nisaahani: blogger yang suka sharing review: Rebonding VS Smoothing Rambut, Pilih Mana?

Kamis, 23 Desember 2021

Rebonding VS Smoothing Rambut, Pilih Mana?

Waktu saya sekolah booming banget rebonding dan smoothing rambut. Teman-teman sekolah saya pada melakukannya.

Yang rambutnya keriting jadi pada lurus. Ada yang lurus kaku, ada pula yang malah terlihat lurus lepek. Entahlah, saya sih waktu itu belum tertarik.

Namun seiring perkembangan zaman, saya jadi tergoda. Karena sekarang banyak yang terlihat lurus natural. Btw, rambut saya alhamdulillah tidak keriting, lurus yang cenderung wavy.

Kalian tertarik juga gak? Kalau iya, kita sama-sama belajar dengan cara pelurusan rambut ini lebih lanjut yuk. Supaya tidak salah pilih dan bikin rambut makin cetar badai ulala.

Baca juga: Masker rambut

Apa itu rebonding atau smoothing rambut?


Pada prinsipnya, rebonding dan smoothing itu sama-sama memberi bahan kimia ke rambut yang efeknya bikin lurus. Bahan kimianya menembus hingga lapisan terdalam rambut.

Selama prosedur, bahan kimianya membuat ikatan kimia rambut diatur ulang sehingga membuat strukturnya berubah menjadi lurus.

Perbedaan rebonding atau smoothing rambut?


Meski fungsinya sama-sama bikin rambut lurus, rebonding dan smoothing itu beda loh. Berikut perbedaanya yang saya tahu:

Rekomendasi treatment sesuai jenis rambut


Untuk rambut tebal dan sangat keriting yang ingin mendapatkan rambut lurus, mungkin bisa pilih proses rebonding.

Karena jika ingin hasil yang lurus optimal akan membutuhkan obat kimia yang lebih kuat dan lebih banyak kadarnya. Cocok sama rebonding.

Sedangkan yang rambutnya tidak terlalu keriting, cenderung bergelombang dan halus, mungkin bisa pilih smoothing.

Sebab, bahan kimia yang berfungsi untuk meluruskan tapi juga bisa merusak rambut, dapat dikurangi. Dan, hasilnya pun lebih alami.

Proses smoothing rambut lebih lama dibandingkan rebonding


Jika rebonding pada umumnya menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam saja,  sedangkan smoothing minimal 3,5 jam. Tapi tetep tergantung salonnya sih.

Perbedaan harga smoothing dan rebonding


Biasanya smoothing lebih mahal dibandingkan rebonding. Smoothing rambut sekitar Rp 300 ribuan, sedangkan rebonding hanya Rp 100 ribuan. Tapi tergantung salonnya ya.

Hasil ketahanan smoothing dan rebonding


Smoothing biasanya bertahan 4-5 bulan, sedangkan rebonding nyaris permanen. Kemungkinan bakal balik lagi jika rambut baru sudah tumbuh dan memanjang.

Perbedaan hasil smoothing dan rebonding


Meski lebih mahal, lebih lama, bahkan lebih sebentar ketahanannya, tapi smoothing lebih natural hasilnya. Sebaliknya, rambut hasil rebonding cenderung lebih kaku dan tegak.


Perawatan rambut setelah rebonding atau smoothing


Setelah di smoothing atau rebonding biasanya rambut butuh perawatan khusus untuk menjaga kelurusannya dan terhindar dari kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan shampoo dan kondisioner khusus yang formulanya dirancang khusus bisa membantu mengembalikan rambut yang rusak.

Smoothing-Rambut
Kiri Shampoo, Kanan Kondisioner

Salah satu produk yang saya rekomendasikan adalah TRESemm√© Total Salon Repair. Karena setau saya, produk ini mengandung macadamia oil dan ionic complex.

Yang mana klaimnya bisa membantu merawat kerusakan rambut dan mencegah rambut rontok. Sehingga, rambut akan lebih sehat, kuat serta kilau rambut yang kusam bisa kembali.

Selain itu, TRESemm√© Total Salon Repair juga ada kandungan chia seed oil, brazil nut oil, dan tea tree oil yang memiliki banyak manfaat untuk rambut.

Eh tapi, ada lagi tindakan yang sebaiknya dilakukan setelah smoothing atau rebonding, berikut beberapa halnya:
  • Tidak langsung keramas setelah rambut di treatment.
  • Rambut bercabang yang mungkin timbul, gunting secara berkala.
  • Sisir rambut secukupnya, jangan terlalu sering.
  • Gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut.
  • Menggunakan produk perlindungan rambut sebelum pakai styling tools.
  • Jangan ikat rambut terlalu ketat.

That's it for now!


So, jadi mau rebonding atau smoothing rambut nih? Apapun itu, pastikan dirawat dengan baik dan tidak lupa bersyukur. Kita sudah diciptakan dengan sempurna kok.

Salam,


Hani, yang alhamdulillah banget dengan keadaan rambut yang sekarang dan semoga jadi lebih baik lagi kondisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)