nisaahani: The Spectrum Talks by Suitmedia: Rekomendasi Podcast untuk Milenial

Jumat, 13 November 2020

The Spectrum Talks by Suitmedia: Rekomendasi Podcast untuk Milenial

Apa yang biasanya kalian lakuin jika sedang senggang? Kalau belum tau mau ngapain, saya saranin dengerin Podcast The Spectrum Talks. Bisa juga sih dengerin sebelum tidur. Kan katanya kalau belajar sebelum tidur, ilmunya bakal nempel terus. Atau saat di mobil. Lumayan banget buat nambah pengetahuan dan sudut pandang.

Lah, emang Podcast The Spectrum Talks itu apa? 

Mungkin kalian bertanya seperti di atas. Okey, saya jelasin secara runut ya. Cekidot!

Apa itu Podcast?


Podcast The Spectrum Talks by Suitmedia
Dengar Podcast bisa sambil kerja

Mudahnya, bisa dibilang, Podcast itu konten audio yang bisa didengarkan kapan aja tanpa terikat waktu dan biasanya dengan tema tertentu. Misal: ngobrol-ngobrol santai, curhat, hiburan, horor, motivasi, suatu materi bidang khusus atau bahasan lainnya.

Beberapa Podcast juga ada yang bisa dilihat orang yang ngomong, tapi mayoritas hanya berupa audio. Karena, walaupun ada videonya, tujuan Podcast emang konten yang bisa dinikmati tanpa ada visual, jadi bisa sembari aktifitas lain. Kurang lebih seperti radio lah. Tapi ini gak ada iklan atau lagu. Full orang ngomong. Serta, bisa didengar berulang kali sesuai keinginan kita. Cmiiw.

Alasan Mendengarkan Podcast The Spectrum Talks by Suitmedia


Selain buat referensi, karena salah satu pekerjaan saya di sosmed, awal mendengarkan Podcast emang mesti diakui pengen ikut hype-nya aja, penasaran buat dipelajari atau disuruh teman dengar Podcast punya mereka.

Tapi, makin ke sini, sudah banyak Podcast yang bahasannya berbobot. Gak cuma curhat atau klarifikasi. Banyak juga yang bahas yang isinya 'daging'. Jadi semangat gitu dengernya, kaya belajar. Salah satunya Podcast di The Spectrum Talks by Suitmedia.

Belum dengerin semua sih, baru beberapa. Mayoritas yang sudah didengarkan itu berkaitan dengan konten, sosmed, dan kreatif. Demi upgrade skill dari pakarnya langsung. Lumayan loh daripada bayar buat ikut seminar. :D

Terus, alasan lain saya tertarik dengan Podcast The Spectrum Talks itu karena bisa dinikmati di berbagai macam media. Seperti: Spotify, Apple Podcasts, Google Podcasts, Youtube, bahkan bisa dibaca di medium.com. Dan, bisa diakses lewat leptop atau hp. Canggih sih.

Podcast The Spectrum Talks by Suitmedia
Tampilan The Spectrum Talks by Suitmedia di HP

Lalu, menurut saya, cara Suitmedia men-display Podcastnya bisa jadi acuan kalau saya mau bikin Podcast. Terlihat rapi dan profesional, sesuai dengan selera saya yang simpel. Enak dilihat, didengar, dan diakses lah pokoknya. Gak ngeribetin saya yang masih pemula sebagai penikmat Podcast. Hehe.

Rekomendasi Episode di Podcast The Spectrum Talks by Suitmedia


Podcast The Spectrum Talks by Suitmedia
Tampilan Spotify The Spectrum Talks by Suitmedia di leptop

Dari pertama lihat playlist-nya, saya sudah tertarik dengan episode Producing a Spot-on Content Strategy for Your Brand. Karena untuk episode lain, rata-rata saya sudah pernah kepoin pembicaranya. Jadi agak kebayangan bahasannya. Haha. Sotoy sih.

Saya dengar yang kemungkinan besar bakal berguna untuk saya terlebih dahulu, dari pembicara yang saya belum tau. Kali aja kan benar-benar bisa dipraktekkan di konten saya, bukan sekedar motivasi.

Dan, bener kan. Denger episode ini, saya semakin diyakinkan dengan tren strategi konten saat ini dan kedepannya. Dengan pembicara Damar Prakoso Hariwibowo (Sr. Copywriter), Farina Yusni Ratih (Sr. Copywriter), Yulfika Rakhmi Asriyanti (Content Manager), berikut poin yang bisa saya share:
  • Harus lebih banyak kolaborasi
  • Dengan adanya website akan lebih terpercaya
  • Podcast salah satu media yang sedang booming saat ini
  • Konten review juga sedang tren saat ini untuk menambah kepercayaan brand
  • Sekarang, tidak hanya menarik dan menghibur, konten yang informatif, bermanfaat dan tepat sasaran juga jadi konten yang banyak dicari.

Sedangkan, untuk isi bahasan lebih detailnya, saya sengaja gak bahas ya gaes. Karena ibarat kata, 'kasih alat pancingnya, jangan ikannya'. Biar kalian mandiri, dengar sendiri Podcast di The Spectrum Talks. Hehe.

Toh, kadang, pembicaraannya sama, tapi yang ditangkap bisa beda. Pokoknya, pantau terus sosmed saya. Karena, ilmu bermanfaat yang didapat otomatis bisa mempengaruhi apa yang saya buat. :D

Udah, kalian denger sendiri aja deh. Karena pembicaranya tuh menjelaskan dari banyak sisi secara terbuka. UMKM, B2B, brand kecantikan, industri pariwisata, industri hiburan, bahkan buat konten personal, kalian gak rugi deh dengernya.

Suara mereka juga terdengar jelas, menarik, dan lumayan sopan. Jadi saya bisa dengar tanpa headset. Pembicaraannya pun terarah, sesuai dengan judul. Gak bikin capek yang dengar. Saya alhamdulillah bisa mendengarkan sampai habis dengan tenang tanpa mengantuk selama hampir 120 menit.

Tentang Suitmedia Media Agency


Karena dari tadi saya sudah membahas Podcast, selanjutnya saya mau bahas media yang membuatnya, yaitu Suitmedia. Digital agency Indonesia yang memiliki spesialisasi di bidang web dan mobile application development, serta integrated digital marketing. Berdiri sejak tahun 2009, berpusat di Jakarta dan memiliki kantor cabang di Bandung, Yogyakarta, dan Singapura.

Suitmedia telah bekerja sama dengan ratusan klien terutama dari perusahaan besar dengan fokus transformasi digital di setiap lini bisnis, antara lain Bursa Efek Indonesia, Bank BCA, Sharp Electronics, Astra Group, Danone Group, Wings Group, dsb. Selain itu, Suitmedia juga membantu mengembangkan startup teknologi seperti Bukalapak, HIJUP, Kitabisa, Nebengers, dan Panti.id. Hmmm… pantes Podcastnya bagus, sudah banyak pengalaman. Hehe.

-----------------------------------------------------------------
Baca tulisan saya lainnya:
-----------------------------------------------------------------

Kurang lebih itu sih info dari saya, semoga bermanfaat. Cus langsung cek dan dengerin Spotify Spectrum Talks Suitmedia buat nambah pengetahuan, terutama tentang bisnis, teknologi, dan kewirausahaan. Yuk ah, kita isi hari-hari kita dengan bermanfaat. ^^

Follow @spectrum.talks dan @suitmedia for more info.

Salam,


Hani, yang selalu berusaha mendengar, melihat, dan membaca yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)