nisaahani: Apa itu Psoriasis Kulit Kepala dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Minggu, 15 Agustus 2021

Apa itu Psoriasis Kulit Kepala dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sudah tau tentang psoriasis kulit kepala? Kalau belum, kali ini saya akan bahas. Karena ini beda dengan ketombe biasa loh ternyata.

Psoriasis kulit kepala mungkin terlihat seperti serpihan ketombe. Tapi, ini bukan sekedar disebabkan kondisi kulit kepala yang berminyak dan kotor seperti halnya ketombe biasa.

Apa itu Psoriasis dan Ciri-Cirinya?


Psoriasis-Kulit-Kepala

Nyatanya, psoriasis kulit kepala adalah salah satu penyakit autoimun. Kelainan yang menyebabkan penebalan kulit secara cepat.

Selain di kulit kepala, psoriasis bisa juga terjadi di kuku, siku, belakang leher, dahi, wajah, lutut, dan telinga. Dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Fase awal, biasanya terdapat benjolan-benjolan kecil yang dilapisi dengan kulit bertekstur keras.
  • Lalu, mulai membentuk sisik.
  • Kemudian, kulit kepala semakin menebal, bersisik, kaku, berwarna merah, dan teksturnya tidak merata.
  • Ruam bisa melebar.
  • Timbul rasa gatal, sakit, dan kadang ada sensasi panas pada kulit.
  • Kulit kepala yang bersisik juga bisa rontok seperti ketombe.

Dilihat dari gejalanya, psoriasis pada kulit kepala kerap dianggap dermatitis seboroik. Padahal beda. Bisa dilihat dari posisi sisiknya.

Dermatitis seboroik biasanya sisik-sisiknya menempel pada batang rambut. Sedangkan, psoriasis pada kulit kepala, sisik-sisiknya ada pada permukaan kulit kepala.


Penyebab Psoriasis


Btw, emang psoriasis itu karena apa sih? Berikut hal-hal yang bisa jadi penyebab psoriasis:
  • Merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Stres yang sampai menyebabkan gangguan fisik.
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya: obat yang mengandung lithium untuk mengobati malaria atau hipertensi.
  • Kekurangan vitamin D.
  • Cedera pada kulit kepala yang belum ditangani secara intensif. Misal: akibat luka gores, sengatan serangga atau paparan sinar matahari.
  • Tubuh yang sulit beradaptasi akibat cuaca yang terlalu kering atau dingin.
  • Infeksi sistemik yang berawal dari tenggorokan, kulit atau bisa menjangkiti seluruh bagian tubuh.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh yang belum diketahui secara pasti penyebabnya.
  • Faktor keturunan/genetik.
  • Perubahan hormon. Biasanya terjadi pada ibu hamil dan menyusui.

Jika ketombe biasanya dialami abege dan orang dewasa karena kurang menjaga kebersihan. Psoriasis bisa menjangkiti seluruh rentang usia, terlebih umur 18-35 tahun.


Cara Menghilangkan Psoriasis


Sama seperti keluhan lainnya, psoriasis kulit kepala harus dihilangkan. Sebab, selain gatal, bisa berdarah jika digaruk berlebihan, bisa juga bikin rambut cepat rontok.

Folikel-folikel rambut akan lemah sehingga gampang rontok, apalagi ditambah bahan kimia pada shampo. Oleh karena itu, mesti dibasmi.

Berikut cara mengatasi psoriasis pada kulit kepala selain  menghindari penyebabnya.

Mengkonsumsi makanan bergizi


Konsumsi sumber protein nabati dan hewani, seperti sayuran hijau (sawi, bayam, brokoli dll), produk olahan kedelai/kacang-kacangan, telur, ikan, daging, serta makanan lain yang kaya zat besi, vitamin A, dan vitamin D.

Rutin melakukan aktifitas fisik


Karena psoriasis berhubungan dengan sistem imun, maka kebugaran fisik harus dijaga. Dengan begitu dapat meningkatkan sistem imun.

Kelola stres dengan tepat


Hindari pemicu stres. Lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti me time, melakukan hobi, melakukan kegiatan baru, mengenal teman baru, dan lainnya yang positif vibe.

Bilas sampai bersih saat keramas dengan perlahan


Tidak hanya menjaga kebersihan kulit kepala, saat dibersihkan/keramas bilas sampai bersih. Bilas secara perlahan sembari dipijat dengan ujung jari.

Jangan gosok/garuk kulit kepala dengan keras. Karena kulit kepala yang mengering selain akan rontok, bisa berdarah. Nanti bisa nambah parah.

Menggunakan bahan alami untuk rambut


Masker rambut satu hingga dua minggu sekali menggunakan bahan-bahan alami, seperti alpukat, madu atau minyak zaitun.

Selain masker rambut, bisa juga menggunakan hair tonic yang memberi rasa dingin. Agar mengurangi rasa gatal dan memberi rasa nyaman.


Menggunakan shampo dan conditioner khusus


Coba gunakan shampo dan conditioner TRESemmé Scalp Care, karena bisa menutrisi kulit kepala, mengurangi gatal, dan mencegah rambut rontok.

Terdapat kandungan ZPTO dan tea tree oil yang klaimnya mampu membersihkan dan merawat kulit kepala. Sehingga psoriasis berangsur pulih.

Hindari pemakaian alat-alat styling untuk sementara


Panasnya alat-alat styling rambut mungkin akan memperparah kondisi rambut. Sebab, kondisi rambut yang sedang psoriasis itu gampang rapuh. Maka hindarilah.

Konsultasi dan komsumsi obat dari dokter


Untuk penanganan yang optimal bisa ke dokter. Biasanya akan dapat obat topikal (obat luar) dan obat oral (untuk dikonsumsi).

Biasanya akan diberikan obat oral, seperti tazarotene (turunan vitamin A), Kortikosteroid, Methotrexate, dan Cyclosporine.

Sedangkan, obat topikalnya sebagai berikut:
  • Antimikroba untuk mencegah infeksi bakteri atau jamur.
  • Salep steroid untuk meminimalkan peradangan kulit secara cepat.
  • Anthralin untuk menghilangkan sisik psoriasis serta membantu pertumbuhan kulit secara normal.
  • Calcipotriene, yaitu turunan vitamin D yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
***

Oke, kurang lebih itu bahasan kali ini. Semoga bermanfaat! Semangat ya! Yakin semua yang tidak menyenangkan ada masa kadaluarsanya dan sakit itu bisa menggugurkan dosa. 

Salam,


Hani, yang suka menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar penyakit. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)