nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: Deretan Kuliner Magelang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Rabu, 17 Agustus 2022

Deretan Kuliner Magelang yang Tidak Boleh Dilewatkan

kuliner khas Magelang

Magelang terkenal tidak hanya karena lokasi Candi Borobudur saja, tetapi juga kulinernya yang memanjakan lidah.

Di Magelang, banyak sekali warung makan yang menjual makanan khas yang nikmat. Jadi jika kebetulan berlibur di Magelang, jangan lupa mampir dan cicipi beberapa hidangan tradisionalnya, ya!

Bagi yang ingin menikmati kuliner khas Magelang, simak rekomendasi berikut.

Mangut Beong Sehati


Salah satu makanan enak Magelang yang wajib dicoba adalah mangut ikan beong. Ikan ini mirip lele namun berukuran besar dan biasa ditemukan di sungai Progo.

Ikan beong dimasak dengan citarasa pedas menggigit namun tetap bikin ketagihan. Dari segi porsi, kita bisa memilih potongan ikan mana yang diinginkan.

Atau jika ingin makan bersama keluarga, pilihlah ikan utuh. Warung makan Mangut Beong Sehati ini terletak tidak jauh dari lokasi Candi Borobudur.

Sop Senerek Pak Parto


Tentu saja Pak Parto di sini bukanlah pelawak yang biasa dilihat di TV, ya. Sop Senerek Pak Parto menjual sop yang spesial karena memiliki bahan dasar iga, daging, buntut, dan ayam.

Di dalam sop tersebut juga ditambahkan aneka sayuran seperti kacang merah, bayam, dan wortel. Kuah sop yang berwarna bening menyiratkan rasa yang ringan namun juga kaya. Untuk menemukan Sop Senerek Pak Parto, kita bisa berjalan ke arah terminal lama Bukit Tidar.

Tahu Pojok Magelang


Kupat tahu adalah makanan Magelang yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana. Makanan ini berisi ketupat, tahu, telur, toge, dan kacang goreng yang disiram dengan kuah mirip kuach kacang.

Tahu Pojok Magelang sudah populer dari tahun 1942 dan sampai sekarang masih dicari oleh penikmatnya. Berlokasi di Jalan Tentara Pelajar sebelum alun-alun Magelang, Anda bisa mencicipi kupat tahu yang terkenal di kalangan para tokoh nasional ini.

Bakmi Goreng Menayu Muntilan


Jika di Jogja ada bakmi Jawa/Jogja yang terkenal, maka di Magelang ada Bakmi Goreng Menayu Muntilan. Tempat makan ini tidak hanya menyediakan bakmi goreng saja, tetapi juga bakmi godog, nasi godog, hingga rica-rica bebek.

Ada yang spesial dari Bakmi Goreng Menayu Muntilan, yaitu mereka masih memasak dengan menggunakan anglo. Pantas saja rasanya nikmat dan ada aroma khas yang tercipta.

Wedang Kacang Kebon


Jika di Jakarta ada nasi uduk Kebon Kacang, maka di Magelang ada Wedang Kacang Kebon. Bagi kalian yang mencari kuliner malam yang hangat, wedang ini boleh dicoba.

Terbuat dari kacang tanah yang direbus bersama jahe, gula pasir, dan gula jawa sampai teksturnya menjadi empuk. Setelah itu, wedang pun disajikan dengan ketan.

Rasanya yang manis dari gula dan pedas dari jahe, membuat tubuh terasa hangat. Untuk menuju lokasi ini, kita bisa menemukannya di Jalan Pajang.


1 komentar:

  1. Ya ampuuuun nyesel pas ke borobudur langsung balik ke solo. Ga sempet kulineran. Tapi beberapa makanan khas Magelang di atas aku pernah baca mba, teutama yg mangut dan SOP senerek. Itu aku pengeeen banget sih nyobain . Apalagi mangutnga, kebayang aja pedes gurih

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)