nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: FORTUNE Indonesia Summit 2022: Event Keren yang Bisa Memotivasi

Minggu, 22 Mei 2022

FORTUNE Indonesia Summit 2022: Event Keren yang Bisa Memotivasi

Dari kemarin saya bebenah kamar, karena alhamdulillah ada lemari baru. Barang-barang saya yang tadinya menumpuk di meja hingga kolong kasur jadinya tertata rapi didalam lemari.

Saya pun menemukan lembaran kertas mind map tujuan hidup yang saya buat saat kuliah. Saya jadi ingat, dulu saya sering menulis dan membuat mind map untuk hidup saya kedepannya atau yang terkait goals saya.

Namun, setelah bekerja saya lebih fokus mengerjakan dan menikmati hari-hari saya dengan baik dengan agak lebih realistis. ><

Mungkin begitu kali ya jadi orang dewasa. Hehe. Tapi saya tetap suka dan berani kok dengan kesempatan serta tantangan baru yang dirasa baik. Goals juga masih ada, tapi memang ada yang direvisi dari sebelumnya.

Saya pun masih suka ikut acara atau kegiatan seru yang memotivasi untuk menambah insight maupun sirkel baru. Bedanya, saya sudah bisa memilah motivasi atau tips mana yang mungkin bisa dilakukan sekarang atau nanti.

Kalau kalian bagaimana? Apapun itu, semoga itu yang terbaik ya. ;)

Tentang FORTUNE Indonesia Summit


FORTUNE Indonesia Summit

Baca juga: Young on Top

Btw, ngomongin event seru yang memotivasi, saya jadi mau share acara bermanfaat yang baru-baru ini diselenggarakan, yaitu FORTUNE Indonesia Summit.

Acara yang sudah dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 18-19 Mei 2022, pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta ini mengangkat tiga tema besar, impact, sustainability, dan growth.

Banyak dari kalian sudah tau kayaknya ya dengan acara ini. Karena meski baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia, tapi platform ini melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia.

Terlebih lagi, acaranya tidak hanya diisi dengan talk show yang memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, tapi juga ada awarding session untuk sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.


Daftar Pembicara dan topik yang dibahas di FORTUNE Indonesia Summit


Pembicara di FORTUNE Indonesia sangat keren-keren. Kalau saya sebut beberapa nama, mungkin banyak yang tau. Karena cukup terkenal dan mantap prestasinya.

Diawali dengan pembukaan oleh Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media), FORTUNE Indonesia hari pertama langsung diisi oleh pembicara yang mantul dengan berbagai sesi serta tema yang beragam.

Pembicara Hari Pertama


Sesi Indonesia: Epicenter of Commodity and Tourism oleh George Hendrata (CEO Tiket.com)


Beliau menceritakan perjalanan karirnya hingga menjadi CEO salah satu perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara, membahas industri pariwisata kini kembali pulih, hingga tips menjadi produk yang dicintai konsumen.

Sesi If You Can’t Measure It, You Can’t Improve It oleh Purbaya Yudhi Sadewa (Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)) dan Sunarso (Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia)


Pada sesi ini dibahas peran data dalam pengembangan bisnis perbankan dalam melewati masa-masa periode krisis serta mengajak untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga dan daya beli produk lokal.

Sesi How to Adopt Growth Mindset and Revolutionize Your Business oleh Silmy Karim (Direktur Utama Krakatau Steel) dan Salman Subakat (CEO Paragon Technology and Innovation)


Di sesi ini dibahas bagaimana mengadopsi growth mindset dan merevolusi bisnis supaya selalu dapat berkembang dalam kompetisi yang kian ketat. Serta pentingnya leadership dalam memimpin perusahaan.

Sesi Growing Beyond Core Business oleh Garibaldi Thohir (CEO Adaro Energy)


Bapak yang biasa dipanggil Boy ini menceritakan perjalanan bisnisnya sejak 1990 hingga hari ini serta membahas masa depan Indonesia. Ada juga bahasan bagaimana berhubungan dengan partner dalam berbisnis.

Beliau juga bilang, "Saya sangat optimis tahun emas 2045 itu akan tercapai, karena potensinya luar biasa." Sama Pak, saya pun begitu. Semangaattt! :D

Sesi Ready, Set, and Grow: Indonesia Business Outlook 2022 oleh Handaka Santosa (CEO SOGO Indonesia, Ketua Dewan HIPPINDO, dan Ketua Umum APREGINDO) dan Teguh Yudo Wicaksono (Head of Mandiri Institute)


Beliau menyampaikan pandanganya terkait ekonomi dan bagaimana rencana dalam menghadapi masa depan.

Sesi NFT: What You Need to Know oleh Andrew Solo (Co-founder Karafuru), Napoleon (Founder of Scholarz dan NFT Enthusiast), dan Cipta Ciputra Harun (NFT Collector)


Membahas tentang NFT mulai dari memulai project hingga pemula yang ingin terjun mengoleksi NFT, tips dan trick dalam mengoleksi NFT.

Sesi Triple Crown of Growth: Leadership, GCG, Fit Strategy oleh Umesh Phadke (Presiden Direktur L'Oreal Indonesia) dan Budiarto Halim (CEO Erajaya Swasembada)


Membahas peran leaders dalam bisnis dan Bapak CEO Erajaya men-spill strategi Erajaya saat pandemi.

Sesi Next Generation Indonesia bersama Erastus Radjimin (Founder dan CEO ARTOTELGroup), Belinda Tanoko (Direktur Utama Tanrise Property), dan Dyota M. Marsudi (Presiden Direktur Aladin Syariah)



Pembicara Hari Kedua


Sesi Innovation in the Fast Track bersama Roderick Purwana (Managing Partner East Ventures) dan John Riady (CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group)


Pada sesi ini berisi insight tentang inovasi dalam dunia bisnis. Beliau juga bilang, bahwa Bisnis yang dapat me-create value adalah bisnis yang dapat memecahkan masalah-masalah.

Sesi Metaverse: New Big Thing of Economy bersama Pieter Lydian (Country Director for Meta Indonesia) dan Indrawan Nugroho (CEO dan Co-founder Corporate Innovation Asia (CIAS))


Meskipun Metaverse bukanlah teknologi tertinggi terakhir didunia karena teknologi akan terus berkembang selama manusia dapat berpikir, tapi topik ini seru untuk dibahas.

Di sesi ini juga membas perbedaan AR dan VR menurut  Pak Indrawan Nugroho. Dan, Pak Pieter Lydian mengatakan bahwa, Teknologi itu harus mendorong progression in life. Setuju sih.

Sesi Women in the Workplace bersama Shinta W. Kamdani (CEO Sintesa Group), Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur OCBC NISP), dan Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Pada sesi ini berdiskusi dan membahas soal peran perempuan di dunia kerja dan bagaimana perusahaan mendukung perempuan.


Sesi When Profit Meets the Planet bersama Pandu Sjahrir (Founding Partner AC Ventures dan Vice President Director TBS Energi Utama) dan Ganesan Ampalavanar (Presiden Direktur NestlĂ© Indonesia)


Sesi How to Become a Game Changer bersama Edward Tirtanata (CEO dan Co-founder Kopi Kenangan) dan Tjandra Gunawan (Presiden Direktur Bank Neo Commerce)


Di sesi ini, para pembicara berbagi rahasia menjadi game changer pada dunia bisnis sesuai sudut pandang masing-masing yang sama menariknya.

"(Seorang game changer) mesti datang dengan konsep yang berbeda, mesti dateng sesuatu yang membuat mereka 'ok, I'm listening'" - Tjandra Gunawan

"Adversity itu bukan sesuatu yang seharusnya menjatuhkan brand, tapi itu adalah sebuah opportunity." - Edward Tirtanata

Sesi The Sudden Rise and Future of Investment bersama Avina Sugiarto (Venture Partner of East Ventures) dan Oscar Darmawan (CEO Indodax)


Pada sesi ini membahas perubahan dunia investasi.

Sesi The Future of Media bersama Sutanto Hartono (Managing Director EMTEK), Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media), dan Raffi Ahmad (Artis dan Chairman RANS Entertainment)


Ketiga pembicara memberi pandangan terhadap masa depan media. Dan mengatakan, kebutuhan akan konten tidak akan berubah, yang berubah hanyalah format dan media harus bisa beradaptasi pada perubahan tersebut.

***

Semua sesi kurang lebih berlangsung selama 1 jam, tetapi tentu saja infonya terasa 'daging' sekali. Ditambah lagi, topik yang diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, teknologi, leadership, hingga sustainability.

Dari belasan sesi talkshow dengan puluhan pembicara inspiratif, selesai acara langsung berasa tambah semangat dan mulai berpikir 'what my next step ya' buat masa depan saya. :D


FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40


Selain talkshow, di acara FORTUNE Indonesia Summit tahun ini ada 5 Category Awardee 40 UNDER 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022:
  • Business
  • Entertainment
  • Government and Public Policy
  • Social
  • Sports

Business


Untuk kategori Business ada 26 yang terpilih. Ada beberapa yang saya sudah tau karena baca-baca infonya atau pernah jadi pembicara di suatu acara.
  • Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak, Founder Init-6, dan Achmad Zaky Foundation)
  • Anderson Sumarli (CEO dan Co-founder Ajaib)
  • Anderson Tanoto (Managing Director RGE Pte Ltd)
  • John Riady (CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group)
  • Erastus Radjimin (Founder dan CEO ARTOTEL Group)
  • Ernest Saudjana (Managing Director dan Partner Boston Consulting Group)
  • Muhammad Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia)
  • Farell Grandisuri Sutantio (President Director dan Grup CEO PT Cisarua Mountain Dairy)
  • Ferry Unardi (CEO dan Co-founder Traveloka)
  • Gibran Huzaifah (Chief Executive Officer eFishery)
  • Oscar Darmawan (CEO Indodax)
  • John Marco Rasjid (CEO dan Co-founder Sociolla)
  • Christoper Madiam (CEO dan Co-founder Sociolla)
  • Michael Widjaja (Group Chief Executive Officer (CEO) Sinar Mas Land)
  • Handhika Wiguna Jahja (Executive Director Shopee)
  • Jonathan Tahir (Group CEO Mayapada Healthcare)
  • Michael William P. Soeryadjaya (Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk)
  • Kevin Aluwi (CEO Gojek)
  • Maya Watono (Direktur Pemasaran InJourney)
  • Melissa Siska Juminto (COO Tokopedia)
  • Michael Soerijadji (Founder dan Managing Partner AC Ventures)
  • Belinda Tanoko (Presiden Direktur Tanrise Property)
  • Adamas Belva Syah Devara (CEO dan COO Ruangguru)
  • Iman Usman (CEO dan COO Ruangguru)
  • Dyota Marsudi (CEO Bank Aladin Syariah)
  • Edward Tirtanata (Co-founder dan CEO Kopi Kenangan)
  • James Prananto (Co-founder dan Chief Business Officer Kopi Kenangan)
  • Roderick Purwana (Managing Partner of East Ventures)
  • Sharlini Eriza Putri (Co-founder dan CEO Nusantics)

FORTUNE Summit

Topik Pembicaraan di FORTUNE Indonesia Summit

Businessperson

40 Under 40

Businessperson of the year

FORTUNE Indonesia

fortune indonesia 40 Under 40

Daftar Pembicara FORTUNE Indonesia Summit

fortune indonesia adalah

Baca juga: Cara menghindari Money Game

Entertainment


Pada katergori hiburan, kalian mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan orang-orangnya. Karena memang sesering itu mereka wara-wiri dengan segudang prestasi.
  • Angga Dwimas Sasongko (Sutradara, Produser, CEO Visinema)
  • Arief Muhammad (Konten Kreator)
  • Niki (Musisi)
  • Rich Brian (Musisi)
  • Raffi Ahmad (Artis dan Pengusaha)
  • Reza Rahadian (Aktor)

fortune indonesia idn media

FORTUNE Indonesia Summit

Government and Public Policy


Nama-nama yang terpilih tidak terlalu asing bagi saya, mungkin kalian juga begitu, seperti:
  • Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
  • Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur)
  • Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo)
  • Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi)
  • Putri Indahsari Tanjung (Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO)

FORTUNE Indonesia Summit


FORTUNE Summit

Social


Hanya satu yang terpilih dalam kategori Social, yaitu M. Alfatih Timur (CEO dan Founder Kitabisa.com). Semoga next bakal lebih banyak lagi dari katergori Social yang terpilih.

fortune indonesia kita bisa

Sports


Untuk Olahraga ada 3 atlet yang terpilih, yakni:
Greysia Polii (Atlet Bulu Tangkis)
Apriyani Rahayu (Atlet Bulu Tangkis)
Eko Yuli Irawan (Atlet Angkat Besi)

atlet indonesia

Selamat buat semua yang terpilih! Semoga selalu bisa membawa perubahan baik dan bermanfaat dalam bidangnya masing-masing. Aamiin.

Cara Menghadiri Event


Menarik bukan acaranya? Buat kalian yang ketinggalan, ini saya spill ya cara dapat tiketnya FORTUNE Indonesia Summit 2022. Kali aja mau datang FORTUNE Summit tahun depan.

Karena tiketnya tidak sembarangan dijual bebas, tetapi didapat dari berlangganan Majalah FORTUNE Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia.

Majalah FORTUNE Indonesia

***

Gimana-gimana? Dari sharing dan review saya kali ini tentang acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 sudah ada gambaran kan ya terkait acaranya?

Makanya itu, tahun berikutnya jangan sampai ketinggalan ya buat ikutan kemeriahan acaranya! Apalagi menurut saya acara keren yang seperti ini bisa banget mengobarkan api semangat untuk lebih berprestasi dan punya inovasi baru.

Oke deh sekian dulu, semoga bermanfaat infonya dan semoga kita semua bisa jadi orang yang lebih baik dari sebelumnya, yang gak kalah hebat dari nama-nama yang ada di tulisan kali ini. Aamiin. :)

Salam,


Hani, yang bismillah minimal 2 tahun kedepan bisa masuk Category Awardee 40 UNDER 40 FORTUNE Indonesia. Aamiin. :p

Nb: Sumber foto dan beberapa info didapatkan dari Tokopedia, Instagram, Website FORTUNE Indonesia Summit 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)