nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: Inilah Cara Menghitung Masa Subur dengan Mudah

Rabu, 27 April 2022

Inilah Cara Menghitung Masa Subur dengan Mudah

Perhitungan masa subur diperlukan bagi kalian yang sedang merencanakan untuk segera memiliki momongan. 

Jika dulu diharuskan untuk mencatat siklus menstruasi secara manual, di zaman yang serba modern ini tidak perlu melakukannya lagi.

Terdapat beragam aplikasi maupun website yang dapat membantu pencatatan siklus haid, termasuk masa subur. Jadi tidak perlu bingung bagaimana cara menghitung masa subur, karena sudah ada kalkulator kesuburan.

Kalkulator kesuburan ini berfungsi untuk menghitung dan memprediksi tanggal berapa saat sedang dalam masa subur. Tentunya teknologi ini sangat membantu sekali untuk para pasangan.



Setelah mengetahui masa subur tersebut, lalu bisa langsung chat dokter gratis untuk berkonsultasi mengenai rencana kehamilan atau sekedar menanyakan hal-hal terkait masa subur ini. Konsultasi secara online ini memberikan kemudahan karena akan lebih hemat waktu dan biaya.

Berikut ini penjelasan mengenai penggunaan salah satu kalkulator kesuburan yang disediakan oleh klikdokter. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Cara menggunakan kalkulator kesuburan


Setelah mengklik website kalkulator kesuburan yang diberikan oleh klikdokter, akan langsung dihadapkan oleh halaman data diri.

Namun, tidak perlu khawatir karena data diri yang diperlukan hanyalah nama dan tanggal dari 3 siklus menstruasi terakhir.

Walaupun sudah serba canggih, tetap perlu mencatat siklus menstruasi untuk memudahkan perhitungan masa subur ini, ya. Metode pencatatan ini bisa dengan menggunakan aplikasi atau menulisnya secara manual.

Masukkan tanggal awal dan juga tanggal terakhir mengalami menstruasi. Isi sesuai dengan kolom yang tersedia.

Ketika sudah selesai, bisa langsung klik tombol ‘Cek Sekarang’. Setelah itu, akan langsung mendapatkan hasil dari perhitungan kalkulator kesuburan ini.

Pada halaman hasil, akan tertera nama pada bagian atas dan juga format kalender yang berisikan siklus menstruasi dan masa subur.

Kita juga bisa memprediksi kapan siklus haid selanjutnya. Sayangnya prediksi ini hanya bisa digunakan untuk memprediksi satu siklus saja.

Tampilannya sendiri cukup simpel dan menarik. Terdapat simbol-simbol yang membedakan antara siklus haid dan juga masa subur. Akan mudah memahami maksud dari hasil tersebut.

Yang unik dari kalkulator ini adalah tidak hanya menghitung kapan masa subur berlangsung, tetapi juga bisa melihat kemungkinan jenis kelamin si kecil apabila berhubungan seksual dengan pasangan pada tanggal tertentu.

Pada periode masa subur, akan ada simbol berbentuk bunga dengan dua warna yang berbeda, yaitu biru dan merah.

Simbol bunga biru mengartikan kemungkinan akan berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan simbol bunga merah artinya anak kemungkinan akan berjenis kelamin perempuan.

Tidak berhenti sampai di situ, terdapat kelebihan lain dari kalkulator kesuburan ini. Kita akan mendapatkan tips-tips untuk meningkatkan potensi jenis kelamin untuk calon anak kelak.

Jika menginginkan anak laki-laki, maka ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan potensi tersebut.

Kita juga akan mendapatkan tips tentang bagaimana berhubungan seksual dengan pasangan jika menginginkan anak laki-laki. Begitu pula jika menginginkan anak perempuan.

Di halaman tersebut juga akan ada evaluasi dari keseluruhan hasil. Evaluasi ini akan memberikan rangkuman dari hasil kalkulator kesuburan seperti kapan memiliki kemungkinan untuk hamil.

Jika lupa mencatat siklus menstruasi, silahkan tunggu hingga siklus menstruasi datang kembali, kemudian catat tanggalnya.

Pencatatan ini tidak hanya untuk mengetahui masa subur saja. Namun, akan diketahui pula apakah kita memiliki siklus menstruasi yang lancar atau bahkan sering mengalami keterlambatan menstruasi.


Manfaat menghitung masa subur


Menghitung masa subur memiliki beberapa manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Mengetahui peluang kehamilan


Seperti yang sudah dibahas di atas, menghitung masa subur ini berguna untuk yang sedang mengharapkan kehadiran sang buah hati.

Mengetahui masa subur ini dapat mengetahui kapan harus berhubungan seksual agar sperma dapat membuahi sel telur dengan lebih maksimal.

Mendeteksi adanya masalah reproduksi


Menghitung masa subur juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah ada masalah reproduksi seperti kemandulan atau tidak.

Saat pasangan melakukan hubungan seksual pada masa subur dengan intensitas yang cukup tinggi tetapi tidak kunjung hamil, berarti ada indikasi dari kemandulan. 

Kemandulan ini bisa saja terjadi pada wanita maupun laki-laki. Kemandulan ini sendiri terjadi akibat sperma dan sel telur tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jika ada indikasi seperti ini, sebaiknya langsung periksakan diri Anda dan pasangan ke dokter.


Sebagai KB alami


Tidak mau menggunakan alat KB konvensional seperti pil KB, kondom, atau IUD? Berarti harus menghitung masa subur!

Perhitungan masa subur ini dapat membuat pasangan mengetahui kapan harus berhubungan intim tanpa perlu khawatir akan terjadi proses pembuahan.

Cara ini memang cenderung lebih sehat, tapi sebagai gantinya, jadi tidak bisa leluasa berhubungan intim dengan pasangan dalam beberapa hari.

Masa subur sendiri juga bisa dipastikan dengan menggunakan alat tes masa subur yang sudah banyak dijual di pasaran.

Penggunaan alat tes masa subur ini sangat berguna untuk kalian yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur. Karena, pada orang yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, akan cukup sulit untuk memprediksi kapan masa subur tersebut tiba.

Lebih lengkapnya, bisa konsultasikan bersama dokter yang lebih ahli mengenai hal ini ya. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)