nisaahani: Ciri Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Sabtu, 11 Mei 2019

Ciri Transmisi Mobil Matic Bermasalah


Mobil matic di zaman sekarang ini memiliki banyak peminatnya dibandingkan dengan mobil manual. Karena memang untuk mobil matic dianggap lebih nyaman dikendarai, selain itu juga terasa lebih enak pada berada di jalanan yang macet. Meskipun cara pengoperasiannya dapat dilakukan dengan mudah, namun jika tidak dilakukan perawatan, maka bagian transmisi cvt akan mengalami masalah.

Untuk mengetahui transmisi mobil matic bermasalah atau tidak, kalian dapat cek tanda-tanda berikut:

1.       Adanya sentakan
Sentakan pada transmisi mobil akan terasa pada saat memindahkan gigi. Sedangkan untuk mobil matic yang normal sentakan nya akan terasa lebih halus. Apabila sentakan terasa kasar, maka hal ini bisa dipastikan bahwa transmisi mobil bermasalah.

2.       Sulit Menanjak
Ketika melalui medan yang menanjak, mobil akan terasa lebih berat. Jika mobil sudah dengan gigi D1 atau gigi L namun masih tidak bisa melaju dengan kencang, maka terjadi trouble pada bagian transmisi.

3.       Tuas tidak bisa berpindah
Pada saat Anda mengoper mobil ke gigi D dan tuas tidak bisa berpindah, maka hal ini bisa jadi terjadi permasalahan pada bagian transmisi mobil matic. Gejala seperti ini dapat terjadi karena terjadi kerusakan pada switch rem.

4.       Gigi tidak berpindah
Pada saat tuas sudah di oper, transmisi yang rusak akan membuat gigi tidak dapat berpindah. Kerusakan ini dapat terjadi jika kabel penggeser lengan selektor di gearbox terputus.

5.       Muncul suara dengung
Suara dengung yang muncul ketika mobil dikendarai juga menjadi ciri bahwa transmisi mobil matic mengalami masalah. Hal ini dikarenakan transmisi mobil kurang terlumasi, sehingga menjadikan komponen-komponen mobil saling bergesekan.

Mobil memang membutuhkan perhatian dari pemiliknya agar mobil bisa dirawat dengan sebaik mungkin, selain itu pemilik mobil juga perlu memperhatikan ciri-ciri ring piston mobil bermasalah. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut lah yang akan membantu untuk mengetahui kerusakan pada mobil sedini mungkin. Jadi amat penting bagi kita juga tahu bagaimana cara merawat mobil dengan baik ya.

Salam,


Hani, yang pengen punya mobil 10 lebih. Haha. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hehooo semuanya,

Terima kasih telah mampir di blog www.nisaahani.com. Semoga bermanfaat ya tulisannya. Di tunggu komentarnya. Dan sangat terima kasih kembali jika tidak meninggalkan link atau mengopi tulisan di blog ini tanpa izin. :)