan untuk kulit kering, seperti itu.

Dengan membantu pembeli mendapatkan produk yang sesuai, akan meminimalisir keluhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan. Maka, meningkat pula value perusahaan.

Sampai sini agak ada bayangan dan paham kan ya mengapa produk MLM tidak ada di market place? Semoga sudah paham. :D

apli-talk-show

Namun, gimana nih penjual-penjual produk MLM yang bandel?

Sebenarnya, di Pasal 166 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2021 sudah ada penjelasan sanksi untuk Perusahaan Penjualan Langsung secara online market place, yaitu:
  • Teguran tertulis
  • Penarikan barang dari distribusi
  • Penghentian sementara kegiatan usaha
  • Penutupan gudang
  • Denda
  • Pencabutan perizinan perusahaan

Agak serem ya. Tapi, ya emang gitu ges. MLM itu sebenarnya ada aturan-aturannya loh!

Karena untuk menjamin produk, member, serta pembelinya nyaman. Tidak ada penipuan. Jadi kalau ada MLM yang terasa merugikan atau nakal, bisa segera dilaporkan saja ya!

apli-exhibition

Oke deh, sekian dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat menambah info baru buat kalian yang baca.

Silahkan aja share jika dirasa bermanfaat dan kalau ada yang mau didiskusikan juga boleh. Karena saya hanya sharing info dari yang saya tangkap. ;)

apli-exhibition

Btw, tonton juga ya keseruan saya di vlog hari ke-2 APLI Exhibition:

Salam,


Hani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)