nisaahani: Pentingnya ASI Eksklusif untuk Anak di Bawah 2 Tahun

Minggu, 18 April 2021

Pentingnya ASI Eksklusif untuk Anak di Bawah 2 Tahun

pentingnya-asi-ekslusif
Source: unsplash
@jknorman714

 

Beberapa teman saya di grup wa sudah pada bahas pentingnya ASI ekslusif. Wajar sih, udah wayahe mungkin ya bahasannya jadi ala emak-emak gini. Haha.

Tapi alhamdulillah, dengan bahasan ini, berarti banyak yang mau memberikan hal terbaik untuk anaknya. Meski, menurut saya, kalau kepepet sih, ya udah mau diapain lagi. Btw, saya pro ASI, tapi memaklumi keputusan orang lain.

Buat yang belum tau, apa sih manfaatnya ASI ekslusif untuk bayi baru lahir hingga umur 2 tahun, sini saya kasih tau.

ASI itu...
  • Bersih
  • Aman
  • Memperkuat ikatan emosional anak dan ibu
  • Menjaga lingkungan
  • Menghindari ibu dari penyakit

Salah satu teman saya cerita, istrinya terkena tumor payudara tapi semenjak melahirkan dan menyusui malah sembuh sendiri tumornya. Belum tau sih sembuh 100% atau gimana, tapi alhamdulillah benjolannya semakin mengecil. Kan ikut seneng ya dengernya.

Membangun sistem fondasi pertahanan kesehatan bayi


Karena ASI adalah sumber prebiotik pertama dan terbaik yang dapat diperoleh anak pada masa-masa awal kehidupannya. ASI itu mengandung oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotik, yakni zat makanan untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan bayi.

Dengan bertambahnya jumlah bakteri baik, terutama Lactobacillus dan Bifidobacteria, maka sistem pencernaan dan tubuh bayi secara keseluruhan akan semakin terlindungi. Sehingga, membantu menghindari dari segala penyakit.

Bisa dibilang ASI itu kaya nutrisi dan manfaat untuk bayi tumbuh kembang dan tentunya akan turut berpengaruh kualitas hidup anak saat ia beranjak dewasa. Selain itu, bisa menghindari stunting dan mempengaruhi kecerdasan anak.

Sebab, saya pernah ikut acara terkait susu anak dengan narasumber ahlinya langsung, beliau bilang, "Protein hewani memang penting untuk golden age, tapi tidak ada yang bisa menandingi kualitas ASI."


Murah


Buat yang ngeluh punya anak mahal, coba deh tekan pengeluaran biaya anak dengan memberi ASI ekslusif selama 2 tahun. Baru setelah umur 6 bulan diberi makanan pendukung selain mengkonsumsi ASI. Mayan banget tuh buat menekan biaya. Kualitas? Tentu lebih bagus!

IMHO, kadang bingung sama orang yang mengkaitkan anak dengan biaya. Padahal, anak kan bawa rezekinya sendiri yang dititipkan orang tua atau orang terdekatnya, tinggal orang dewasanya pintar-pintar mencari dan mengelolanya. Kalau alasannya belum siap, baru agak dimaklumi sih. Kan kesiapan orang beda-beda ya.

Baca juga: Manfaat susu

***

Sampai sini paham kan ya seberapa pentingnya ASI ekslusif? Kalau masih kurang bisa googling lebih lanjut atau tanya ahlinya. Yang pasti banyak manfaat dan kalau mau anaknya sehat nan pintar, bisa banget nih dikasih ASI ekslusif. Insyallah membantu.


Salam,


Hani, insyaallah bisa jadi ibu yang menghasilkan anak-anak berkualitas dunia akhirat dan bisa jadi bekal di akhirat nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)