nisaahani: Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell: Bantu Menenangkan Diri

Kamis, 14 November 2019

Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell: Bantu Menenangkan Diri


Hai, weekend kemarin, saya mengikuti workshop tentang Soft Pastel Art di Faber Castell Boutique, Lower Ground, Plaza Senayan, Jakarta. Di sana saya belajar menggambar dengan teknik yang baru saya tau. Tapi seru.

Karena tidak membutuhkan skill menggambar yang jago. Terkesan hanya untuk bersenang-senang malahan, tapi ketika melihat hasilnya, jadi suka sendiri. Sebab, tetap bagus dan menarik.

Selama workshop Soft Pastel Art hingga pulang pun, saya seperti tambah bersemangat dan rileks. Ternyata, memang Soft Pastel Art ini bisa calm your stress, loh.


(Para peserta workshop soft pastel art yang fokus menyerap ilmu yang diberikan)


-------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------

Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell




Jika kalian tertarik dengan Soft Pastel Art, kalian bisa coba sendiri dengan panduan video di youtube atau lihat gambar di Pinterest. Dan untuk alat dan bahannya, kalian bisa beli di Faber Castell Boutique.

Belinya sepaket saja jika belum punya alat dan bahannya sama sekali. Daripada bingung mau beli yang mana saja. Lagipula, Faber Castell menyediakan Soft Pastel Art Starter Kit.


Yang mana di dalamnya sudah ada:
  1. 24 warna Soft Pastel
  2. perfection yang seperti kuas dan pensil di ujung seberangnya
  3. sharpener eraser
  4. kneadable eraser 
  5. stencil
  6. 8 lembar kertas untuk menggambar
Lumayan lengkap kan? Jadi, bisa langsung praktek.

Cara Menggambar Soft Pastel Art



1. Langkah pertama, tentunya persiapkan alat dan bahan. Jika sudah punya Soft Pastel Art Starter Kit tinggal tambah selotip bening atau transparan untuk menjaga kertas agar selama proses menggambar tidak lari sana sini. Serta tisu basah untuk mengelap jari agar warna tidak bercampur. Dan kertas untuk menaruh serpihan soft pastel yang sudah dikikir.

2. Selotip sisi-sisi kertas di meja agar proses menggambarnya tidak tergeser-geser.

3. Selanjutnya, kikir soft pastel atau krayon sesuai warna yang diinginkan dengan stencil.

4. Ambil bubuk soft pastel, lalu oleskan di kertas secara memutar. Agar lebih menyatu warnanya.

5. Gambar sesuai yang diinginkan. Oia, di sini kita tidak pakai pensil, jadi pakai jari. Ada sih alatnya. Tapi, ya bisa juga pakai jari. Kalau pakai alat lagi kan, mesti beli lagi. Karena belum ada di starter kit. Hehe. 


6. Jika, ada yang salah, kalian bisa menghapus dengan aneka penghapus yang ada. Tinggal sesuaikan.

7. Penghapus dan stencil juga bisa memberikan efek di gambar, biar lebih menarik dan hidup.

8. Dan jika butuh efek tambahan, kalian bisa menggunakan pulpen khusus menggambar.

9. Setelah selesai, lepas selotipnya.

10. Spray gambar dengan spray khusus, supaya warna dan gambar lebih tahan lama dan serpihan soft pastelnya tidak nempel.



Itu sih kira-kira cara menggambar ala soft pastel art dari workshop yang saya ikutiTidak banyak dan tidak terlalu rumit kan? Lebih mudah dibanding teknik menggambar lainnya menurut saya.

Bebas weh kalian mau menggambarnya gimana, mau tambah efek apa. Lagipula, art sendiri kan masalah selera sih ya. Tidak ada pakem khusus. Senyaman dan semampunya kita aja, nanti juga akan ditemukan sendiri dengan orang-orang yang minatnya sama. Jadi, selama niatnya baik, udah aja terus berkarya dan meningkatkan skill-nya.

Kalian coba juga deh Soft Pastel Art ini. Lumayan banget membantu kita rileks dari keseharian, menghindari diri sejenak dari hingar bingar sosmed atau dunia nyata.

Bahkan kalau bagus hasilnya, kalian bisa pajang di pigura. Bisa untuk dinikmati sendiri atau buat kado, dijual juga bisa sih. Hihi. Cuan for life gini nih. XD


(Tonton video ini, biar lihat praktiknya langsung)

Silakan dicoba!

Salam,


Hani, yang jadi merasa jago gambar dan pengen jadi tutor soft pastel art. Haha.

2 komentar:

  1. Loh kok lucu, belum pernah nih mewarnai pakai cara gini. Kok keliatannya unik ya, jadi pengen beli.

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)