nisaahani: Mengatur Keuangan Dibantu Moneesa, Personal Digital Assistant

Rabu, 28 Agustus 2019

Mengatur Keuangan Dibantu Moneesa, Personal Digital Assistant


Hai, tanggal 22 Agustus 2019 kemarin, saya dan beberapa teman blogger jadi saksi peluncuran aplikasi Moneesa. Yaitu, aplikasi personal digital assistant yang bisa berfungsi mengatur dan mengelola gaya hidup keuangan kita.

Karya asli Indonesia ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup seimbang dengan perencanaan keuangan terintegerasi. Biar masyarakat Indonesia minimal balanced lifestyle kituh. Karena kan ini aplikasinya bisa diakses lewat smartphone yang biasa dipakai.



Dengan fitur utama sebagai berikut, Moneesa memang bukan sekedar pencatat keuangan biasa. Tapi ada nilai plus-plus lainnya.

  1. Shop Hack (Informasi diskon)
  2. Today's Pick (artikel rekomendasi harian tentang kuliner, liburan, tujuan wisata, aktivitas, dll)
  3. Pilihan Gaya Hidup
  4. Pilihan Kegiatan, seminar, class, event dll
  5. Merencanakan Gaya Hidup, Tujuan Hidup dan Keuangan (dana pendidikan, dana pensiun, liburan, nikah, umroh/haji, properti, kendaraan, dll)
  6. Pencatatan Keuangan (memantau pengeluaran dari berbagai sisi)
  7. Financial Check Up (rasio-rasio keuangan yang baik dan benar) dan Perbaikan Credit Scoring
  8. Pilihan Produk Keuangan (investasi, reksadana, emas, asuransi, pinjaman, p2p, pinjaman online)
  9. Moneesa Bisnis (pencatatan penjualan atau revenue, pencatatan pengeluaran, pencatatan belanja, pencatatan modal, penentuan HPP, penentuan BEP, penentuan harga jual dll)
Dan walaupun kalian prinsip keuangannya sama dengan saya, cari pendapatan dan nabung yang banyak, keluar uang jika butuh/ingin dan ada uangnya saja, tidak perlu ngutang atau mencicil, cukup aman lah gitu, tapi saya rasa fiturnya aplikasi ini tetap bermanfaat. 

Karena ada info berkaitan keuangan dan bisa merekam history keuangan kita. Apalagi jika kalian mulai kepo nan kepincut sama investasi saham dan sejenisnya seperti saya. Jadi bisa lebih fokus pilih-pilih investasi mana yang sesuai. Karena ada banyak pilihan, tinggal pilih. Mayan kan, daripada cek satu-satu ke webnya.

Yes, itu semua karena Moneesa berkolaborasi dengan berbagai mitra resmi yang terdaftar di OJK. Seperti:

  1. Untuk mitra gaya hidup berkerjasama dengan Goodie.id, Ofpick.com, Burnanywhere.com, JavaBright.coffee,  dan Virotu.com.
  2. Sedangkan mitra produk keuangan menggandeng Invisee, Insight Investment (pertama dan satu-satunya manajer investasi yang mempunyai reksadana dengan misi sosial), Kresna Life, Indigold, dan Disitu.com.
  3. Serta Tamasia dan Bregaswaras untuk mitra penyedia konten.

Sila cek mitra Moneesa saat ini di OJK ya. Katanya semua ada. Karena sekarang ini, kalau berkaitan keuangan, patokannya OJK aja. Kalau di OJK ada, insyaallah aman.


Dan untuk keunggulannya, CEO Moneesa, Annissa Sagita mengatakan saat ini fitur unggulan Moneesa adalah sebagai berikut:

  1. Foto to scan pengeluaran dari struk belanja
  2. Foto to input data diri (KTP)
  3. Rekomendasi bujet bulanan ideal sesuai dengan profesi user
  4. Pengingat (tagihan, investasi dll)

Di acara ini, selain launching, ada pula agenda penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Moneesa  (yang diwakilkan oleh CEO Group ASLIGUNA (perusahaan induk Moneesa), Aggi Nauval) dengan Insight Investment, Kresna Life, Indigold, Disitu.com, Invisee, dan Goodie.id.


Overall, saya cukup tertarik sih dengan adanya aplikasi yang saya harap bisa mengedukasi masyarakat yang belum pernah tersentuh jasa keuangan formal. Semoga teknologi mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Dan semoga dengan pencatatan keuangan yang rutin, tau penyusunan budget atau anggaran yang tepat serta mendapat informasi yang cukup tentang aneka produk investasi, semoga mempercepat kemajuan keuangan masyarakat Indonesia ya. Aamiin. Kan senang jika bisa maju bersama.

Salam,


Hani, yang salah satu kelebihan yang membanggakan adalah bisa mengatur keuangan dengan baik. Calon menantu dan istri idaman dah. Haha.

1 komentar:

  1. Sekarang mengatur keuangan lebih mudah ya karena banyak sekali fintech pengelolaan keuangan seperti moneesa contohnya. Gak perlu repot catet2 di kertas pokonya

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)