nisaahani: blogger milenial yang suka sharing review: Review Bootcamp Hacktiv8: Belajar Programming untuk Pemula

Selasa, 14 Desember 2021

Review Bootcamp Hacktiv8: Belajar Programming untuk Pemula

Review Hacktiv8

Gaes nanya dong, kalian mau gak sih belajar di luar sekolah atau kuliah? Apalagi dalam jangka waktu berhari-hari, seperti Kursus Full Stack Developer.

Kalau saya sih mau-mau saja sih kalau worth it, kalian gitu juga gak? Kalau iya, saya mau ngenalin Coding Bootcamp Terbaik yang saya tahu dan pernah ikuti langsung baru-baru ini.

Jadi ini beneran sharing real testi ya gaes atau honest Review Hacktiv8, meski saya masih ikut trial class-nya saja. Hehe. Tapi, semoga cerita kali ini bisa memberi gambaran kalau ikut Bootcamp Hacktiv8.


Mengenal lebih dekat Hacktiv8


Btw, sebelum saya share pengalaman saya selama belajar programming untuk pemula, saya kenalin dulu ya sama sekolah coding yang satu ini.

Yap, Hacktiv8 adalah sekolah coding yang berisi program pembelajaran programming untuk mentransformasi pemula menjadi programmer siap kerja.

Hacktiv8 ini adalah Bootcamp Coding Pertama di Asia yang tergabung dalam CIRR (Council on Integrity in Results Reporting).

Fyi: CIRR adalah standar yang dikembangkan sekelompok besar sekolah coding yang memberi transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa.

Peserta Bootcamp Hacktiv8 itu bisa siapa saja, bahkan anak-anak (S&K berlaku). Karena ada program Coding for Kids. Yang punya anak atau adik cus daftarin, biar bakatnya terasah.

Berikut kurikulum Bootcamp Hacktiv8 yang tersedia:
  • Full Stack Immersive
  • Data Science
  • Coding For Kids

Ada 3 jalur belajar di Hacktiv8 saat ini:
  • Bootcamp
  • Professional Development
  • Corporate Program

For more info, kalian bisa cek lebih detail di webnya sekolah coding Hacktiv8 atau baca blognya ya.


Honest Review Hacktiv8 untuk Kursus Full Stack Developer


Review Hacktiv8

Awal Desember ini, saya ikut belajar programming untuk pemula di Hacktiv8. Saya memilih Kursus Full Stack Developer.

Pagi sebelum jam 9 saya sudah stand by di depan laptop untuk mengikuti Bootcamp Hacktiv8. Iyes, saya belajar by online.

Setelah perkenalan dan sedikit penjelasan gimana nanti kita belajarnya, saya langsung dikenalkan dengan HTML dan juga cara menggunakan Github.

HTML saya tahu meski belum ekspert, tapi Github dan Visual Studio Code (VSC) ini saya belum tahu sama sekali. Karena saya beneran baru saja bikin dan download saat disuruh pihak Hacktiv8.

Pernah lihat sih beberapa teman saya yang programmer mencantumkan link github-nya di sosmed, tapi saya kira itu semacam blog yang saya punya ini. Hehe.

Mungkin karena baru kenalan, awal-awal saya belum bisa menghubungkan antara codingan saya di VSC dengan Github supaya bisa dicek oleh instruktur dari pihak Hacktiv8.

Agak sedikit kesel sendiri saat tahu hasil utak atik tugas yang saya kerjakan sampai malam ternyata tidak bisa dilihat oleh instrukturnya.

Tapi tentunya saya pantang menyerah, saya tetap berusaha dan berlatih sendiri di VCS meski belum paham gimana caranya hasil codingan saya terpantau kakak instruktur.

Dan, alhamdulillah saat ujian saya bisa menghubungkan codingan saya di VCS dengan Github. Seneng sendiri dan semakin semangat saya jadinya mengikuti Kursus Full Stack Developer-nya.

Meski saat ujian, soal yang saya jawab baru sedikit. Haha. Gak apa, saya menghargai setiap progres kemajuan diri saya sendiri. :p


Fokus, Praktik, Gigih


Kursus Full Stack Developer

Menurut saya, 3 kata kunci untuk mengikuti sekolah coding Hacktiv8 itu Fokus, Praktik, dan Gigih. Karena saat melihat demo atau penjelasan instrukturnya tuh terasa kesirep.

Selama kelas memang melihat dan mendengar penjelasan instrukturnya dengan khusyuk, tapi kayak cuma terpana. Dan mikir, para instruktur itu keren.

Mungkin kalian paham gimana rasanya belajar sesuatu yang baru, terus melihat instrukturnya jago bats dalam mempraktikkan dan menjelaskan. Hehe.

Alhamdulillahnya dikasih rekaman selama kelas, jadi bisa ditonton ulang dan dipraktikan sendiri, gigih pantang menyerah.


Tidak hanya belajar programming, tapi mengasah pola pikir


Mengikuti Bootcamp Hacktiv8 kali ini, menurut saya tidak hanya mengajarkan hard skill tentang programming, tapi juga soft skill.

Sebab, walaupun saya mengikuti bootcamp ini tidak terlalu lama, tapi saya juga diberi kesempatan untuk kerja dalam tim. Berasa simulasi jadi programmer di dunia nyata. Hehe.

Dalam tugas kelompok, kita ditantang membuat web sederhana. Kelompok saya pun membuat web Dokter Cinta. Web bertema kesehatan yang memberi keterangan tentang praktik dokter dan bagaimana booking konsultasi.

Belajar programming untuk pemula

Selain itu, saya juga merasa pola pikir saya semakin bagus, terstruktur, dan mampu berpikir cepat. Yang tentunya beguna di dunia kerja jika menjadi programmer.

Ada dua kali zoom dalam sehari dan ada tugas, jadi gimana caranya kita mengatur waktunya, apalagi jika ada kegiatan lain.

Saya jadi ter-influence buat teratur, apalagi dari awal saya memang menargetkan ke diri sendiri mesti paham dan dipraktikan. Pokoknya, gak mau menyia-nyiakan kesempatan ini.

Meski saya cenderung anteng, kalem, diem-diem aja, terasa kurang aktif di kelas (mungkin karakter saya seperti itu. Hehe), tapi saya berusaha secara maksimal menyerap yang Hacktiv8 berikan.

Wawasan saya terhadap dunia kerja bidang programming juga bertambah. Sebab, selain belajar programming untuk pemula saya juga dapat materi Career dan Emotional Engineering.

Dijelaskan tips dan trik masuk dunia industri teknologi serta hal lain yang tentunya bermanfaat buat saya yang tertarik kerja di bidang programming.

Kayaknya bisa nih saya jadi mbak-mbak programmer. Haha. Sehabis ikut Bootcamp Hacktiv8 jadi makin pede akutu. Jangan kaget ya kalau suatu saat saya jadi programmer. :p

Padahal ini baru ikut trial class loh belum full class yang sampai beminggu-minggu, tapi kesan saya terhadap Hacktiv8 sudah baik dan terasa profesionalitasnya.


Terima kasih Hacktiv8 dan tim. Buat kak Seven, kak Arnold, dan kakak-kakak instruktur lainnya juga makasih ya. Semoga berkah ilmunya. Aamiin.

Coding Bootcamp terbaik

Sekolah coding

Bootcamp Hacktiv8


Mesti ikutan juga sih kalian sama Coding Bootcamp terbaik ini. Karena berguna banget buat yang mau terjun jadi di dunia IT. Apalagi ada jaminan kerja.

Bagi yang terhalang dana juga bisa belajar dulu bayar kemudian dengan Income Share Agreement (ISA). Jadi, yang penting niat aja dulu sama usaha.

Menarik bukan Bootcamp Hacktiv8 ini? Cus kalian daftar juga.

Salam,


Hani, calon programmer handal. Aamiin. :D

38 komentar:

  1. Menarik banget ya kak. Emak2 aja juga mau loh belajar coding. Masak bapak2 kalah. Dari penuturan mbak, kelasnya asyik banget ya. Kuncinya emg fokus dan terus berlatih sih ya. Soalnya ilmu ini hrs banyak prakteknya. Duh jadi pgn ikut kelas di Hacktiv8��

    BalasHapus
  2. Berkat ikutan trial class dari Hacktiv8, saya jadi tau apa itu VSC, GITHUB atau boothstrap, hehehe... Ternyata seru banget ya bisa ikutan kelas coding gitu. Banyak tantangannya. Belajar coding di Hacktiv8 memang wajib fokus dan banyak-banyak berlatih, biar hasilnya lebih optimal

    BalasHapus
  3. Sempat pengen belajar soal coding ini. Tapi, karena makin tua gak gak jadi juga, sekarang ngerasa pesimis bakal gak nyambung. Padahal, mu gkin menyenangkan, ya

    BalasHapus
  4. Belajar coding juga belajar pola pikir ya, jadi lebih sistematis atau mungkin problem solving tanpa drama. Seru nih meski pemula tetap semangat untuk ikutan

    BalasHapus
  5. saluutt deh perempuan2 yang berani belajar coding dan programming. aku aja yang baru ngeliat sekilas udah ciut wkwk soalnya masih susah buat mahamin. kalau misalnya mau belajar ya menidngan ke ahlinya langsung kayak hacktiv8 ini ya

    BalasHapus
  6. Belajar memang harus terus yaa...kak Nisa.
    Pantang menyerah dan pantang berhenti karena akan banyak hal terbuka ketika mau belajar. Terutama bahasa pemrograman, Kursus Full Stack Developer akan membuka cakrawala baru, terutama bagi blogger yang biasa utak-atik coding untuk websitenya.

    BalasHapus
  7. Belajar coding ini banyak manfaatnya nih buat yang punya web apalagi blog, pasti terbantu jadinya.
    Semangat terus kak belajarnya

    BalasHapus
  8. Jadi keinget bootcamp kemarin nih suka bangett sama hawanya haha. Hawa2 persaingan dan coding yang sebenernya bikin ketagihan kalau mau concern di situ. Aslii membekas banget bootcamp kemarin

    BalasHapus
  9. profesi programmer emang punya peluang besar banget ya buat masa depan, udah gitu potensi penghasilannya juga gede. Seiring perkembangan dunia digital, lowongan pekerjaan dunia IT pasti makin banyak nih. Cocok yaa buat jadi ajang scale up skill ni program bootcamp hacktiv8 ini

    BalasHapus
  10. Keren banget Kak Hani, kalau saya banyak yang nggak ngertinya, oh iya kita sekelompok ya dalam mengerjakan tugas, sukses terus ya Kak Hani

    BalasHapus
  11. Wah nyesel deh gak ikutan, padahal kelas codingnya seru gitu ya, saya sempat belajar html tapi dulu pakenya frontpage, kalo akun Github juga baru tau belakangan ini, nah yang Visual Studio Code nih baru tau saya :)

    BalasHapus
  12. Yang saya sukai dari program boothcamp yang seperti itu jadi kita bisa langsung terarah dengan instruktur yang profesional. Apalagi penyampaiannya sudah sistematis banget.

    BalasHapus
  13. wah keren mbak Hani, masih mau belajar coding
    ikut bootcamp di Hacktiv8 ini bikin belajar coding jadi menyenangkan ya mbak

    BalasHapus
  14. Wah, senengnya bisa ikutan program boothcamp coding bareng Hacktiv8. Jadi nantinya bisa nih menjurus ke programmer, apalagi buat anak-anak untuk ilmu di masa depan.

    BalasHapus
  15. seru sekali yaa mba bisa belajar di bootcamp coding bareng Hacktiv8, dikemas menarik jadi yang awam pun bisa paham yaa

    BalasHapus
  16. jadi nambah ilmu dan pengalaman baru yang sangat berharga ya Kak, kece deh bisa belajar coding intensif gitu, gratis pula ya, uhuuuii, blognya bakalan jadi makin kece nih ;)

    BalasHapus
  17. Aku gak kebayang gimana rasanya reskilling bareng hacktiv8 pasti pengalaman yang seru dan luarbiasa sekali belajar coding intensif gitu

    BalasHapus
  18. ternyata ada juga bootcamp coding untuk orang dewasa. aku kira hacktiv8 ini hanya untuk anak-anak. ini termasuk bikin web juga gak mba?

    BalasHapus
  19. wah keren banget, ada jaminan kerja. kalau gini jadi makin semangat belajarnya...
    Aku juga pengen ngikutin anakku bootcamp bootcamp seperti ini biar dia makin banyak wawasannya...

    BalasHapus
  20. Dizaman sepwrti sekarang ini emang wajib banget ya mba semakin mengasah dan menambah skil. Bukan soal pendidikan formal ada. Skil di luar pendidikan formal pun saat ini harus seimbang
    Kita gk pernah tau jalan ke depan

    BalasHapus
  21. Wah, saya harus coba nih belajar programming Hacktiv8. Apalagi ada jaminan kerja setelah belajar. Bisa tambah skill didunia programming, apalagi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, pasti sangat membutuhkan lebih banyak programmer.

    BalasHapus
  22. Cuan makin dekat nih kalau kita tidak gagap teknologi. Programing hacktiv8 membuat perempuan Indonesia melek teknologi

    BalasHapus
  23. Halo, kak
    Mau tanya nih
    Kelas cooding for kids di Hacktiv8 mulai usia berapa ya

    BalasHapus
  24. aku ingin juga join di bootcamp, ingin menyisihkan waktu untuk belajar yang agak serius sih

    BalasHapus
  25. Senang banget bisa belajar programing ya mbak bersama hacktiv8. Salah satu hal yang ingin didalami terkait coding dll, untuk anak juga oke nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ingin ikutan belajar juga ya kak Arda.
      Belajar pemrograman ini bisa semua usia

      Hapus
  26. Wow, anak2 pun bisa belajar coding di hacktiv8 ya Mom. Pasti mereka sudah dibekali hal2 dasar mengenai coding sama ortunya. Jadinya untuk meningkatkan skill tinggal ambil kursus di hactiv8

    BalasHapus
  27. ramai yah peserta belajar kodingnya nih, berarti kelasnya seru nih kalau peminatnya banyak gini, gak cuma cowo2, cewe2 juga banyak yang minat. kalau trial class gini berbayar atau free sih mba ?

    BalasHapus
  28. Kemarin anakku sempat ngicipin trial class Coding for Kids, seru banget.. emaknya jadi ikut belajar juga. Seru sih emang ya coding itu, seru-seru puyeng hehe.

    BalasHapus
  29. betul kata suami mba kalau belajar coding memang pastinya belajar logika nah ini aku pengen deh ikutan mba biar belajar programing nambah skill baru lagi

    BalasHapus
  30. Belajar coding di Bootcamp Hacktiv8 meski baru trial aja sudah bikin jatuh cinta yaa, kak Hani.
    Melihat kebutuhan zaman sekarang yang menggunakan bahasa coding untuk segala bentuk keperluan di bidang digital. Mengikuti Bootcamp Hacktiv8 akan lebih memahami.

    BalasHapus
  31. Wahh..keren kak web buatannya..pas kapan itu aku juga dapat kesempatan trial data science dan emang sebagus itu kelasnya kalau kita mau gigih pasti berhasil

    BalasHapus
  32. Wuiih mantap banget nih bisa ikutan kelas coding...saya kayaknya gak berani nih ikutan, takut ketetran dan gak nangkep ilmunya hehehe.

    BalasHapus
  33. ini kudu punya basic ilmu programming dan coding dulu yak.. anak saya sik yang bisa.. kalo saya mah liat bahasa coding udah puyeng duluan hihihi.. tapi kursus begini bagus buat memperlancar skill para programmer

    BalasHapus
  34. Mbak kayak anak saya tuh suka coding dan programming.. kalo udh ngoding bisa asik sendiri.. kursus online kayak gini ngebantu banget lho buat nambah skill anak.. kayak anak anak saya tuh skill nya nambah karena ikut kursus online.. sementara di sekolah mereka dapet ilmu dasar doang

    BalasHapus
  35. Coding itu menarik, melatih kita berpikir secara logis, ga usah selalu harus menghapal :) semanga terus belajar codingnya

    BalasHapus
  36. Dulu pernah belajar coding jg dr komunitas codingmom tp terus lupa, jd pengen belajar coding lagi nih start dari awal kyknya asyuk lewat bootcamp kyk gtu mbak :D
    Bisa belajar via online pula ya TFS infonya.

    BalasHapus
  37. hallo kak kalau mau daftar trial kelas nya masih bisa gak ya terus caranya gimana
    pengen coba dulu deh

    BalasHapus

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)