nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: Cerita Pengalaman Buka Toko Online di Blibli 11th Anniversary

Minggu, 14 Agustus 2022

Cerita Pengalaman Buka Toko Online di Blibli 11th Anniversary

Blibli 11th Anniversary

Mungkin, sudah ada beberapa yang tahu bahwa salah satu profesi ibu saya itu penjual makanan. Mulai dari makanan jajanan pasar untuk sarapan, hingga menu untuk hajatan, seperti snack nikahan, sunatan, 7 bulanan, lauk matang, dan lainnya. Tergantung pesanan.

Jika waktu saya kecil dulu, ibu saya menitipkan ke warung-warung. Kini alhamdulillah orang-orang sudah pada datang sendiri ke rumah, meski ada juga yang masih dititip ke warung. (Ibu saya jualan waktu saya kecil, tapi break jualannya. Baru jualan lagi saat saya sudah kerja)


Kekuataan mulut ke mulut memang dahsyat. Bahkan, ada yang dari tetangga blok lain yang kita gak kenal, pesan untuk acara di hotel. Katanya ada yang merekomendasikan. Alhamdulillah kalau sudah dipercaya dengan baik.

Karena memang ibu saya insyaallah menjaga kualitas masakannya. Dan, sejauh ini alhamdulillah dibilang enak masakannya.

Kalaupun kurang asin, karena memang ibu saya memasak dengan bumbu-bumbu yang diolah sendiri tanpa penyedap rasa jadi atau micin, ibu saya akan menawarkan apa mau ditambah rasa asinnya atau rasa lainnya.

Selain faktor menjaga rasa dan kekuatan mulut ke mulut, tidak bisa dipungkiri kemajuan jualan ibu saya itu salah satunya karena status wa dan grup wa.

Ibu saya biasanya akan mem-posting status jualannya atau menwarakan di grup wa. Alhamdulillah ada aja yang pesan. Bahkan, sampai nge-list pesanan.

Saya yang melihatnya ikut senang. Dan, saya bantu sebisanya. Misal, bantu nyuci piring, bantu jualin di kantor, waktu masih datang ke kantor 5 hari dalam seminggu, bantu dikit-dikit proses pembuatannya, seperti menggoreng atau ngupas-ngupas, hingga membantu foto produknya atau mengajarkan cara foto dan bikin status yang menarik, dan lainnya.

Baca juga: Cemilan keluarga

blibli seller

blibli seller

blibli seller

blibli seller

Walaupun masih aja ada vibe foto-foto ala orang tua, tapi alhamdulillah sudah mulai paham gimana cara menampilkan dengan baik.

Ibu saya pun saya buatkan instagram untuk jualannya. Meskipun sejauh ini instagram ibu saya tidak diapa-apain juga kalau tidak saya yang posting, tapi ya setidaknya sudah punya lah.

Untuk market place, saya bikinkan juga. Biar lebih berkembang usaha ibu saya. Tapi memang awalnya saya mesti izin dulu.

Karena jujur saja, untuk proses pembuatan saya belum bisa membantu full di dapur, jadi kalau ada nambah pesanan, mesti dipikirkan juga kesiapannya. Biar ibu saya dan yang membantu tidak kelelahan juga.

Alhamdulillah ibu saya pas pandemi tertarik. Karena ada kenalan yang pengen beli, tapi mau by ecommerce, biar ada subsidi ongkir.

Saya pun mulai mempersiapkan mendaftarkan jualan ibu saya. Tapi alhamdulillahnya, belum jadi toko onlinenya, yang mau beli tidak keberatan kalau beli langsung tanpa melalui ecommerce. Saya pun jadi menunda bikin tokonya.

Bukan tanpa alasan, penundaan pembuatan toko online ibu saya itu karena masih mempertimbangkan bagaimana detail bungkus dan pengirimannya.

Karena memang selama ini yang beli ngambil sendiri ke rumah atau kita yang mengantar. Pakai jasa antar pun baru-baru beberapa tahun terakhir.

Tapi, seringnya melihat orang-orang yang dengan pede menjual makanan melalui ecommerce, bahkan kue tart yang rentan rusak diperjalanan, membuat saya pengen juga buat nyeriusin jualan online produk makanan ibu saya.

Alasan tertarik buka toko online di Blibli


Dan, di momen Blibli 11th Anniversary, saya pun tertarik daftar jadi #BlibliSeller . Dengan harapan #PastiMer11ah .

Saya tertarik buka toko online di Blibli mungkin karena saya percaya bahwa Blibli bisa mengantarkan paket-paket saya dengan baik dan cepat. Karena akhir-akhir ini saya sering belanja di Blibli. Mulai dari beli produk sehari-hari hingga laptop sekalipun.

Terus, sepengalaman saya, hampir semua pesanan saya sampainya, gak nyampe dua hari. Bahkan, pernah pesan tengah malam, paginya sudah sampai. Di saat momen malam tahun baru atau momen ramai lainnya pun alhamdulillah tetap cepat sampai.

Saya kan jadi tertarik ya. Karena memang jualan ibu saya berupa makanan, harapannya tuh paket bakal cepat sampai.

Belum lagi BA-nya NCT, sebagai NCTZEN (sebutan untuk fans NCT), saya seneng aja gitu. Ngarep kalau jadi seller, bisa diundang ke acaranya mereka, kalau NCT dateng ke Indonesia. Haha. Ngarep banget sih ini. :p

Saya pun mendaftar menjadi Blibli Seller dengan nama akun masakanenakibuku (https://www.blibli.com/merchant/masakanenakibu/MAU-70102)

Blibli 11th Anniversary


Cara berjualan online di Blibli


Untuk cara daftar bikin tokonya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama kita mesti daftar akun.
  2. Isi data lengkap. Memang perlu ktp ya ges ya. Buat bukti keseriusan berjualan.
  3. Upload foto produk dan isi dengan informasi yang memadai untuk membantu pembeli mendapat gambaran.

Sudah deh, setelahnya kita nunggu pembeli datang, sembari terus upgrade toko. Bisa dengan mengiklankan toko kita. Karena alhamdulillah dari awal daftar saja kita sudah dikasih dana untuk beriklan.

Btw, untuk upload produk beberapa kenalan saya ada yang terkendala, tapi alhamdulillah saya mudah-mudah saja tuh. Gak sampai hitungan jam, produk saya sudah muncul.

Namun, memang pada awalnya saya masih belum paham sistem pengaturan stok jika produk menggunakan sistem preorder, alhamdulillahnya ada tim Blibli yang menghubungi saya untuk menawarkan bantuan, yaudah deh saya tanya-tanya.

Overall, gak rempong atau tidak ada yang sulit selama proses pendaftaran. Dan, sepertinya jika sudah ada yang beli pun sepertinya bakal mudah prosesnya.

Kalian coba deh beli di toko jualan ibu saya di Blibli, biar saya tahu proses transaksinya jika ada yang beli. Nanti saya share lagi ceritanya jika ada yang membeli. Hehe.

Atau kalian buka juga yuk toko online di Blibli. Biar kita sama-sama jadi seller Blibli. Ya namanya juga usaha, kali aja kan rejeki kita dari jualan. Hehe.

Eh tapi, kalau buka akun toko online di Blibli pakai link ini ya: blib.li/bc7. Ini link bukan link berbahaya kok. Malah mempermudah kalian untuk mendaftar toko. Dicoba aja.

Oke deh, kayaknya udahan dulu ya curcolan kali ini. Semoga bermanfaat. Bismillah kita masuk jajaran seller sukses di Blibli. #PastiUntungPastiBlibli

Follow for more info:
Instagram @blibliseller https://www.instagram.com/blibliseller/
Tiktok @blibliseller https://www.tiktok.com/@blibliseller
 
Salam,


Hani, yang semoga menang #BlibliBlogCompetition . Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)