nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’: Tukar Botol Bekas Vitamin Jadi Voucher Belanja!

Senin, 12 September 2022

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’: Tukar Botol Bekas Vitamin Jadi Voucher Belanja!

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol

Punya botol vitamin kosong? Eits, jangan langsung dibuang! Yuk, ikutan Program Blackmore Peduli 'Tukar Botol'! Karena, dengan menukarkan botol vitamin kosong merk apapun bisa jadi voucher belanja! Mayan banget kan? :D

Btw, sebelum saya kasih tahu caranya, saya mau cerita dulu ya.

Jadi, liburan setelah lebaran waktu itu saya pergi ke pantai, tapi sayanganya saya terganggu sekali saat melihat banyaknya sampah tergeletak sembarangan di pantai.

Karena, selain bikin gak enak dilihat, jadi bikin mikir gimana keadaan di lautan ya? Di pantai aja segitu banyaknya sampah, apalagi di lautan ya? Hiks!

Walaupun, alhamdulillah di beberapa laut yang saya datangi untuk snorkeling masih jernih, tidak ada sampah, dan masih bisa melihat ikan serta biota laut lainnya, tapi kan belum tentu di sisi laut lainnya.

Namanya juga spot snorkling, kemungkinan besar pemandunya merekomendasikan tempat terbaik, bukan yang ada sampahnya.


Baca juga: Cara mengurangi sampah


Fakta Limbah Plastik


Sebab faktanya, menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun dan 3,2 juta ton diantaranya adalah sampah plastik yang terbuang ke laut.

limbah-plastik
Source: Unsplash Naja Bertolt Jensen

Selain itu, menurut Data National Plastic Action Partnership (NPAP), ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik.

48% sampah plastik dibuang ke alam terbuka dan 9% dari sampah plastik berakhir di laut. Hmmm... ini parah banget sih.

Semoga yang masih buang sampah plastik ke alam terbuka dikarenakan belum tahu, tidak sengaja atau terpaksa ya. Karena kalau sudah tahu tapi masih dilakuin tuh gimana gitu.

Kan bahaya sekali loh! Akan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan dan berdampak pada kelangsungan hidup manusia.

Cara Mengurangi Limbah Plastik



Makanya itu, penting untuk kita memiliki kesadaran peduli lingkungan. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti:
  • Mengkonsumi atau membeli produk seperlunya. Karena selain hemat, bisa mengurangi sampah.
  • Menerapkan reduce, reuse, recycle, replace semua produk yang memungkinkan, terlebih lagi yang berbahan plastik. Misal, botol plastik digunakan jadi wadah penyimpanan atau dikreasikan jadi pot.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
  • Memilah sampah organik dengan non organik. 
  • Mengelola sampah. Kalau ada lahan, sampah organik bisa ditanam biar jadi kompos atau pupuk. Dan, sampah non organik yang bisa diolah bisa dikasih ke tempat pengelola barang bekas.
  • Dll.

Ya, meskipun sampai saat ini saya masih melihat truk pengambil sampah mencampur semua sampah yang telah saya pilah.

Tapi tak apa, setidaknya ada niat baik dan kontribusi saya untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah serta mengelolanya.

Baca juga: Cara mengatasi perubahan iklim


Blackmores Indonesia Bantu Jaga Kelestarian Laut Indonesia


Untuk mengatasi permasalahan sampah plastik baik di daratan maupun di lautan memang butuh banyak pihak, tidak hanya dari diri sendiri, pemerintah dan pihak lain juga harus berkontribusi.

Pihak swasta, asosiasi, komunitas, dan semua masyarakat Indonesia harus melakukan aksi kolaborasi dalam penurunan sampah plastik di laut.

Blackmores

Oleh karena itu, Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) yang mempunyai produk unggulan Blackmores Odourless Fish Oil, menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle dalam proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul, kali ini kembali meluncurkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’.

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol

Sebuah kontribusi nyata dan memberi dampak baik untuk mengurangi jumlah sampah botol plastik, yang tak hanya untuk membantu pemerintah untuk mencapai target menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, tapi juga salah satu bentuk wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut. Demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Blackmores

Astrid Prasetyo (Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition) mengatakan,
“Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. Hal inilah yang mendasari kami untuk terus mendukung segala upaya dalam menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Program ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, karena menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.” 

Baca juga: Plastik bekas bisa jadi Circular Economy


Cara Tukar Botol Jadi Voucher Belanja


cara-tukar-botol-jadi-voucher-belanja

Kalian tertarik dengan programnya? Berikut mekanisme tukar botol menjadi voucher belanja:
  1. Bawa botol plastik bekas vitamin merek apapun ke Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia atau apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores.
  2. Bilang ke pegawainya kalau kalian mau tukar botol.
  3. Nanti, botol bekas akan dicek terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dropbox.
  4. Lalu, validasi data dan wallaaa... kalian bisa dapat voucher belanja untuk pembelian produk Blackmores Fish Oil.

Gimana, cukup mudah, menarik serta menguntungkan bukan?

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol'

Ditambah lagi, dengan mengikuti program ini, berarti kita ikut bertanggung jawab atas sampah plastik kita, Karena membantu mengurangi dan mengelolanya.

Nah, makanya itu, selain kita menyambut baik dan mengapresiasi program Blackmores kali ini, yuk kita ikutan Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’! Karena seperti yang dikatakan oleh Tasya Kamila (Pemerhati Lingkungan),
"Misi dari penukaran botol plastik vitamin ini jelas, yaitu mengurangi sampah botol plastik bekas vitamin, dengan mengurangi sampah, berarti memberi kontribusi pada kelestarian lingkungan. Mari bersama-sama kita agen menjadi agen perubahan dengan mengumpulkan sampah botol plastik bekas vitamin untuk menjaga laut tetap bersih.”

kepedulian-lingkungan-laut

So, tunggu apalagi? Segera tukar botol sebanyak-banyaknya selama program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang berlangsung sejak 1 September hingga 30 November 2022 ya! :D

Salam,


Hani, yang semoga selalu konsisten peduli lingkungan.


1 komentar:

  1. Ya ampuuun aku telat tau, padahal selama ini rutin konsumsi vitamin2, yang botolnya kalo abis, ya aku buang 🤣. Beberapa botol Blackmores juga ada. Tau gitu mah dituker yaa. tapi sebenernya msh ada waktu sih, cuma nungguin dulu botolnya kosong juga 😅.

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)